Enaknya Gonggong – Siput laut yang hanya ada di perairan sekitar batam, bintan dan belitung


Pernah makan siput laut ? Aku yakin kalau yang tinggal di daerah pantai atau yang hobby berburu kuliner laut itu sudah pernah. Tetapi sudahkah pernah makan Gonggong ? Aku yakin tidak semua orang walau tinggal di daerah pantai itu pernah memakannya. Karena gonggong hanya ditemukan di perairan sekitar batam, bintan sampai belitung dan sekitarnya.

image

Itu dia Gonggong, siput laut yang ternyata enak untuk dimakan. Nggak pakai jijik atau geli bagi orang yang nggak terbiasa makan makanan yang aneh-aneh. Contohnya saya yang masih suka jijik dan geli makan makanan laut tapi ketika disuguhi gonggong langsung iyah aja.

image

Cara makannya gampang, setelah direbus dan setauku gonggong ini hanya diolah dengan cara direbus saja. Tinggal tarik aja dari bagian entah kaki atau capit atau gergaji yang keras keluar. Maka aka keluar bagian tubuhnya yang lunak.

image

Nggak usah dipikirkan mana kepala, mana kaki, mana mulut, mana ekor. Udah emplok saja, jangan lupa cocorkan dulu ke saos atau sambal yang sudah disediakan.

image

Rasanya itu enak, ketika masuk mulut itu kenyal dan gurih. Nggak amis dan nggak pahit koq walau kelihatannya bagian yang hitam itu perutnya. Dan nggak usah khawatir soal kolesterol atau asam urat atau alergi protein. Yang jelas gonggong ini nggak seperti udang atau kepiting yang sering menjadi ancama mereka yang ada masalah dengan kolesterol atau alergi protei .

Iklan

3 pemikiran pada “Enaknya Gonggong – Siput laut yang hanya ada di perairan sekitar batam, bintan dan belitung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s