Ternyata kondisi hidup pas-pasan atau tidak kaya itu sudah diajarkan sejak kecil oleh orang tua dan lembaga pendidikan kita !


Mari kita lihat realita dan kenyataan bahwa dari kecil kita sudah dididik untuk menjadi orang yang tidak kaya atau hidup pas pasan saja.

Suah jadi sifat dasar manusia ternyata hidup kaya dengan memiliki harta yang melimpah adalah cita-cita semua orang. Dan Kita bisa lihat di sekeliling siapa yang hidupnya kaya dan yang hidupnya pas-pasan dan mana yang hidupnya miskin.

Kita akan menyimpulkan bahwa mereka yang kaya, yang banyak harta adalah mereka para pengusaha, para wiraswastawan atau wirausahawan, para produsen dan para pedagang. Iya, daftar orang kaya pasti dipegang oleh orang-orang ini.

Tetapi sadarkah kita, dari kecil kita sudah diajari dan dikasih contoh untuk nanti jika sudah besar mau jadi apa ? Jawabanya pasti cita-cita jadi polisi, jadi guru, jadi masinis, jadi pilot, jadi pimpinan negara dan sejenisnya.

Dan kita tahu kehidupan dari cita-cita itu, nggak ada yang jadi orang kaya, nggak ada yang bergelimang harta, paling hidup pas-pasan. Kita lihat realita bahwa nggak ada seorang polisi itu kaya, nggak ada pimpinan negara yang kaya, ngak ada guru yang kaya, nggak ada pns itu kaya. Paling banter mereka hidup pas-pasan, masih jauh dari standar kaya.

Kalau ada kita lihat pns kaya, polisi kaya, pimpinan negara kaya, guru kaya, bukannya pujian atau pengakuan bahwa mereka kaya, tetapi kecurigaan dari mana kekayaannya itu. Dan kita juga sering menyaksikan banyak lihat pns, polisi, guru atau juga pimpinan negara itu kaya, nggak berapa lama kemudian dia masuk penjara karena korupsi karena ingin kaya.

Nhaa jadi ada yang salah kan sama pendidikan kita terhadap anak mulai dari kita dulu. Sepertinya nggak ada yang diajarkan untuk bercita-cita misalnya jadi pengusaha, jadi pebisnis sukses, jadi produsen… atau jadi apalah yang pasti kaya dan banyak uang.

Nhaaa ini kenapa ? Ingin kaya tapi cita-cita yang dipilih itu bagianya hidup pas-pasan.

Iklan

2 pemikiran pada “Ternyata kondisi hidup pas-pasan atau tidak kaya itu sudah diajarkan sejak kecil oleh orang tua dan lembaga pendidikan kita !

  1. karena (mungkin), untuk menjadi pengusaha itu nggak ada sekolah formalnya pak… makanya anak2 nggak ada yang diajarin jadi pengusaha 😀

    • Ada koq mba dan banyak. Mulai dari sekolah menengah sudah ada kejuruan, di perkuliahan banyak fakultas bisnis.

      Tinggal pengarahan terhadap anak itu saja,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s