Blaka Suta – Kumpulan artikel dan tulisan berbahasa ngapak !


Sebagai orang yang berasal dari Plat R atau daerah ngapak, saya selalu seneng untuk berbicara dalam bahasa ngapak. Tetapi aku harus menyesuaikan dengan kondisi, kalau-kalau lawan bicara atau orang yang saya ajak ngobrol itu nggak ngerti apa yang saya ucapkan.

Karena bahasa ngapak, walaupun itu masih dalam bahasa jawa sebagai asal, tetapi orang jawa wilayah lain menjadi nggak ngerti dengan bahasa ngapak. Dan disitulah istimewanya, bahasa ngapak menjadi lain dan ekslusif. Orang ngapak bisa mengerti bahasa jawa daerah manapun, tetapi sebaliknya orang walau dari jawa belum tentu ngerti bahasa ngapak.

248780_2118980621093_1443104104_32453190_2313253_n

Bahasa ngapak itu tersebar tersebar mulai dari arah timur ke baat itu sebaian wonosobo, banjarnegara, purbalingga, banyumas, bumiayu, mayoritas cilacap, sebagian majenang. Kalau tegal atau brebes dan sebagian cirebon menurutku bukan ngapak, karena sudah memiliki dialek dan logat serta kosa kata sendiri yang sudah berbeda dengan bahasa ngapak yang aslinya. Tetapi banyak orang yang menganggap tegal atau brebes itu termasuk bahasa ngapak.

Berikut ini resume dari tulisan-tulisanku yang mengunakan bahasa ngapak dalam website ini:

Jadi di halaman ini bisa aku jadikan kemudahan untuk aku nanti sewaktu-waktu mencari tulisan yang berbahasa ngapak. Atau jika ada diantara para pembaca yang mencari juga mudah menemukanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s