Jangan install aplikasi ini pada smartphone kapasitas kecil ram dibawah 512Mb


Dulu aku pernah nulis tentang featured phone atau handphone yang cukup untuk fungsi dasar yaitu telepon, sms dan chatting.  Tetapi pada kenyataanya kita juga butuh gadget untuk digunakan yang lebih sekedar fungsi dasar phone. Mulai dari main game, nonton film bahkan sampai desain grafis.

Masalahnya adalah handphone kita yang walaupun masuk dalam kategori smarphone menjadi lelet dan lambat sekali. Bahkan untuk sekedar buka daftar contact phone atau mau buka sms pun menjadi lambat sekali. Nhaa berdasarkan pengalaman pribadi, aku bisa mengatasi itu dengan cara yang lebih murah dan mendapatkan gadget yang kualitasnya lebih dari cukup untuk untuk fungsi tambahan smartphone tanpa lambat atau lola.

Kenyataan bahwa ingin memiliki gadget yang bisa diinstall banyak aplikasi. Oprek OS, custom rom, penambahan memory, dan upaya lain agar smartphone kapasitas pas-pasan bisa kenceng walau diinstall banyak aplikasi. Tetapi di sana ada resiko besar yaitu ketika kita mengganti settingan bawaan dari pabrikannya, berarti kita siap menangung seperti error, kerusakan hardware sampai kerusakan total.

Maka sebenarnya kita bisa melakukan jalan keluar atau solusi seperti berikut yang akan aku ceritakan.  Target adalah dengan harga yag tetap murah.

Mungkin cara ini tidak berlaku bagi mereka yang punya sumber daya yang berlebih. Mau gadget seperti apa tinggal beli, nggak perlu memikirkn besarnya biaya. Tetapi yang ada masalah anggaran pengeluaran biaya itu lebih banyak.

Cara yang bisa ditempuh adalah memiliki 2 gadget dengan peruntukan yang berbeda. Yaitu featured smartphone dan tablet.

Beli smartphone murahan yang support dual sim. Jadikan sebagai featured phone saja yaitu untuk telepon, sms dan chatting. Dijamin nggak akan jadi lambat dan lelet.

Beli tablet yang ukuranya pas di tangan misalnya 7 inch yang cukup storage dan ram, jadikan ini gadget untuk dipasangi aplikasi-aplikasi berat. Dijamin ngak akan lambat ketika menjalankan aplikasi.

He he he, ribet yah punya 2 device ?

Nggak sama sekali jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan.

1. Banyak orang dan mungkin kita itu sudah dobel atau tripel gadget.  Handphone 2, bb 1, di tas masih ada tablet. Nggak masalah kalau cuma 1 handphone dual sim sama 1 tablet.

2. Lebih aman dari incaran copet atau maling lainya. Ketertarikan terhadap smartphone low end akan turun. Beda kalo lihat handphone mahal dan bagus, mereka copet atau maling akan ngiler.

3. Nggak akan lagi merasakan aplikasi lambat karena kita menjalankanya di tablet. Sementara fungsi telepon dan fungsi dasar lainya juga akan tetep normal tanpa menjadi lambat atau memory penuh.

4. Lebih banyak pilihan apliakasi yang bisa dinstall di tablet dari pada smartphone biasa. Nggak akan khawatir habis rom. Dan ketika menggunakannuya juga lebih puas karena layar lebih luas.

Masalah paling akan muncul ketika berada di antara temen-temen yang memiliki gadget mewah yang mungkin ada perasaan kesenjangan gensi. Tetapi itu paling 20% dari watu hidup kita sehari. Sisanya adalah kondisi real kita sediri.

Jadi apakah itu bisa jadi solusi ? Kembali pada kondisi kita masing-masing.

Iklan

5 pemikiran pada “Jangan install aplikasi ini pada smartphone kapasitas kecil ram dibawah 512Mb

  1. Ping balik: Kombinasi gadget yang pas untuk seorang blogger – Featured smartphone, tablet dan smart camera | Ahsanfile

    • Wah udah beda tujuan kalo itu pak, kalo ngoprek mah memang harus yang murah biar gak nyesek kalau rusak 😀

      tapi yang mahalan kan bisa buat multi fungsi selain nelpon / sms

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s