PNS – Harapan besar pada kondisi yang pas-pasan, Selalu di salip oleh para wirausahawan !


Entah mengapa aku lihat sekarang animo orang untuk jadi PNS itu tinggi sekali, lihat di berita dan media massa yang namanya pendaftaran CPNS itu ramai sekali. Apakah karena gaji yang besar ? Atau pasti dapat pensiunan ? Atau karena kerja nggak kerna tetep dapet duit ? Atau alasan lainnya ?

Padahal nyatanya kondisi kehidupan PNS itu selalu pada level besar harapan dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan. Tinggal bagaimana orangnya menyikapi apakah dia akan tetep hidup sederhana dengan gaji yang kecil, apa dia akan memanfaafkan jabatannya untuk mencari uang tambahan atau korupsi untuk memenuhi harapan besarnya.

Oh itu urusan orang, jangan ikut campur, terserah orangnya jangan di ganggu-ganggu, jangan dikomentari dan dikritik orang yang mau jadi pns. Itu hak asasi manusia, urusan orang jangan diusik.

Tapiii bagiku, melihat kenyataan itu sangat memprihatinkan sekali. Sangat memelas hati sekali dan sangat melas sekali…

Kenapa ?

Karena saya juga merasakan hal yang sama seperti itu. Secara ekonomi mereka yang mengambil bekerja di dunia wirausaha itu menyalip walau saya sudah lebih lama bekerja. Tapi itulah kenyataannya bahwa sekarang pns itu nggak ada yang kaya dan hidupnya pas-pasan. Kelihatan berkecukupan kalau tinggalnya di kampung pelosok yang biaya hidup masih murah.

Banyak pns yang keluar demi berubah haluan menjadi pengusaha untuk meningkatkan taraf hidup. Banyak pegawai swasta keluar untuk menjadi pengusaha untuk lebih meningkatkan taraf hidup.

Kalau begitu namanya nggak bersyukur dong dengan kondisi sekarang !

Sepertinya harus dibedakan antara tidak bersyukur dengan hidup qonaah. Tidak bersyukur itu selalu mengeluh atas apa yang sudah di dapatkan. Sementara hidup qonaah itu menerima kondisi sekarang tetapi tetap berusaha mencari yang lebih baik agar hari esok lebih baik dari sekarang.

Jadi gimana ? Mau keluar dari PNS ?

Itu butuh persiapan dan pekerjaan pengganti yang lebih baik. Tidak mudah melakukan hal itu hanya karena melihat ada peluang untuk berwira usaha atau hanya karena melihat selalu di salip oleh mereka para pengusaha.

Ilmu bisnis, tekad dan mental harus dipersiapkan untuk terjun ke dunia wirausaha atau jadi pengusaha. Tidak memiliki ilmu bisnis dan tekad serta mental yang baik itu hanya akan memperburuk keadaan bahkan bisa jatuh ke kondisi yang parah.

NOTE
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s