Cantiknya bunga bawang kothong – Tulip jawa !


Bawang kothong, sebuah tumbuhan penuh misteri yang sepengetahuanku menjadi tanaman sangat dibenci oleh petani-petani di daerahku. Pertama karena baunya yang sangat langu dan mengganggu tanaman lain. Tetapi walaupun selalu disingkirkan dan dibuang, tanaman ini tetep eksis dan bisa berkembang dan menunjukan keindahan bunganya setiap awal musim penghujan.

Beikut foto-foto mengenai betapa cantiknya bunga bawang kothong ini yang menurutku bisa dibilang sebagai tulip jawa. Mirip bunga tulip tetapi hanya ada di pulau jawa. Pulau lain aku belum pernah tau ada tanaman ini.

image

Itu foto utuh dari bawah sampai atas untuk tanaman bawang kothong. Menyimpan keindahan tersendiri bagi yang belum pernah melihatnya. Tetapi bagi yang sudah sering akan menjadikan tanaman ini untuk dilupakan karena baunya yang sangat nggak enak. Berikut foto-foto lebih dekat mengenai foto bawang kothong

image

image

image

Ini bentuk bunga yang masih kuncup. Belum mekar dan ternyata satu batang itu satu cabang bunga saja. Persis sekali dengan tulip yang satu umbi itu satu batang bunga.

image

Ini daun dan bagian bawah tanaman bawang kothong ini. Bagus dan hijau serta kelihatan sangat seger. Coba bayangkan kita berada di antara daun-daunnya yang hijau dan segar ini.

image

Tetapi perlu diketahui, bahwa bau tanaman ini sangat tidak enak untuk dirasakan. Sangat berbau langu dan bikin mual. Bagi orang yang suka mabok perjalanan, kalau mencium tanaman ini bisa langsung pusing dan muntah-muntah.

image

Tetapi aku yakin kalau tanaman ini sebenarnya punya khasiat sebagai obat alami yang sangat ampuh untuk sebuah penyakit. Tetapi aku belum pernah denger tentang khasiat tanaman ini dieksplor oleh mereka yang ahlindi bidang kimia farmasi.

NOTE
Hak Cipta Artikel Milik Ahsanfile Project, Hak Cipta merek yang dipublikasikan dalam artikel ini milik masing-masing pemegang profil. Tidak diperbolehkan copy paste kecuali mengambil isi tulisan ini sebagai referensi dan menyertakan link website ini.

Iklan

12 pemikiran pada “Cantiknya bunga bawang kothong – Tulip jawa !

  1. Cantiiiik.. Orensnya cemerlang sekali.. *i love orange*
    Harusnya aromanya seger juga ya, bukan yang bikin mual..
    Tapi ttp ciptaan Allah udah yang paling sempurna πŸ‘Œ

  2. Mas Ahsan itu bunga Amaryllis (Hippeastrum), jangan dibenci tanamannya, banyak dicari pecinta tanaman loh. Punya mas sendiri? bbrp ada yg cari2 bunga tsb, apalagi warnanya cantik begitu, mau dijual ga? πŸ˜‰ .

    Bunga umbi2an spt Amaryllis, tulip dan sejenisnya beracun.

    Amaryllis bagian umbinya tsb sangat beracun. Gejala keracunan spt mual, muntah, diare, pusing atau berkeringat berlebihan, kejang gangguan pernapasan dan kelumpuhan pernapasan. Saya dapat infonya tersebut dari forum bhs Jerman.

  3. Halo mas Ahsan, benar kata mbak Nella. Jangan dibuang, saya termasuk yang mencari-cari amarylis warna ini lho… Kalau misal tetap mau dibuang boleh di lempar ke saya beberapa hehe…
    Atau minat barter ? saya adanya umbi sedap malam πŸ™‚

    • Beneran mau mba ?
      Ditempatku melimpah mba, berserakan di kebun dan pinggir jalan. Kalau mau dikirimi, minta alamatnya dan ntar ganti ongkir aja πŸ™‚

  4. Beneran mas, dibuat bisnis aja tuh. Coba cek deh di tokopedia keyword amarilis/ amarylis/ amaryllis. Banyak yg jual & harganya lumayan. Banyak yg nyari (termasuk saya). Dijamin pak tani yg tadinya benci jadi cinta πŸ˜‰

  5. Aku salah satu penggemar bunga amaryllis, baru punya 6 jenis, aku tanam dipot. Pingin nambah jenis yg lain …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s