Bukti privasi dan profil kita di internet dimanfaatkan untuk bisnis oleh orang lain #1


Ada sebuah konsekuensi ketika menggunakan internet yaitu privasi kita menjadi tidak lagi bisa dikontrol. Benar-benar dimanfaatkan oleh penyedia layananan internet yang kita pakai. Mereka memanfaatkan profil kita untuk bisnis mereka, untuk mereka mencari uang tanpa atau dengan memberitahukan ke kita.

LOKASI KITA SELALU DICATAT OLEH MEREKA !

Pernah nggak pergi ke suatu tempat dan kita tiba-tiba mendapatkan sms “selamat datang di …, silahkan kunjungi tempat … ” atau kasus lain kita sedang jalan-jalan ke bandung, nhaa pas buka internet, iklan yang tampil adalah daftar hotel di bandung, sewa mobil murah di bandung, tawaran travel ke bandung dan lainnya

Darimana merekan mendapatkan informasi posisi kita sedang ada di suatu tempat ?

Dari perangkat gadget yang kita gunakan, dari GPS yang kita nyalakan, dari posisi singnal telepon yang kita pakai, itulah sumber informasi lokasi kita sedang berada di mana. Lokasi kita dicatat dari waktu ke waktu untuk mempelajari kebiasaan hidup kita sehingga mereka bisa memberikan iklan yang tepat untuk kita.

Iya itu kalau untuk tujuan bisnis, tapi kalau untuk tujuan bukan bisnis misalnya untuk mata-mata, siapa yang bisa menjamin ?

Jika data itu jatuh ke tangan orang yang jahat, nanti kan ketahuan kita sukanya kemana, dia akan tau waktu yang tepat untuk berbuat jahat misalnya saat rumah kosong, saat melewati tempat tertentu atau di tempat kita sering berada.

Bagi yang merasa hidupnya biasa-biasa saja mungkin nggak peduli dengan hal seperti ini, tetapi pertanyaan dasarnya adalah mau gak sih semua aktivitas hidup ini diketahui orang lain ?

Iklan

3 pemikiran pada “Bukti privasi dan profil kita di internet dimanfaatkan untuk bisnis oleh orang lain #1

  1. Ping balik: Bergetar-getar hatiku saat kau belai-belai, berdebar-debar saat kau peluk ! | Ahsanfile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s