Tantangan makan rujak cingur (rujak congor / moncong / mulut sapi)


Surabaya menurutku menyimpan beberapa makanan khas yang agak diluar kebiasaan pada umumnya. Salah satunya adalah rujak cingur yang menurut orang surabaya itu rasanya enak sekali. Dan siang ini sama temenku dibelikan untuk makan siang. Aku merasa tertantang untuk bisa memakannya karena dari bahan-bahannya aku agak ngilu atau nggak kolu ketika mendengar bahwa rujak cingur itu dagingnya adalah mulut sapi atau congor direbus kemudian dipotong-potong. Lihat ini foto-fotonya:

image

Ini masihnsatu porsi rujak cingur. Satu box sayuran rebus, mie, tahu tempe dan congor sapi. Kemudian satu plastik buah-buahan seperti nanas, mangga, kedondong, bengkowang dan timun. Dan satu wadah sambel petis, semacam sambel kacang tetapi lebih kecut.

image

Itu sambel kacangnya yang sudah ada petisnya. Dan inilah penampakan lengkap isi rujak cingur.

image

Kalau daging sapinya aku perjelas, aku sisihkan dari isi yang lain, ini gambar detailnya. Ini daging mateng lho ya, teksturnya lembut dan kenyal-kenyal saat dikunyah… mirip kikil tetapi lebih lembut dan nggak alot.

image

Rasa secara kesuruhan mirip tahu tek atau tahu campur. Dengan dominasi bumbu sambel kacang dan petis. Orang akan mengatakan itu enak kalau nggak dikasih tau itu adalah moncong sapi. Tapi kalau yang belum pernah makan rujak cingur, ketika makan pasti akan sambil mbayangin ngemut atau ngenyil mulut sapi…

Iklan

9 pemikiran pada “Tantangan makan rujak cingur (rujak congor / moncong / mulut sapi)

  1. Selalu saja postingan di sini bikin saya ngelus dada. Rujak cingur…dulu sering saya tongkrongin depan rumah nunggu abang2, ga pernah lewat 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s