Pisang raja – Pantang untuk dimakan oleh laki-laki yang masih muda


Dulu, saya pernah dinasehati oleh orang tua agar tidak memakan pisang raja. Alasanya itu pantangan karena kalau anak laki-laki makan pisang raja nanti akan mengalami kejadia banyak memiliki luka di tubuhnya karena benda tajam.

image

Filosofinya diambil dari seorang raja yang dia itu harus berjuang dengan jiwa raganya untuk mempertahankan harkat dan martabat kerajaanya. Sama dengan seseorang laki-laki harus berjuang untuk bisa hidup kelak mencapai hidupnya sendiri.

Jika memakan pisang raja ini maka sama saja dengan meniru jalan yang diambil seperti raja yang dengan darah dan keringat dia harus mendapatkan hidupnya sementara kita itu bukanlah raja yang pasti jauh lebih lemah kemampuannya dari pada seorang raja. Maka bisa berpengaruh pada badan nantinya akan memiliki banyak luka.

Agak rumit memang falsafah nenek moyang kita, tetapi itulah adat yang kadang dipaksakan agar kita mengikutinya seperti yang sudah dilakukan turun temurun.

Tetapi bagi kita yang sudahbkenal agama, sudah semestinya kita kembalikan ke agama yang sudah sempurna ini. Agama islam melarang kita untuk mengharamkan yang halal dan menghalalkan yang haram.

Pisang adalah makanan yang halal, tidak boleh kita mnghindarinya karena sama saja mengharamkan untuk kita makan dengan alasan mengikuti adat yang nanti jika di langgar akan terjadi hal yang negatif.

Di sini sudah kita tau ada dua dosa besar ketika kita mengikuti kepercayaan ini yaitu mengharamkan yang Allah halalkan dan percaya bahwa kalau makan pisang raja akan mengakibatkan nantinya banyak memiliki luka. Yup, ini adalah tinjauan secara agama yang benar.

Iklan

2 pemikiran pada “Pisang raja – Pantang untuk dimakan oleh laki-laki yang masih muda

  1. Karena pisang raja itu mahal, makanya pisang raja yang boleh makan adalah bapak2 atau para pinisepuh ( sebagai tanda penghormatan) itulah pesan yang ingin disampaikan, orang dulu ( khususnya jawa) banyak sanepo dalam mengajarkan berbagai hal..
    Tujuannya untuk mengasah pikiran dari yang muda..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s