Ketika tongeret berganti kulit, ini kulit luar tongeret yang ditinggalkan, bentuk lebih sangar dari pada monster ultraman !


Salah satu yang aku temukan lagi ketika ubek-ubek kebun kemarin adalah kulit tongeret hasil dari berganti kulit. Seperti yang kita ketahui kalau tongeret itu hewan serangga yang suaranya sangat khas mewarnai suasana siang dan senja hari, khususnya yang tinggal di daerah pegunungan.

image

Salah satu siklus hidup tongeret adalah dalam bentuk larva atau ulat besar yang hidup di dalam tanah. Makan humus atau daun-daun busuk di tanah. Ketika dalam masa peralihan hidup dalam tanah ke udara bisa terbang, tubuh tongeret mengalami pergantian kulit yang cukup ekstreem.

image

Dari bentuk mini hewan bersayap, kulit luar akan mengeras dan kulit dalam akan lunak sangat elastis seperti telur yang baru keluar. Persis seperti yang kita lihat dalam film alien, dari dalam tubuh yang penuh lumpur dan tanah, keluar hewan baru yang bersih dan berwarna pucat.

image

Butuh waktu sekitar setengah jam ketika baru keluar dari tubuh lamanya untuk bisa bergerak normal dan perlahan-lahan warna pucatnya akan berganti menjadi warna tongeret yang sesungguhnya. Sungguh sebuah proses biologi alami yang sangat luar biasa.

image

Ini adalah kreasi yang maha hebat yang tidak mungkin terjadi begitu saja seperti teori terbentuknya mahluk hidup yang kita pernah pelajari sewaktu sekolah. Sebuah proses yang sangat rumit dan sempurna yang pasti ada sebuah kecerdasan luar biasa yang membuatnya.

Itulah Allah, Tuhan yang maha hebat. Dan hewan tongeret ini adalah salah satu bukti kebesarannya yang tidak akan bisa dirasakan oleh mereka yang buta hatinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s