Duh, ternyata menggunakan software bajakan untuk mencari nafkah itu haram, uang yang didapatkan juga haram, mengapa ?


Baru dapet nasehat yang sangat berharga sore ini. Tentang rejeki yang halal. Rejeki yang berkah dan yang tidak akan menyebabkan masalah dikemudian hari. Khususnya untuk saya yang bidang pekerjaanya menggunakan sistem informasi baik software maupun hardwarenya.

Contohnya:

  • Usaha warnet tapi softwarenya bajakan ? Os nggak beli, game nggak beli, ms office nggak beli ?
  • Punya usaha rental PS, tapi game yang dimainkan nggak beli
  • Punya usaha percetakan, desaij gracis, edit fofo. Tapi Os windows nggak beli, ms office nggak beli, photoshop nggak beli
  • Punya usaha jual beli barang, sudah melakukan pencatatan pakai komputer, tapi os windows nggak beli.
  • Punya usaha bisnis online, e-comerce, adsense, wordads, afiliasi. Tapi os notebook bajakan

Mengapa sampai menggunakan software bajakan ?

Ada pendapat yang salah di kebanyakan orang-orang yaitu soal menggunakan soctware bajakan. Ada bermacam alasan sampai akhirnya merasa baik-baik saja ketika menggunakan software bajakan. Diantaranya yang sangat merusak adalah:

Moral rusak yang dengki melihat orang lain kaya:
Microsoft kan sudah kaya raya sekali, makai windows atau officenya di satu atau dua pc mah nggak akan kerasa bagi dia.

Pemahaman pada agama islam yang ngawur:
Windows kan produk orang kafir, boleh dong dibajak produk-produknya, kalau yang bikin orang islam baru nggak boleh di bajak.

Putus asa dan mau seenak sendiri:
Ah masa apa-apa kudu beli, os beli, office beli, antivirus beli, photoshop beli, corel draw harus beli. Gimana mau buka usaha kalau apa-apa kudu beli, mahal lagi…

Pakai software gratisan nggak bagus kualitasnya dan fiturnya dikit:
Yang ini adalah bentuk kedangkalan cara berfikir yang paling parah. Ya iya lah, mana ada orang mau bikin software bagus tapi gratis. Semua orang butuh makan.

Itulah sebagian besar dari alasan orang akhirnya dengan enaknya menggunakan soctware bajakan seolah sudah hal biasa dan tanpa ada perasaan bersalah telah memakai produk orang lain tanpa ijin. Bahkan karena lingkungan kerja sudah adanya seperti itu, semuanya pakai software bajakan, kemudian memakai software bajakanpun nggak ada kena hukuman dari pemerintah.

Mengapa uang yang dihasilkan menjadi haram ?

Karena itu sama saja dengan mencuri walau dari orang kafir sekalipun, dalam islam yang namanya mencuri adalah haram hukumnya.

Sama saja seperti ini, Anda seseorang yang sedang sangat butuh kelapa. Yang bagi anda kelapa itu mahal harganya.  Di depan rumahmu ada kelapa jatuh milik kebun tetangga pengusaha kebun kelapa yang kaya raya yang bagi dia kecil sekali nilainya sebutir kelapa itu. Anda mengambilnya pun dia tak akan tau. Anda masak dan membuat kue-kue dari kelapa itu. Anda menjual dan mendapat uang dari penjualan kue tersebut.

Sudah jelas kan persamaanya menggunakan software bajakan dengan mencuri ? Nah sekarang mari kembali kepada kondisi kita apakah software yang digunakan itu sudah beli ?

Kalau beli komputer sudah ada OS windows bawaan itu sudah halal. Kalau beli komputer kosongan kemudian diinstall OS Windows tanpa membeli ya itu berarti komputer kita nggaj halal. Sekarang tinggal softwarenya. Microsoft Office apakah beli ? Antivirus apakah beli, photoshopnya apakah beli, corel drawnya apakah beli ?

Jika dihitung-hitung harganya akan mahal sekali bisa sampai 10jutaan jika mau software halal semua. Untuk satu perangkat komputer total bisa sampai 20 juta sendiri jika lengkap dengan software halal semua.

Sampai di sini kembali pada diri masing-masing orang. Yang peduli rejeki yang halal pasti akan bagaimana caranya mendapatkan uang dengan cara yang halal. Yang jiwanya pemalas ya akan tetap membajak dengan alasannya masing-masing.

Trus solusinya bagaimana untuk mendapatkan rejeki yang halal dari usaha di bidang yang menggunakan komputer ?

Seperti yang saya pakai selama ini, linux adalah jawaban untuk mendapatkan rejeki yang halal. Hampir semua kebutuhan akan software ada di sana dengan cara penggunaan yang tidak jauh berbeda.

Os Windows diganti  Linux
Microsoft Office diganti Libre Office
Photoshop diganti Gimp
Corel Draw diganti Inkscape
Antivirus bisa ditinggalkan

Ini linux saya di notebook yang biasa saya gunakan untuk membuat project dan mencari rejeki dengannya. Agak terkesan sok alim atau sok suci memang bagi sebagian orang, tapi rejeki halal itu tidak ada tandingannya. Walau sedikit itu tetap diberi kecukupan.

image

Belilah software, jangan merasa itu mahal karena itulah nasib sekarang ini yang teknologi masih dikuasai orang barat. Apapun kondisi mereka, tetap mencuri namanya jika kita memakai produk mereka tanpa membeli dari mereka. Ini hukumnya haram, dan uang yang dihasilkan dengan cara mencuri juga akan haram. Uang haram jika kita pakai akan menimbulkan masalah baik di dunia maupun akherat nanti. Stop menjadi manusia yang berjiwa malas dan dengki.

Iklan

17 pemikiran pada “Duh, ternyata menggunakan software bajakan untuk mencari nafkah itu haram, uang yang didapatkan juga haram, mengapa ?

  1. Saya suka bilang sama anak-anak, itu ngga boleh pake bajakan, haraaam…

    Jd diusahakan beli gitu kalau memang butuh banget, sotosop mah ngga butuh, cukup pakai yg sederhana saja lagian saya ngga ngerti juga hehee

    Mudah2-an bersih ya harta kita… aamiin…

        • Woh gitu ya … bukannya di sana kepastian hukum lebih jelas jadi kalau mau macam-macam sudah ada kontrol dari pemerintah ? beda ama di sini 😀

        • Iya sih, tapi kalau niat jelek mah bisa aja kang… hehe

          Susahnya jugaaa…contohnya kita beli sesuatu nih, misalkan game bajakan di Indonesia, buat PS atau Wii, eeeee ngga bisa dibuka disini, alatnya menolak …!!! Coba ya sampe segitunyaaa… Pdhl khan kalau di Indo bisa dipake itu hehhehe
          Pengalaman teman ini mah, makanya saya ngga pernah beli2 😀

          Tp jangankan yg bajakan, yg asli pun kadang ngga bisa dibuka, ada kode tertentu yg harus “dipecahkan” dulu 😦

        • Nhaa itu berarti proteksi dan usaha dari pihak berwenang sungguh-sungguh bahkan terlalu kalau sampai yang aslipun gak bisa dibuka…

          Di sini kalau jualan model gitu gak laku, jadi mulai dari distributor juga sudah unlock agar model apapun bisa jalan…

      • kang apa hukumnya penghasilan perusahaan misalnya:
        itu perusahaan makanan misalnya dan software bajakan itu digunakan untuk membuat tulisan pada kemasan doang, tapi sebenernya dapet uangnya dari jual makanan itu bukan jual gambar kemasan hasil gambar software bajakan. Trus penghasilannya hukumny apa tuh, dan sebenernya perusahaan itu mau beli yang asli dikemudian hari bila dah cukup sebagai rasa menghargai dan rasa terima kasih kepada pembuat software tersebut dangimana tuh penghasilannya halal gak tuh?

        • Dalam islam,
          Tinggalkanlah hal-hal yang ada keraguan di dalamnya.

          Untuk kasus diatas, ganti saja software bajakanya dengan yang original.

          Mahal ?
          Pakai software alternatif, atau nyicil beli.

  2. artikel bermanfaat, mudah2an yang dishare jadi amal ibadah buat penulis
    harus mulai terbiasa di linux nih 🙂

  3. kang apa hukumnya penghasilan perusahaan misalnya:
    itu perusahaan makanan misalnya dan software bajakan itu digunakan untuk membuat tulisan pada kemasan doang, tapi sebenernya dapet uangnya dari jual makanan itu bukan jual gambar kemasan hasil gambar software bajakan. Trus penghasilannya hukumny apa tuh, dan sebenernya perusahaan itu mau beli yang asli dikemudian hari bila dah cukup sebagai rasa menghargai dan rasa terima kasih kepada pembuat software tersebut dangimana tuh penghasilannya halal gak tuh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s