Pupus daun asem jawa, cemilan enak dan seger ketika sedang lapar dan haus di hutan !


Bayangin, seorang laki-laki sedang dalam perjalanan di sebuah perbukitan atau lembah yang jauh dari perkampungan. Dia kelaparan dan kehausan kemudian dia beristirahat. Karena memiliki pengalaman bertahan hidup yang baik di alam liar, maka ketika ia melihat sebuah pohon asem jawa yang sedang tumbuh daun dia segera memetik dan memakannya dengan lahap layaknya jerapah atau kambing menemukan yang ijo-ijo.

image

Diambilnya beberapa pucuk ranting yang banyak daun mudanya, kemudian dimakan lahap sampai habis berpucuk-pucuk ranting. Setelah merasa agak kenyang laki-laki itu melanjutkan perjalanannya.

Dan kondisi laki-laki itu pernah saya lakukan ketika sedang berada di alas dulu sedang mancing menyusuri sungai memancing ikan.

image

Pohon asam jawa ini selain buahnya yang banyak manfaat dan khasiatnya, daunnya yang masih muda juga banyak khasiatnya. Seperti yang lakukan bisa sebagai makanan alami liar yang pokonya “wild vegetarian” banget. Rasanya kecut renyah manis.

image

Manfaat lain dari daun asam jawa ini adalah untuk obat ketika seseorang sedang terkena cacar. Mandi pakai air rebusan daun asam jawa ini akan mempercepat luka cacar menjadi kering. Saya beluk tau penjelasan ilmiah biologisnya soal ini, tapi dulu pas saya kena cacar, sama emakku direbusin daun asam jawa ini dan cepet sekali sembuh.

Kemudian sebagai obat luka. Jika dulu nggak ada tanaman pegagan ketika aku kena sayat benda tajam atau kulit mengelupas karena jatuh atau luka kulit lain, aku akan mengunyah pupus daun asam jawa ini sampe lembut dan aku balurkan atau tutupkan di luka. Lukanya akan cepet sekali kering dan sembuh.

image

Dan kalau Anda ingin mencicipi rasanya memakan daun asam jawa ini, jangan salah petik daun. Pilihlah yang masih muda yang warnanya masih agak kekuningan, rasanya renyah kecut seger itu. Kalau yang sudah tua berwarna hijau cenderung berasa pahit dan sepet.

Jadi sampai di sini, paling tidak ada 3 tiga manfaat daun asam jawa ini yang pernah aku rasakan.

– Sebagai obat lapar dengan cara langsung di makan
– Sebagai obat luka luar, dengan cara dihaluskan dan diborehkan ke luka
– Sebagai obat cacar yaitu direbus dan airnya untuk mandi.

Demikian catatanku tentang daun asam jawa ini. Apakah Anda pernah punya pengalaman yang sama ?

Iklan

2 pemikiran pada “Pupus daun asem jawa, cemilan enak dan seger ketika sedang lapar dan haus di hutan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s