Cara membuat barbecue – daging sapi pangang sendiri dirumah !


Tulisan ini adalah lanjutan dari hot girl pants eh salah, lanjutan tentang hot grill pan yang agak menimbulkan imej negatif pagi tadi. Sekarang tentang hasil dari aku membeli girl pant eh maksudnya grill pan adalah untuk membuat daging sapi panggang sendiri di rumah bareng keluarga. Ini wujud hot girl pant eh grill pan:

image

Lumayan banget hasilnya, dari pada ke restoran muahal, dengan 100rb dah kenyang dan dapet daging sapi sekitar 750 gram beserta wortel, brokoli, kentang dan jagungnya. Kalau ke restoran untuk makan yang sejenis mungkin bisa habis 300rb. Muahal dan nggak kenyang.

Saus Barbeque:
Pertama, siapkan saus barbequenya, bahan utama adalah bawang bombay, tepung tetigu, saus tomat, air kaldu sapi, lada hitam, lada bubuk, garam, wien dan gula. Kalau aku cukup ini saja. Kalau mau lengkap silahkan tambahkan bahan lain.

Untuk kuah kaldu sapinya, rebus daging sapi beberapa potong untuk diambil airnya saja.

image

image

Cara membuatnya tumis bawang bombay sampai harum, masukan tepung terigu aduk. Siram dengan kuah kaldu sapi, masukan saus tomat dan bahan lain. Aduk-aduk sampai rata akan terbentuk kuah kental yang khas baunya.

Daging sapi iris:
Beli saja yang sudah diiris seperti ini jadi nggak usah repot motongin sendiri.

image

Memanggang barbeque sendiri:
Ambil selembar daging dan masukin ke panggangan (grill pan) yang sudah panas dan sudah diolesi minyak zaitun atau margarin.

image

Menikmati barbeque bikinan sendiri:
Ambil daging yang sudah kelihatam matang, celupkanbke saus dan masukan ke mulut. Kondisinya memang agak panas pas di angkat dari panggangan, tapi mas dicampur saus jadi sedengan untuk dimakan.

Oh iya, mengingat suasana yang diharapkan adalah makan dagingnya langsung dari panggangan di meja makan, maka siapkanlah peralatanya yaitu kompor portabel yang bisa ditaruh di tengah makanan. Biar asyik masing-masing manggang dagingnya sendiri-sendiri.

Masih amatir, belum tau bumbu, pengin yang enak:
Mungkin seperti itu kondisi sekarang, tapi setelah ini aku akan coba gali resep soal barbeque ini, soalnya termasuk yang jarang dimasak jadi bumbu yang tidak lengkap atau tidak pas dan rasa yang belum enak masih saya rasakan kali ini.

Iklan

4 pemikiran pada “Cara membuat barbecue – daging sapi pangang sendiri dirumah !

  1. Ping balik: Mengajari anak makan sambil memasak – Acara bakar dan makan barbeque bersama ! | Ahsanfile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s