Catatan dan hal yang perlu diperhatikan blogger ketika pertama menggunakan Google Adsense


Ini tentang pengalaman yang pengin aku share di sini mengenai pemasangan google adsense untuk seorang blogger. Ingat yaitu seorang blogger yang sudah memiliki blog, bukan mereka yang dari pertama memiliki website untuk mencari uang dengan google adsense.

Sebagai awalan, mungkin selama ini kita hanya seorang blogger yang sudah lama malang-melintang di internet. Website kita sudah ramai dan banyak pengunkungnya. Tiap hari, tiap ada kesempatan selalu menjadi lebih penasaran untuk bisa mendapatkan uang dari website, mengingat website juga sudah terkenal.

Eittsss tunggu dulu, Ada beberapa catatan yang bisa dijadikan pengingat agar tidak salah di kemudian hari.

Dan ini bukan tips bagaimana melakukan pendaftaran google adsenses supaya cepat di approve atau bagaimana menggunakan SEO, saya bukan ahlinya di bidang itu. Tapi ini catatan yang menurutku penting. Terutama untuk blogger yang mau memasang google adsense.

Berikut ini Catatan dan hal yang perlu diperhatikan blogger ketika pertama  menggunakan Google Adsense:

0. Jangan pakai SEO berlebihan

SEO memang perlu tapi makin hari google semakin pintar mana konten tang natural dan mana konten yang diakali agar ramai yang tapi diakali. Jangan sampai terbawa euforia bahwa agar website ramai pengujung itu dengan seo, sebab nanti hasilnya adalah sementara karena SEO itu pada dasarnya adalah menarik pengunjung dari sistem, bukan dari manusia. Yang paling tepat di lakukan adalah menarik pengunjung dari manusia.

Bukti dari ini adalah top 10an atau 15an website dengan penghasilan google adsense terbesar itu bisa kita lihat seperti tidak imementasi SEO. Mereka hanya menyajikan konten yang menarik untuk para netter.

1. Jangan memasang iklan dari google adsense blog.

Lho kenapa ? Mengapa ? Kan ingin memonetize blog agar menghasilkan uang ?

Di sinilah seorang blogger biasanya melakukan kesalahan, yaitu menaruh iklan di blog asli. Yang akibatnya adalah akan terjadi penurunan akses terhadap blog. Secara alami, orang akan males ketika melihat website yang ada iklannya. Kemudian akan males juga untuk mengakses blog kita, begitu juga kita nanti juga akan berubah arah ketika memanje isi blog.

Biarkanlah blog kita alami seperti biasa, tanpa ada ketambahan iklan. Trus solusinya bagaimana ? Di mana kita harus memasang adsense ?

2. Buatlah website khusus untuk konten yang akan kita pasangi google adsense

Ini adalah cara terbaik untuk mempertahankan kondisi blog kita tetep seperti sedia kala. Mengapa ? Karena pemasangan google adsense akan mengubah arah blog kita menjadi lain orientasinya yang akan menyebabkan blogging menjadi tidak asyik lagi baik bagi kita sebagai pemilik maupun temen-temen blog yang biasa nengunjungi blog kita.  Karena jujur harus diakui sispapun adanya iklan akan membuat blogging menjadi tidak nyaman lagi.

Berarti nanti websitenya baru, trus belum terkenal, trus nggak ada pengunjungnya, trus harus dari awal dong. Bagaimana nanti adsense yang akan di pasang, nggak ada yang akses, nggak terkenal, berarti nggak ada uang yang didapatkan ?

Ini memang pilihan yang harus di putuskan, terkait dengan berbagai kemungkinan yang nanti akan kita hadapi ketika website kita pasangi google adsense. Di antaranya adalah resiko kena banned oleh google dan lainnya.

Tapi kekhawatiran website baru yang tidak ada pengunjungnya, tidak terkenal, tidak menghasilkan seperti di atas itu bisa diatasi dengan cepat. Ini hanya soal kreatifitas saja nanti ketika mengolanya.

3. Promosikan website baru via blog asli kita.

Ini salah satu manfaatnya sebagai pintu pembuka orang akan mengenal website kita yang baru. Seluruh temen-temen blog paling tidak akan tau bahwa ada website baru kita. Dari blog kita website baru akan mulai dikenal orang orang yang mampir ke blog kita. Dan juga sebagai triger untuk search engine mengetahui adanya website kita. Karena ketika menemukan link di website kita, search engine akan melakukan indexing.

Dari website asli juga pertama akan menjadikan website baru akan memiliki link. Dari pada kita tukar menukar backlink atau membayar backlink, atau meminta seseorang untuk memasang link kita, website kita sendiri aja pertama kita gunakan.

4. Jangan pertaruhkan nama baik dengan membuat konten yang kesannya menarik tapi isinya biasa saja.

Sering kita lihat ada website yang judulnya wah banget. Bikin penasaran banyak orang, tapi pas di buka ternyata isinya biasa saja. Nggak seheboh judulnya. Ini akan menciptakan kesan yang buruk bagi pengujung. Nantinya juga akan membuat pengujung nggak akan mau mengunjungi website walaupun kontennya menarik.

User internet juga semakin pintar membedakan website yang beneran kontennya bagus dan bermutu atau juga yang cuma wah saja.

5. Buatlah konten website yang menarik perhatian orang untuk mengaksesnya.

Ada tiga group konten yang akan tetap menarik perhatian orang yaitu:

Yang berkaitan dengan kebutuhan hidup
Contohnya info barang dan jasa, info lokasi wisata, info perjalanan dan lainnya. Yang diperlukan di sini adalah penambahan informasi agar senakin lengkap.

Yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
Dari dulu sampai sekarang ilmu pengetahuan tidak ada matinya. Sampai kapanpun ilmu pengetahuan akan terus dipelajari, dijadikan referensi okeh mereka yang baru belajar. Jenis yang ini hanya membutuhkan database yang lengkap agar pengujung dapat menemukan referensi yang lengkap.

Yang berupa konten populer yang sedang ngetren
Contohnya adalah berita, fashion, entertainment, peristiwa, news, event, review gadget, tips and trick dan sejenisnya. Untuk jenis yang ini butuh usaha keras untuk selalu mengupdate dan mendapatkan konten baru yang menarik

6. Harus bisa mengatur waktu untuk memanaje website.

Ini penyakit hampir semua orang, ketika ngeblog saja butuh waktu dan tenaga, apalagi ngurus website dengan konten yang harus selalu jaga baik dari update atau kelengkapan data.

Kalau sudah fokus di satu website, maka website lainnya akan terbengkelai. Nggak sempet melakukan bw, nggak sempet bales komentar atau juga membuat postingan baru. Itulah yang biasanya terjadi dan dialami oleh siapapun.

Perlu diketahui, untuk mendapatkan hasil yang besar dari adsense, umumnya tidak akan sanggup seseorang mengelolanya sendiri, biasanya berbentuk tim atau menyewa content writter untuk mengupdate.

7. Amankan nama website kita dengan membuat socmed pages misalnya di facebook, twitter, path, linkesin, google+.

Ini untuk menjaga nama website kita diambil oleh orang kalau suatu hari nanti sudah besar dan ramai, karena ada kebiasaan orang yang suka meniru dan memaplagiatbseauatu yang sudah bagus. Menghadapi orang-orang yang moralnya nggak bagus seperti model ATM (amati, tiru, modifikasi) maka kita harus sedini mungkin memproteksi website kita.

image
(Ini adalah dashboard adsense saya 3 bulan pertama) bener-bener dari nol memulainya)

Dalam dunia adsense ini, yang paling utama dilakukan adalah membuat konten yang kreatif sesuai dengan tema yang kita ambil. Tema konten seperti yang sudah aku jelaskan di atas harus kita buat artikel yang sesuai, fokus dan tidak campur aduk seperti blog.

Iklan

5 pemikiran pada “Catatan dan hal yang perlu diperhatikan blogger ketika pertama menggunakan Google Adsense

    • Pengalaman saya itu pak yang aku capture dashboard adsensenya… hit per hari paling 400 sampe 500 dah dapet segitu :

      Ayo pak, perbanyak postingannya 🙂

  1. Ping balik: Bisnis jual beli follower di twitter, ini akibat obsesi bisnis online tidak sabaran ! | Ahsanfile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s