Suasana dan Pengalaman Mancing di Muara Pantai Suwuk, Kebumen


Mancing ikan sepertinya menjadi sesuatu yang menyenangkan buatku. Walau kadang masih nggak tega ketika melihat mulut ikan ketancap mata kail, tetapi setelah tahu bahwa mulut ikan nggak ada syaraf sakitnya, aku jadi lebih yakin bahwa ikan memang sudah diciptakan sebagai rejeki untuk manusia. Salah satunya ditangkap dengan cara dipancing.

Kemarin aku sempatkan untuk mancing di Pantai Suwuk, Kebumen tepatnya dari pasar gombong masuk ke arah selatan sekitar 19km. Pantai ini sekarang menjadi obyek wisata yang ramai sekali di bandingkan pantai di sekitarnya.

Di mana lokasi yang cocok dan bisa untuk mancing di pantai suwuk ?

Umpan apa yang cocok untuk mancing di pantai suwuk ?

Pantai suwuk memiliki muara yang terletak di sebelah kanan lokasi wisata pantainya. Terdapat semenanjung kecil dari tumpukan batu menjorok ke muara. Di sinilah lokasi mancing yang paling nyaman. Sambil duduk-duduk di bebatuan besar, menghadap ke perbukitan jati. Sambil lempar umpan dan memancing ikan. Pas banget…

image

Sebenarnya sepanjang sungai dekat muara bisa dijadikan lokasi mancing, tapi tempatmya jarang dijamah orang jadi kurang nyaman dan ikannya lebih suka di daerah muaranya.

Di mana lokasi toko yang jual peralatan pancing di pantai suwuk, kebumen ?

Jika kita berangkat dari arah gombong atau cilacap atau pantai ayah, maka sekitar 2 km sebelum pantai ada pertigaan besar yang terdapat banyak warung dan kios. Lokasi toko pancing ada di sebelah kiri jalan yang ke arah pantai. Nggak kelihatan toko pancing, tetapi di dana cukup lengkap menyediakan dari mulai joran, kail, pemberat, rel dan lainnya.

Di mana beli umpan atau yang jual umpan udang hidup di pantai suwuk ?

Karena pantai suwuk merupakan salah satu daerah tujuan para pehobi mancing, di sana terdapat beberapa kios yang menyediakan pakan mancing seperti udang hidup. Ada dua kios di sana yaitu sekitar 50 meter sebelum pintu masuk pantai atau 100 meter setelah jembatan besar. Ada papan info di pinggir jalan yaitu “jual udang hidup”.

Ikan apa yang bisa di dipancing di pantai suwuk ?

Kalau menurut orang aku tanya di sana yang juga sesama pemancing, di muara pantai suwuk ini biasanya ikan kathing, ikan kerapu, ikan buntal, bulus (kura-kura) dan ikan muara lainnya.

Berapa ukuran ikan yang biasa dipancing di muara pantai suwuk, kebumen ?

Jangan mengharapkan ikan yang besar, jumlahnya banyak. Di sana bener-bener untuk yang hobi mancing saja. Untuk mancing yang bisa mendapatkan ikan banyak bukan di sini lokasinya.

Kemarin aku cuma dapat tiga ekor ikan kathing seukuran 1,5 jari tangan dalan waktu sekitar 3 jam. Aku nggak tau ini karena saking banyaknya yang mancing atau memang ikannya yang sedikit.

Kesan dan pengalamanku mancing di pantai suwuk, kebumen.

Awalnya aku merasa aneh sendiri mancing di sana. Kail yang aku gunakan adalah kail laut sementara orang yang mancing di sana semuanya kail perairan pinggir yang panjangnya bisa sampai 4 meter. Kailku paling 1 meter doang.

Beberapa menit pertama aku merasa paling cupu. Sebelah kananku dah narik ikan walau kecil-kecil banget. Sebelah kiriku adem ayem, kalem dan tenang. Sementara aku terus clingak-clinguk khawatir ada yang menertawakanku karena sudah salah dari awal.

image

Setelah lempar umpan dekat nggak dapet apa-apa, aku meniru sebelah kananku yaitu lempar umpannya sampai ke seprrtiga muara yang lebarnya ada sampai 100an meter.  Dan benar saja, aku merasakan pancingku di sambar ikan. Tapi ya karena memang masih belum kenal habbit ikan darat ya berkali-kali umpan lolos.

Akhirnya aku dapet ikan untuk pertama kalinya. Ikan kecil sebesar 1,5 jari. Nggak tau ikan apa tapi mirip banget dengan ikan lele tapi nggak licin. Atau juga mirip ikan patin tapi warnanya abu-abu.

Setelah tanya kanan kiri ternyata ini adalah ikan kathing. Berikut ini foto ikan kathing yang aku dapatkan:

image

Rupanya aku salah setting dari awal. Dari mulai jenis joran, sekarang adalah masalah ukuran kail. Yang aku pasang terlalu besar sehingga kurang masuk ke mulut ikan. Sebenarnya aku dah berkali-kali merasakan kalau umpanku dimakan ikan. Tapi karena aku belum ahli ya akhirnya nggak dapet banyak.

Oke lah, cukup untuk ngobatin kangen mancing ikan. Kalau untuk mancing mencari ikan, aku akan ke tengah laut seperti mancing ke kepulauan seribu atau nanti coba mancing di sekitar teluk penyu.

Iklan

3 pemikiran pada “Suasana dan Pengalaman Mancing di Muara Pantai Suwuk, Kebumen

  1. Info baru: mulut ikan tidak ada saraf sakitnya.
    Hehe, jadi ingat pengalaman pertama mancing. Tapi waktu saya dulu di kolam :hehe
    Btw, panorama muaranya joss (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s