Ada cinta dan pengorbanan dalam kulit udang, Cara mengolah memasak kulit udang agar enak dimakan


Pernah membeli udang yang kecil-kecil kan ? Itu lho yang paling sebesar cabe rawit ijo yang biasa untuk nyeplus gorengan ? Nah tulisan berikut ini tentang cara mengolah kulit udang agar enak dan renyah dimakan.

Sebelumnya tulisan ini aku buat sebagai catatanku ketika sebagai orang tua berusaha memberikan yang terbaik buat anak. Ini soal berikanlah untuk anak, orang tua secukupnya saja. Ini soal udang, berikanlah yang mudah dan dagingnya saja untuk anak, jangan beri sama cangkangnya yang susah dimakan.

Soal makan udang saya dan mamah sudah sering. Pagi ini giliran anak saja, orang tuanya ngalah karena beli cuma 1/4 kg saja. Terlalu sedikit untuk dibagi buat semua.

Trus muncul ide, selama ini kulit udang selalu dibuang, karena di sanalah kotoran dan cangkang yang keras. Kali ini aku membeli udang kecil-kecil jadi aku punya pikiran untuk membersihkan dan agar bisa di olah lagi untuk saya dan mamah. Berikut cara yang aku lakukan:

Bersihkan kulit dan kepala udang dari kotoran sekali lagi. Repot memang, tetapi enak koq, rasa udangnya masih kebayang banget. Kemudian keringkan pakai tisu.

image

Setelah kering dari air, gorenglah dalam minyak goreng yang apinya kecil. Nggorengnya agak lama biar hasilnya renyah. Kalau nggorengnya api besar, hasilnya akan keras dan bisa nusuk mulut atau gusi atau nyangkut di tenggorokan.

image

Setelah yakin renyah, tinggal di angkat dan bisa diolah lanjut. Kalau aku ini ditumis pakai cabai ijo besar saja sudah cukup. Atau dibikin peyek udang.

image

Jadi, lengkap deh acara makan udangnya. Anak-anak dapet isi dan dagingnya, orang tua dapet kulit atau cangkangnya. Tapi aku kepikiran lagi, kan kalsiumnya ada di kulit udangnya, kolesterol apa semua ada di dagingnya.

Sementara anak-anak kan lagi masa pertumbuhan, masa dikasih kolesterol dan orang tuanya dikasih kalsium. Apa dituker saja, anak yang makan cangkangnya, saya yang makan dagingnya…

Hmmm….

Oh iya, ada tambahan resep dari sahabat blogger yang baik hati telah berbagi resep soal kulit udang ini. Caranya pas nggoreng, ketika sudah setengah matang diangkat dan kemudian direndam pakai air dingin berbumbu selama 10menitan. Setelah itu lanjut goreng lagi sampai renyah. Akan mendapatkan kulit udang yang lebih gurih dan enak.

Iklan

6 pemikiran pada “Ada cinta dan pengorbanan dalam kulit udang, Cara mengolah memasak kulit udang agar enak dimakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s