Keindahan alam mini di balik semrawutnya rumput liar pinggir jalan !


Sekarang aku memiliki ide yang absurd lagi yaitu berniat membiarkan rumput yang tumbuh di jalanan sekitar rumah untuk semakin rimbun dan lebat setelah saya menemukan bahwa di balik kesemrawutannya tersimpan keindahan dan ekosistem yang mempesona.

image

FYI, hampir setiap 2 bulan sekali saya mengalokasikan Rp 50.000 untuk menyewa seorang tukang kebun untuk membersihkan rumput dan apapun yang mengotori halaman dan jalan di sekitar rumah. Tapi setelah aku memfoto sesuatu di balik semrawutnya rumput itu, aku jadi berpikir untuk semakin menyuburkan rumput-rumput itu.

Berikut alasan-alasan rasional dan logis saya untuk semakin memperbanyak rumput yang tumbuh di depan rumah, semakin menyuburkan dan memperbanyak jenisnya yang saya rangkum dalam manfaat rumput liar di depan dan sekitar rumah.

  1. Akan melahirkan ekosistem dan rantai makanan mulai dari semut, serangga kecil seperti laba-laba, ulat, belalang, kupu-kupu, ngengat dan lalat. Bahkan sampai aku yakin cacing tanah, siput kecil dan lainnya. Pas banget buatku berburu foto-foto hewan dari jenis ini seperti yang aku lakukan selama ini.Lebah, kupu-kupu akana datang sendirinya dengan banyaknya bunga kecil yang tumbuh. Akan mengikuti juga burung yang nantinya mencari makan di situ. Oooh sungguh suasana yang indah depan rumahku.
  2. Akan memberikan suasana yang segar di pagi hari karena akan semakin banyak oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan hijau yang beraneka ragam. Ini akan membantu saya memulai hari dengan suasana yang segar ketika keluar rumah. Dan akan membantu saya untuk mendapatkan mood yang baik ketika memulai hariDan saya sekarang mengerti kalau saya ingat setiap beberapa hari setelah bersih-bersih pekarangan rumah, bawaanya bukannya malah suasana terang, malah mudah lelah dan nggak nyaman. Rupanya supply oksigen menjadi berkurang.
  3. Menhemat pengeluaran saya untuk menyewa tukang kebun yang biasa membersihkan rumput di pekarangan rumahku. Ini bisa aku alihkan untuk yang lain. Untuk soal bagaimana cara mensuburkan rumput-rumput itu, aku tidak perlu mengeluarkan biaya karena aku juga heran untuk hal seperti ini, tanaman liar memiliki cara tersendiri untuk bisa eksis dan tumbuh subur di pinggir jalan.

Berikut foto-foto hasil hunting yang aku dapatkan dari balik dan dari dalam rerumputan liar itu:

image

image

image

image

image

Dan saya yakin daripada jauh-jauh mencari lokasi hunting foto untuk tema nature, insect, macro, flower, gulma dan sejenisnya aku memilih mengembangkan kondisi rumput depan rumah ini semakin bagus dan mendukung untuk tumbuh dan hidupnya ekosistem kecil. Saya tinggal jalan beberapa langkah dan bisa mendapatkan objek foto bagus dan beraneka.

Cukup untuk membuatku mengagumi betapapun jelek pandangan kita sesaat, tetapi tetap ada keindahan yang dimilikinya. Betapapun jelek wajah seseorang, pasti ada sisi kecantikan yang dimilikinya.

Eeeehhh yang terakhir itu udah mulai ngelantur lagi ….

Oh iya satu lagi, tugasku sekarang harus bisa memberikan penjelasan logis kepada orang yang sampai berkomentar akan kondisi rumahku nanti Dan saya sekarang mengerti alasan tetangga saya juga membiarkan rumput di sekitaran rumahnya juga lebat. Rupanya ada manfaat besar di sana.

Iklan

6 pemikiran pada “Keindahan alam mini di balik semrawutnya rumput liar pinggir jalan !

  1. ingat mas, ada keluarga yang akan hilang rezekinya lho (tukang kebun) toh selama dua bulan ekosistem (per_rumputan) sudah menjalani siklus rantai makanan walaupun belum sempurna..

    hayo ( kebersihan sebagian dari iman )
    hehehehe

    • Nhha ini tantangan yang saya maksud pak, saya harus bisa memberi penjelasan logis dan ini ke pak yoga he he he…

      Jadi di situ kadang saya merasa sedih, karena harus merasakan seperti belalang, semut, kupu, lalat dll harus kehilangan tempat tinggal. Di sisi lain tukang kebun akan kehilangan jatah. Di sisi lain saya senang punya ekosistem kecil di sekitar rumah 🙂

  2. Saran saya pak, kalau musim hujan sebaiknya dipangkas tuh rumputnya, biar tidak dituduh tetangga sebagai sumber DB, karena banyak nyamuk bernyaman-nyaman di situ. Soalnya saya pernah ngalaminnya pak. Saat musim kemarau silahkan ide absurd pak Ahsan dilanjut…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s