Review spesifikasi, install linux dan masalah ubuntu 14.04.1 di notebook lenovo g40 1sid


Catatan kali ini tentang notebook baru yang aku beli untuk menggantikan tugas notebook sebelumnya yang sudah saatnya diganti karena harus aku kembalikan. Alhamdulillah sudah ada terkumpul hasil nabung sehingga bisa beli baru walau spesifikasinya tidak setinggi sebelumnya.

Review Notebook Lenovo G40 45 1SID

Ketika aku memutuskan untuk membeli notebook baru, yang aku pikirkan adalah untuk apa nanti penggunaanya. Spesifikasi notebook yang ada di pasaran begitu beragam dengan harganya juga yang selisihnya sebelas duabelas. Keperluanku adalah untuk development sofware kelas menengah yaitu menggunakan Java / PHP dengan database MySql dan front end menggunakan HTML5.

Jadi yang aku cari adalah ram minimal 4 GB, Prosesor 4 core serta VGA 2GB. Dengan sepesifikasi ini aku otomatis juga lancar untuk memproses office suite untuk pengetikan dan juga untuk rendering video atau juga olah foto.

ahsanfile-notebook-14.04.1

Pilihanku jatuh pada Lenovo G40 45 1SID dengan spesifikasi dan harganya kalau menurutku seimbang atara untuk mendapatkannya. Lenovo G40 45 1SID adalah notebook entry level untuk kelas menengah, berikut spesifikasinya:

  • Prosesor AMD A8
  • Ram 4GB DDR3
  • HDD 500GB
  • VGA AMD Radeon R5 230 – 2GB
  • Non OS (Free DOS)

Sebagai linux user serta untuk menghindari sesuatu yang tidak halal dan agar juga nanti hasil atau produk yang aku buat menggunakan notebook ini halal, maka aku install linux sebagai operating system-nya. Pilhan jatuh pada Ubuntu 14.04 LTS yang ada support sampai 2019. Menurutku sudah lebih dari cukup untuk bisa menghasilkan sofware berkualitas tanpa ada kendala menggunakan spek seperti ini.

Apa kaitannya linux dengan halal dan tidak halal ?

Harus diakui, membeli software resmi masih susah dan mahal. Harus datang ke distributor yang lokasinya terbatas dan juga harganya mahal. Bisa habis 15 jutaan sendiri kalau mau pakai software beli semua. Pilihan akhir kebanyakan orang adalah pakai software bajakan yang mudah didapatkan dan gampang diinstall. Tapi itu bukan cara saya menggunakan software beli. Saya masih mempertimbangkan antara prinsip ekonomi, halal dan tidak membajak.

Saya memutuskan untuk tidak membeli OS Windows 8.1 beserta software di dalammya seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Auto CAD, Antivirus dan lainnya. Karena saya menemukan penggantinya dari dunia Open Source yang tidak kalah fungsionalitasnya. Dan saya masih bisa eksis sampai hari ini sejak 2005 yang lalu meggunakan software Open Source. Dan semakin hari semakin baik kualitas dan fungsionalitasnya. Serta yang paling penting adalah apa yang saya hasilkan itu halal.

Langkah-langkah install Linux Ubuntu 14.04 pada notebok Lenovo G40 45 1SID dan cara mengatasinya masalah booting ketika installasi

Yang aku piilih sebagai media installasi adalah live cd yang aku buat sendiri setelah download image ubuntu 14.04.1 langsung dari website http://ubuntu.com. Bisa sih aku pakai live USB tetapi sedang nggak ada USB flashdisk yang kosong.

  1. Setting pada bios agar arah booting mengarah ke CD-ROM atau USB Flashdisk sesuai media yang digunakan.
  2. Restart notebook sehingga masuk ke halaman pilihan install atau live dari media.
  3. Jika mengalami tidak bisa booting lanjut, silahkan coba cara berikut ini:
    • Tekan tombol apapun pada keyboard sekali untuk menampilkan pilihan bahasa, kalau saya pilih bahasa “English” sebagai bahasa default dan paling mudah dipahami:
      ahsanfile-install-ubuntu-lenovo-g40-a
    • Akan tampil pilihan untuk “Try Ubuntu without installing” atau “Install Ubuntu” atau lainnya, silahkan pilih “Install Ubuntu”,
      ahsanfile-install-ubuntu-lenovo-g40-b
    • Kemudian Tekan tombol F6 dan akan tampil pilihan install pada sebelah kanan bawah, kemudian pilih “nomodeset”.
      ahsanfile-install-ubuntu-lenovo-g40-c
    • Ketikan pada bagian akhir menjadi “modeset=0 xforcevesa” kemudian tekan enter
      ahsanfile-install-ubuntu-lenovo-g40-d
    • Selanjutnya adalah melakukan proses installasi sebagaimana biasanya yaitu dimulai dari setting partisi, username dan password sampai selesai. Terakhir tinggal login sesuai dengan username dan password yang dibuat.
      ahsanfile-install-ubuntu-lenovo-g40-e
  4. Setelah login, akan tampil halaman depan atau desktop dari ubuntu 14.04 yang lebih smooth dan ringan dari halaman live Ubuntu 14.04. Berikut tampilan pada notebook saya.
    ahsanfile-ubuntu-14.04.1
  5. Selesai

Setelah selesai installasi, lanjutkan dengan install software sesuai kebutuhan. Dalam hal inni saya gunakan notebook ini untuk develop aplikasi berbasis web kelas menengah yaitu menggunakan Java atau PHP dengan database MySql dan Interface menggunakan HTML5.

  • Cara install LAMP atau Apache 2, MySql dan PHP5 pada Ubuntu 14.04
  • Cara install java Oracle Sun JDK versi 1.6, 1.7 dan 1.8 pada Ubuntu 14.04
  • Cara install Netbeans versi 8 pada Ubuntu 14.04
  • Cara membuat launcher pada desktop Ubuntu 14.04

Demikian sharing catatanku tentang notebook Lenovo G40 45 1SID ini, untuk yang menggunakan notebook yang sama dan juga mengalami masalah pada saat installasi, cara di atas bisa digunakan.

Iklan

8 pemikiran pada “Review spesifikasi, install linux dan masalah ubuntu 14.04.1 di notebook lenovo g40 1sid

  1. Kalau saya mau nge-blog yang pakai aplikasi wordpress yang di-download di wordpress.org itu caranya bagaimana, Mas? (pertanyaan yang tidak nyambung).
    Kalau pakai ubuntu itu lebih cocok buat programming ya Mas? Atau untuk pekerjaan sehari-hari juga bisa? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  2. mas bisa bantu saya? mau nanya kalo soft autk cad dan archi cad bisa di instal di ubuntu belum? saya tertarik karena ubuntu free dan halal seperti yang anda katakan. apakah ada daru ubuntu ada emulatornya untuk windows

  3. mas, saya mau instal linux nih, tapi ada beberapa orang yang bilang kalo pake linux kadang wifi nya gak kedetect itu benar atau tidak mas? laptop yang mau saya instal sama G40-45 juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s