Info lokasi wisata alam baru di Kebumen, Pantai Teluk Sawangan, Curug Sawangan, Gua Suwono, Gua Sukidang, dan Lokasi Camping Yang Bagus


Berburu lokasi wisata bagi sebagian orang adalah hal yang sangat mengasyikan. Apalagi lokasi tersebut masih asri dan belum dijamah banyak orang, dijamin masih bersih, bagus dan alami. Berbeda dengan lokasi wisata yang ramai, biasanya penuh sesak orang, banyak sampah dan nggak asri lagi.

Daerah Kebumen adalalah salah satu surganya lokasi wisata alam di jawa tengah terutama pantai, gua, air terjun dan waduk. Banyak sudah lokasi yang sudah terkenal dan banyak ramai dikunjungi orang.

image

Jenuh dan bosan dengan lokasi wisata yang ramai penuh sesak orang, saatnya untuk mengeksplorasi lokasi wisata lain yang lebih bagus, lebih asri dan indah. Berikut ini Info lokasi wisata alam baru di Kebumen, Pantai Sawangan, Curug Sawangan, Gua Sukidang, Gua Suwono dan Lokasi Camping Yang Bagus.

image

Tetapi kepuasan menaklukan lokasi wisata alam yang masih asri adalah hal yang sangat membahagiakan. Walau belum ada akomodasi yang layak, transportasi yang belum memadai, seeta fasilitas yang minim nggak akan jadi masalah ketika mengunjungi lokasi wisata alam yang masih asri.

Info lokasi menuju Gua Sawangan, Curug Sawangan, Pantai Teluk Sawangan, Gua Sukidang, Gua Suwono

Lokasi ini baru buka ketika awal puasa 1436H atau bulan juni 2015 yang lalu atau sekitar dua bulan sebelum lebaran 2015. Pintu masuk berlokasi sekitar 3 km setelah pantai ayah ke arah karang bolong.

image

Kondisi jalan masuk masih berupa jalan tanah berbatu kapur yang diratakan. Kondisi kering bisa dan mudah dilalui kendaraan roda empat sampai dengan parkiran.

image

Setelah itu harus jalan kaki untuk menuju lokasi. Ada beberapa lokasi sekaligus yang dapat dipilih. Lokasinya membutuhkan tenaga dan stamina untuk mencapainya karena harus naik turun bukit karang yang terjal.

image

image

Gua Sawangan Kebumen

Mulut gua sawangan sekitar 25 meter dari parkiran. Kedalaman dan panjang gua sekitar 100 lebih tembus ke sisi bukit seberangnya. Butuh nyali dan keberanian yang super untuk menaklukannya karena saat ini belum ada penerangan yang cukup.

image

Gua sukidang Kebumen

Sekitar 100 meter jalan kaki dari parkiran akan ada petunjuk jalan ke gua sikudang yaitu belok kiri sekitar 300 meter ke lokasi. Jadi total harus jalan kaki sekitar 300 meter dari parkiran.

image

Curug Sawangan Kebumen

Ada dua yaitu curug sawangan lor dan curug sawangan kidul. Lokasinya sama-sama harus ditempuh dengan naik turun bukit karang yang terjal sekali. Butuh stamina dan tenaga yang ekstra karena harus berjalan di bawah terik matahari karena jarang ada pohon tinggi.

Untuk menuju Curug sawangan lor belok kanan, sementara untuk curug sawangan kidul ambil belok kiri sebelum naik bukit. Jalan yang sangat terjal di pinggir bukit tak akan dirasakan karena orang pasti akan terkesima dengan suasana alam kanan kirinya yang sangat indah dan perawan.

Ibarat gadis yang masih perawan, alam kanan kiri, atas bawah menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan menawan. Baru separo jalan saya sudah nggak berani lagi untuk turun karena yakin bekal minum nggak akan cukup untuk bisa sampai ke dua curug. Ini foto-foto curug sawangan kidul dari kejauhan beserta pantai di bawahnya.

image

Pantai Teluk Sawangan Kebumen

Perjalanan saya mengambil arah ke curug sawangan lor karena di depan curug atau air terjun ada pantai teluk sawangan yang tak kalah mempesonanya. Di sini lokasi sangat bagus.

image

Dari atas bukit lihat ke sebelah kanan adalah puncak air terjun. Melihat ke sebelah kiri adalah lautan yang biru dengan karang-karang yang jauh kelihatan menantang untuk di datangi.

Sepanjang jalan turun harus berhati-hati sekali karena jalanan terjaln dan ditepi jurang yang sangat tinggi. Hanya jalan selebar 1/5 meteran yang ada dan kadang licin karena tanahnya yang agak berpasir.

Turun bukit ada sekitar 200 meteran akan sampai di bawah air terjun (jika diukur lurus sebenarnya dekat, tapi karena jalan belak-belok dan naik turun batu cadas atau karang jadi jauh).

Di sini pemandangan luar biasa bagus. Ke depan lihat pantai di antara dua bukit kanan kirinya. Ke bawah lihat bebatuam diantara air jernih sekali. Ke belakang lihat air terjun yang sangat tinggi.

Menikmati beningnya air dan mancing ikan sungai di curug sawangan kebumen

Bagi yang hoby mancing di alam liar, sungai di bawah curug sawangan sebagai tempat tinggal ikan-ikan sungai. Sekedar mancing saja untuk hiburan, bukan untuk diambil ikannya dalam jumlah banyak.

Beningnya air bisa untuk mandi bahkan diminum ketika musim kemarau. Karena bisa dipastikan hanya berasal dari mata air perbukitan saja, kalau musim hujan tercampur dengan aliran air dari sungai di atasnya.

Menikmati suasana pantai sawangan kebumen
image

Walau pantainya kecil, tetapi suasananya tetap menyenangkan karena dipenuhi dengan batu-batu sungai dan batu karang dengan berbagai ukuran. Kita bisa naik-naik ke atas batu karang untuk foto-foto atau menikmati pemandangan.

Walau nggak ada pasir pantai untuk mainan, Kita bisa mainan batu-batu yang warna-warni berbagai ukuran yang sudah halus diasah oleh pantai. Kadang juga ada batu yang bisa dijadikan akik karena bisa di bilang, teluk sawangan ini adalah muara sungai gunung dengan laut. Jadi pantainya penuh dengan batu-batu pegunungan dan batu karang.

Jalan pulang yang melelahkan

Menikmati alam di sana membikin saya terlena dengan waktu. Tau-tau sudah pukul 17an sore. Matahari masih terang karena tidak terhalang apapun. Dan waktunya untuk kembali naik ke atas untuk pulang.

image

image

Melihat tingginya bukit yang harus aku lalui, aku mendadak merasa lemes. Tinggi banget dan kebayang capeknya sampai di atas. Tapi dengan tekad dan alam yang masih segar, rasa lelah dan ngos-ngosan jadi terobati.

Di tengah jalan naik ada selang air yang disediakan masyarakat setempat untuk yang kehausan. Bisa diminum langsung atau untuk mengguyur muka dan kepala biar segar lagi.

Menikmati sun set di curug sawangan kebumen

Sampai di atas, dada rasanya mau copot karena nafas sudah mau habis. Aku sempatkan istirahat duduk menghadap lautan. Eeeh ternyata sudah sudah senja, matahari sudah mau tenggelam.

image

Walau suasananya nggak cerah tetapi sun setnya cukup bagus, terlihat di atas bukit dan sebentar lagi malam. Aku harus segera balik ke parkiran untuk pulang karena di sini belum ada penerangan.

Lokasi camping yang bagus di dekat pantai di kebumen

Kesimpulanku adalah lokasi ini cocok sekali untuk camping atau berkemah. Alamnya bagus, udaranya segar dan jauh dari kermaian. Hanya ada suara burung, jangkrik, gemercik air, gemuruh ombak, hembusan angin.

Bagi yang suka tantangan survive di alam bebas, Lokasi ini relatif aman dari binatang buas, serta banyak menyimpan makanan alam seperti air minum dari mata air, ikan sungai, rumput laut, kerang pantai, siput pantai sampai cacing tanah.

Iklan

3 pemikiran pada “Info lokasi wisata alam baru di Kebumen, Pantai Teluk Sawangan, Curug Sawangan, Gua Suwono, Gua Sukidang, dan Lokasi Camping Yang Bagus

  1. Keren, ya… apalagi ini baru dan masih sangat perawan untuk dikunjungi ya Mas :hehe. Sunsetnya pun keren, ini kayaknya bakal favorit banget buat pecinta petualangan alam yang masih sangat asli. Apalagi kalau masyarakat sekitar sangat mendukung pengembangan tempat wisata ini, wah seru banget buat dikunjungi :)).

  2. Ping balik: Mau Liburan ke Pantai? Simak Cara Aman Liburan ke Pantai Ini! – PediaTrip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s