Akhirnya harus ke rumah sakit karena makan mie ayam bersaos tak ada merek


Malam kemarin saya harus mengantar anak ke rumah sakit karena perutnya kesakitan sekali bagian usus dengan sebab yang tidak jelas. Bagian bawah pusar dipegang sakit sekali sampai perut sebelah kanan. Sementara perut sebelah kiri tidak sakit.  Nggak mau makan, nggak mau minum. Nggak panas, nggak ada tanda-tanda kalau sedang sakit. Juga nggak ada tanda-tanda makan makanan yang nggak cocok sepeeti mencret, mual atau juga mules.

Kondisi ini sepertinya membuatku nggak tenang, langsung aja jam 20,30an malam aku bawa ke igd rumah sakit terdekat. Diperiksa ini dan itu tak ada tanda-tanda kalau sedang sakit bagian perut karena penyakit. Analisa dokter adalah nggak cocok makanan yang masuk.

Jadi cara mbedain antara sakit perut karena penyakit dengan bukan karena penyakit itu pada rasa sakitnya. Jika karena penyakit, bagian yang sakit dipegang / dipijat / dipencet itu akan tambah sakit dan ada perubahan tingkat sakit misalnya agak sakit nanti menjadi sakit sekali dan tidak bisa diprediksi kapan akan reda atau kapan akan tambah sakit.

Kalau sakit perut bukan karena penyakit misalnya luka atau kemasukan sesutu yang nggak cocok itu sakitnya stabil. Dipijat dipencet nggak akan bertambah atau berkurang sakitnya. Dan cenderung rasa sakitnya bertambah dari waktu ke waktu kalau dibiarin tidak segera ditangani.

Jadi dengan hasil analisa di atas, dokter langsung mengintrogsi lebih tepatnya menanyakan untuk dijawab jujur makanan yang dimakan dalam waktu-waktu terakhir. Dan diketahuilah kalau anaku makan mie ayam tapi saosnya banyak sekali dan warnanya bukan merah tomat, tapi agak pink.

Dan tanpa berpikir lama, dokter langsung membuat resep untuk memberi obat berupa penetralisir racun yang disebabkan oleh pewarna. Nggak pakai lama obat sudah ada dan pulang. Dalam perjalanan pulang diminum 1 dosis, sampai perjalanan pulang ke rumah katanya rasa sakit di perut sudah berkurang. Dan sudah bisa tidur dengan tenang.

Catatan:
Ini bukan tentang bahaya makan mie ayam, juga bukan tentang bahaya makan mie ayam kelas pinggir jalan. Tapi tentang bahaya makan makanan yang nggak jelas asal usulnya, dan nggak jelas lain-lainnya. Karena orang jualan makanan yang penting laku tanpa memperdulikan kesehatan bahan yang digunakan, dan sebagai konsumen resiko ditanggung sendiri.

Iklan

2 pemikiran pada “Akhirnya harus ke rumah sakit karena makan mie ayam bersaos tak ada merek

  1. Buset… memang mesti hati-hati banget yak Mas. Serem euy, warnanya sampai jadi pink, itu kayaknya bahan pengawetnya sudah banyak banget di dalamnya kalau menurut saya Mas, mudah-mudahan anak dan semua keluarga sehat terus. Thanks for sharing ya Mas, jadi bisa membedakan sekarang mana sakit perut yang karena penyakit atau karena salah makan :hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s