Silahkan cek untuk Anda, Survey menunjukan 70% pelaku bisnis dan internet di Indonesia memakai barang haram ini !


Tulisan ini bisa jadi pertimbangan atau lebih tepatnya peringatan ketika kita masuk kedunia bisnis dan internet khususnya di sini. Jarang sekali ada yang perhatian masalah ini karena sudah kebiasaan orang banyak dan akhirnya menjadi sesuatu yang benar. Saya menulis ini sebagai peringatan agar bisa selalu ingat untuk menghindari barang haram tersebut, dan Anda para pembaca coba cek apakah masih memakainya atau tidak.

Prinsipnya seperti ini, jika kita mencari rezeki ada unsur haram di dalamnya maka uang yang dihasilkan juga akan ikut haram. Uang yang haram kita pakai tidak akan membuat kita bahagia, hanya masalah dan masalah yang akan muncuk esok harinya sebagai dp hukuman di dunia dan nanti di akherat akan lebih besar lagi.

Jika uang haram tersebut kita kasih ke keluarga, istri/anak maka selain kita berdosa, bagi mereka juga efeknya nggak baik. Tidak akan ada keberkahan tetapi masalah dan masalah yang akan terjadi. Sesuatu yang tidak ada keberkahan di dalamnya akan selalu terasa kurang dan membuat jiwa tidak tenang berapapun jumlahnya. Sebanyak apapun uang yang kita peroleh dengan ada unsur haram di dalamnya makan endingnya adalah kemiskinan dan masalah.

  • Software Bajakan
    Coba cek kalau usaha review produk, penerbitan artikel, percetakan, pengetikan, editing, translate bahasa itu software officenya beli atau ngecrack ?. Coba cek kalau Mau edit foto, desain banner, desain gambar itu software seperti photoshop / corel beli apa nggak ? atau mbajak ?. Kalau buka jasa pembuatan animasi, pembuatan fim, edit video itu softwarenya beli atau nggak ?

    Alasan menggunakan software bajakan sederhana sekali, “KARENA MAHAL” jadi milih mbajak aja, cukup download kemudian install dan crack, cukup bawa ke toko komputer, bayar 100rb dah di install OS dan softwarenya. Installernya sih resmi tapi kemudian di crack agar tidak minta aktivasi online. Dan jadilah digunakan sehari-hari untuk bisnis.

    OS Windows XP atau 7 atau 8 bajakan, Microsoft Office Bajakan, Photoshop Bajakan, Corel Draw Bajakan, Trus hasilnya kaya apa ? Halal ? Trus uangnya dengan bangga sudah dapet order sekian ratus ribu atau sekian puluh juta. Trus dibelikan benda ini itu, Trus dikasih ke anak dan keluarga. Yaaa itulah yang terjadi sekarang, semoga Anda nggak melakukannya.

    Alasan pemilik software dah kaya, jadi kalau di bajak 1 lisensi aja gak akan ngefek. Pendapat kalau bill gates itu dah kaya raya, jadi dibajak windowsnya ya wajar-wajar saja nggak akan membuatnya rugi. Itu adalah mental pencuri dan 100% bakat mencuri.

  • Menggunakan Fasilitas Tempat Kerja
    Trus sering mengerjakan kerjaan bisnis nyambi ditempat kerja nggak ? Ketika Anda sedang bekerja menggunakan fasilitas dari kantor, listrik dari kantor, waktu di kantor itu Anda pakai untuk bisnis pribadi ? Itu artinya juga mencuri karena semua yang ada di kantor adalah untuk kantor, kita sudah dibayar oleh kantor dan masih memakainya untuk hal lain. Apalagi urusan pribadi dikerjakan di kantor misalnya membuat tulisan, membuat tugas, mebuat review job, mebuat banner, membuat ini dan itu.

    Cara berpikirnya, mumpung komputer di kantor nggak dipakai kerja, mumpung di kantor internet lagi sepi, mumpung sudah selesai jam kerja jadi kalau mau dipakai nggak apa-apa. Apa lagi bos juga nggak ada masalah dengan ini, jadi yaa nggak apa-apa. Ini sungguh melenakan banyak orang ketika ada fasilitas nganggur di kantor ya udah dipakai saja. Padaa

    Termasuk juga adalah mengambil barang-barang kantor sisa pakai misalnya kertas bekas, kardus bekas, wadah bekas. Banyak kejadian adalah para pedagang online dia mbawa kardus bekas dari kantor untuk dijadikan bungkus ketika packing barang dagangan. Atau kertas bekas dibawa pulang untuk dijadikan mainan anak dan lain sejenisnya.

Kalau sudah seperti ini kembali lagi ke masing-masing orangnya, yang merasa bersalah paling ya menyesali tapi nggak berfikir untuk mengakhiri barang haram yang selama ini dipakai untuk cari duit. Atau bingung nyari solusinya karena merasa gaptek. Misalnya mau semuanya beli tapi koq mahal banget, selalu berfikir antara omset sama modal nggak imbang. Untuk modal beli software aja bisa habis belasan juga sementara hasil baru ratusan ribu. Trus mau usaha beralih ke software open source linux sudah merasa

Bukan seperti itu aslinya, itu hanya rasa malas saja untuk move on ke arah yang lebih baik. Mau beli software legal merasa mahal, itulah mengapa para pelaku usaha di Indonesia jarang banget yang sukses, hanya disitu-situ saja ruang geraknya karena tidak mau modal. Modal kecil ya hasilnya kecil, modal besar ya hasilnya banyak. Itu adalah rumus yang tak terbantahkan. Mau usaha tapi modalnya gratis, ya hasilnya minim lah.

Mau pakai linux dan software open source lainnya, sudah merasa susah dan ribet dan ini dan itu. Merasa minder duluan dan merasa gaptek nanti tidak tahu harus bagaimana dan bagaimini. Itu hanya perasaan malas juga yang kalau dibandingkan dengan ketika mikirin omset bisnis, mikirin ngecrack itu lebih rumit daripada belajar menggunakan software legal.

Ayo move on, dengan meninggalkan apa-apa yang tidak halal. Nanti ada hasil yang lebih indah terasa dan berkah. Nasib adalah sesuatu dari Allah, Tuhan kita yang bisa kita ubah selain kematian. Kita kaya atau miskin adalah usaha kita sendiri untuk mengubahnya karena Allah memberikan tantangan untuk kita mengubah nasib yaitu dengan cara berusaha dan hasilnya kita serahkan kepada Allah dengan jaminan barang siapa yang berusaha bersungguh-sungguh maka ada jalan.

Screenshot from 2015-09-27 07:00:49

Saya merasakan betul ketika berusaha untuk menghindari dan memisahkan jangan sampai menggunakan fasilitas kantor untuk kegiatan yang sifatnya pribadi. Saya pakai linux untuk hampir semua kegiatan komputer, karena di sana tersedia semua yang saya butuhkan mulai dari os, office, video edititing,image editing bahkan sampai ke software development. Prinsipnya adalah halal ketika bekerja dan hasilnyapun halal.

Setiap yang halal aku rasakan ada keberkahan. Keberkahan itu rasa bahagia menggunakan dan diberikan banyak manfaat ketika mengkonsumsinya. Pernah saya merasakan mendapatkan rejeki dari usaha tapi pakai komputer bajakan yaa uangnya sepertinya banyak tapi koq dapet barangnya dikit, perasaan cepet banget habis, tau-tau saldo sudah tipis sekali, bingung dipakai buat apa aja.

Tapi kalau rejeki yang halal itu beda sekali rasanya. Duit itu awet dan banyak yang bisa didapatkan karena disana ada keberkahan. Rasa makan dengan uang halal juga berbeda sekali, ada rasa puas. Contohnya yang selalu dirasakan oleh petani adalah dia makan dalam kondisi lelah capai berkeringat setelah mencangkul di sawah. Makan apapun akan terasa enak dan nikmat, bahkan hanya sekedar meminum air putih itu nikmatnya luar biasa.

Nah kalau kita selama ini merasakan kalau seperti duit sudah banyak, tetapi koq rasanya cepet habis padahal baru buat ini dan itu koq sudah menipis. Atau merasa makan sudah menunya cukup tapi koq rasanya biasa-biasa saja, tapi nggak bisa merasakan mengunyah itu enak dan nikmat. Minum malah kerasa seret dan nggak hilang-hilang hausnya itu bahkan tubuh Anda sendiri pun nggak mau sebenarnya terhadap yang masuk. Ayo cek apakah uang yang kita dapatkan ada unsur haramnya, jika iya segeralah bertaubat. Segeralah cari ganti dan cari alternatif yang halal.

Iklan

11 pemikiran pada “Silahkan cek untuk Anda, Survey menunjukan 70% pelaku bisnis dan internet di Indonesia memakai barang haram ini !

  1. Tamparan banget ini. Sebenarnya betul sih. Saya juga buat blogging di laptop, laptopnya dua-dua masih bajakan semua (malah sempat berpikir buat nambah software bajakan lagi :hehe). Yah pelan-pelan mesti dikurang-kurangi ya Mas, ganti Linux atau beli sekalian :)). Jadi tertarik belajar soal Linux supaya gapteknya hilang sedikit :hehe. Terima kasih!

    • Linux yang gak usah belajar, semuanya sudah aga interfacenya itu : ubuntu, aku juga pakai linux ubuntu karena mudah dan apa-apa sudah tersedia. Ayo mas ke dunia software lain

  2. Ping balik: Itung-itungan biaya hidup di Jakarta, Bulan September akhir 2015 | Ahsanfile

  3. fasilitas tempat kerja ya hmm. kalau yang ga ada waktu lebih pas sore, ya iseng di sela sela waktu kerja. kayanya pernah denger “kalau bisa dijadiin uang, kenapa tidak?” eh olx iitu ya hahahahaha 😀

    • Ha ha ha, ber empati aja sih mba sama pemilik tempat kerja. Ngadain sarana-prasarana buat kerja. Tapi sebenarnya makai buat apapun ya nggak masalah asal ada ijin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s