Perjalanan Mancing ikan di segara anakan Pulau Nusakambangan via Kawunganten, Cilacap


Sepertinya mancing sudah jadi bagian dari acara liburan yang aku seriusi untuk dilakukan. Mengikuti tempat kerja, sekarang aku di dekat cilacap yang artinya spot mancingku mulai dari daerah mancing kebumen, mancing di gombong, mancing di thr teluk penyu cilacap, mancing di segara anakan cilacap dan mancing di laut lepas cilacap.

Kali ini trip mancing di segara anakan cilacap yang startnya di dermaga kecil di daerah kawunganten cilacap. Berikut sedikit cerita tentang mancing di segara anakan pulau nusakambangan cilacap.

Dan sebelumnya harus diperhatikan Tips Mancing Di Segara Anakan Cilacap, mulai dari booking kapal, mendapatkan umpan, memilih waktu yang tepat sampai mendapatkan tekong yang berpengalaman.

Trip mancing di segara anakan cilacap !

Perjalanan sampai lokasi harus sampaj jam 5an pagi, kapal berangkat rata-rata jam setengah enam pagi. Di kawunganten, ada dermaga kecil tempat para nelayan sandar. Lokasi di dekat pasar dan dari situlah perjalanan di mulai.

Setelah mendapaktkan kapal yang jauh hari harus dipesan, persiapan peralatan pancing jelas nomor satu, kemudian umpan dan jangan sampai ketinggalan adalah bekal makanan. Di depan sekitar dermaga ada beberapa warung kecil yang menjual makanan seperti nasi rames, kepok (nasi ketan), mendoan, arem-arem dan lainnya.

Ini foto-foto suasana jam 5.30an pagi di sana. Kalau hari lagi bagus buat memancing (baca tentang waktu yang bagus buat memancing di segara anakan cilacap), bisa sampai semua nelayan dipesan kapalnya untuk mancing oleh para angler di sekitar cilacap. Semakin pagi berangkat, semakin banyak peluang mendapatkan ikan.

image

Ini suasana ketika pada lagi naik kapal, peralatan dan perbekalan dibawa ke atas kapal. Ibu-ibu di sini yang sepertinya memegang order siapa naik kapal yang mana. Jadi para tekong tinggal nunggu di atas kapal untuk kita naik kemudian dia akan membantu sesuai informasi dari ibu-ibu.

image

Trip mancing di mulai dari perjalanan menuju segara anakan ada sekitar setengah jam menyusuri sungai dan kanan kirinya hutan bakau yang lebat. Dengan air yang agak keruh atau menghitam malahan. Bagi yang biasa mancing di laut dalam mungkin akan merasa mancing di sini itu kotor, tapi ini baru perjalanan aja, lokasi mancingnya nanti di segara anakan yang airnya sudah bagus.

image

Itu adalah kapal kami sedang istirahat di tepian bakau. Jam 10an matahari sudah terik banget kalau di segara anakan, tetapi udara segar dengan angin sepoi yang akan membuat mancing semakin nyaman. Biasanya kapal diikatkan ke ranting bakau dan tidak sampai lempar jangkar karena kedalaman air juga paling 3 sampai 10 meter aja.

Hasil mancing di segara anakan cilacap !

Kalau di tanya soal hasil mancingnya, itu kembali lagi ke nasib. Yang namanya mancing adalah nasib. Tetapi nasib juga dipengaruhi oleh usaha kita yaitu dari mulai waktu yang tepat untuk memancing, umpan yang cocok dan skill memancing yang bagus.

Kalau nasib lagi baik bisa dapet banyak ikan dengan banyak jenisnya. Mulai dari cangkek, kepper, abangan, kerapu, tompel, baleng, jerukan, belanak dan lainnya. Ukuran ikan juga bermacam-macam dan rata-rata adalah ikan karangbair tenang yang paling besarnya satu telapak tangan saja. Tetapi pulang bisa dapet 10kg, 20kg atau bahkan cuma dapet 1 ekor saja kembali lagi yang namanya rejeki dan nasib.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s