Cara dan resep praktis memasak rajungan agar gurih sampai dalam dan renyah kulitnya


Benerapa waktu yang lalu aku pernah share juga tentang memancing sampai memasak sendiri kepiting rajungan walau hanya satu ekor. Kali ini rajungan dalam jumlah banyak sehingga aku tulis secara lebih lengkap lagi untuk catatan dan kalau ada pembaca yang sedang mencari resep praktis tentang rajungan, berikut ini cara dan resep praktis memasak rajungan agar gurih sampai dalam dan renyah kulitnya.

Hasilnya adalah rajungan yang siap untuk dimakan atau diolag lagi dengan bumbu lain. Rajungannya sudah gurih sampai daging dalam cangkang ataupun kaki-kakinya serta cangkangnya sudah renyah. Langsung dimakan atau dimodif sedikit dengan resep lainnya seperti lada hitam, saus tiram, cabe ijo, asam manis dan lainnnya.

Berikut ini langkah-langkah ketika memasak rajungan agar gurih sampai dalam dan renyah kulitnya, bahan-bahan yang dibutuhkan cuma garam, masako, margarin dan  awang putih saja. Yakin kalau bahan dasar dapur itu ada.

1. Bersihkan seluruh badannya

Gunakan sikat gigi bekas agar kotoran disela-sela tubuhnya bersih, karena kepiting rajungan ini hidup di dasar laut dan geraknya nggak cepat sehingga memungkinkan badannya tertempel benda lain di laut

image

image

2. Rebus dengan air garam,15 menit air mendidih

Kepiting rajungan yang sudah dibersihkan, direbus dengan air garam. Takarannya misal air 2 liter maka garamnya 1 sendok makan. Yaitu agar kadar asinnya cukup tinggi agar bisa menembus bagian dalam melalui persendian tubuhnya. Inilah nanti yang akan membuat gurih sampai ke dalam

image

image

image

3. Panaskan / Goreng tanpa minyak menggunakan teflon agar cangkang renyah

Setelah direbus menggunakan air garam, kemudian tiriskan agar airnya kering tak ada yang menetes. Setelah itu panaskan teflon tanpa minyak dan masukan kepiting rebusnya ke dalam teflon. Kepiting akan semakin panas dan bolak-baliklah agar panasnya merata.

image

Untuk menuntaskan matangnya kepiting, pada bagian cangkang atas pukul sehingga sedikit berlubang, maka air dalam cangkang akan keluar dan kering, yang artinya bangian dalam cangkang juga akan ikut tenyah.

image

Setelah pada beberapa bagian cangkang akan seperti retak itu artinya cangkang sudah renyah sehingga nanti kalau pas makan nggak perlu pakau tang atau apalah buat mecahin cangkangnya atau juga mecahin kakinya.

image

image

4. Siapkan resep kesukaan, kalau nggak ada ide, coba resep praktis ini

Sampai di sini, kondisi kepiting sebenarnya sudah matang dan renyah, sudah bisa dimakan, tetapi soal rasa belum nendang. Kita bisa mengolahnya lagi dengan resep kepiting pada umumnya seperti kepiting saus tiram, resep kepiting asam manis, resep kepiting lada hitam dan lainnya.

Bagi yang nggak punya bahan lengkap untuk resep di atas, pakai cara saya aja, resepnya gampang banget, bumbunya cuma tinggal dikasih seperti masako saja atau sejenisnya dan digoreng pakai margarin.

5. Goreng kepiting pakai margarin dan taburi dengan masako atau sejenisnya

Setelah kepiting sudah renyah, diteflin yang sama tambahkan beberapa sendok margarin, usahakan ketika meleleh langsung melumuri tiap kepitingnya. Kemudian bolak-balik sampai merata margarinnya. Ini seperti menggoreng tetapi sedikit minyak.

image

6. Tambahkan irisan atau potongan bawang putih

Untuk menambah rasa, masukan lagi potongan bawang putih sebesar kuku. Aduk-aduk terus sampai bawang putihnya mateng dan tidak gosong walau minyaknya sedikit. Ini akan memberi efek gurih dan wangi pada kulit kepitingnya yang nanti kalau kita makan di bagian kaki kecilnya bisa kita cecep sama kulitnya sehingga rasa semakin enak.

Demikian eksperimenku sendiri soal kepiting rajungan ini. Hasilnya adalah rasa yang menurutku yakin dan kebayang jadinya. Puas masaknya dan seneng makannya. Alhamdulillah pokoknya…

Iklan

5 pemikiran pada “Cara dan resep praktis memasak rajungan agar gurih sampai dalam dan renyah kulitnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s