Tentang paribahasa Ikan dalam aquarium besar vs Ikan dalam aquarium kecil


Anda seorang punya potensi kemudian berada dalam lingkungan orang-orang yang tidak mau maju, selalu berfikir resiko dan resiko, apa manfaatnya ini dan apa manfaatnya itu, akan begini dan akan begitu, buat apa ini dan buat apa itu. Maka anda itu adalah ikan dalam aquarium besar. Maka aquarium pun aka menjadi murah karena ikan-ikan seperti bangkai saja.

Tetapi Anda seorang yang punya potensi, dan orang-orang disekitar Anda adalah orang yang mau maju, mau ambil resiko, punya plan a dan plan b, punya kemauan untuk berubah. Dan itulah ikan dalam aquarium kecil. Ketika ikan bergerak seluruh isi aquarium akan ikut bergerak. Dan harga aquariumpun akan mahal karena isi ikan-ikannya adalah ikan yang sehat.

Oke itu soal perumpamaan saja. Dan tumben saya nulis seperti ini karena kejadian yang sedang berlangsung ada di kedua aquarium itu. Sebuah aquarium besar kini hanya jadi pajangan saja tanpa ada yang ingin membeli bahkan isinya. Sementara banyak aquarium kecil yang sekarang menjadi tempat tumbuhnya ikan-ikan besar.

Yang seharusnya adalah ikan itu dapat lebih tumbuh subur dalam aquarium yang besar karena di sana lebih banyak makanan. Tapi karena yang punya aquarium nggak pandai ngurus maka aquarium pun nggak nyaman lagi buat ikan.

Ada ikan juga dibeli dan akan diperlakukan sebagai ikan yang berasal dari tempat murah. Beda dengan ikan dari aquarium mahal maka akan dianggap sebagai ikan yang bagus untuk dikembangkan lebih baik lagi.

Iklan

Satu pemikiran pada “Tentang paribahasa Ikan dalam aquarium besar vs Ikan dalam aquarium kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s