Pemancing wajib ngerti ! Seperti apa sih desain susunan rantai bawah laut pada Single Buoy Moorings (SBM) System ?


Berawal dari pengalaman pribadi saya sebagai seorang yang baru / tiba-tiba merasa hobby memancing, salah satu spot favorit di laut lepas adalah disekitar SBM atau Single Buoy Moorings System. Di sana sering sekali mengalami kail nyangkut di rantai dan pasti putus. Dan dalam tulisan ini saya ingin sharing tentang yang Pemancing wajib ngerti ! Seperti apa sih desain susunan rantai bawah laut pada Single Point Buoy Moorings (SBM) System ?

Tulisan ini buat dalam bahasa saya sendiri untuk lebih mudah memahami tanpa harus mengingat-ingat istilah dalam dunia perminyakan dan peralatannya. Tulisan ini aku perlukan untuk referensi ketika memancing ikan di sekitar SBM agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan di bawah ini tulisan panjang Saya yang dirangkum dari berbagai sumber tentang SBM, mulai dari Larangan memancing di sekitar area SBM, Apa Itu SBM dan Apa Fungsi SBM, Mengenal Desain dan Susunan Rantai SBM, Mengapa di SBM banyak ikannya, Tips mancing di sekitar SBM agar tidak tersangkut rantai dan pada bagian akhir ada video mengenai installasi SBM

Larangan memancing di sekitar area SBM !

Pada dasarnya ada sebuah larangan untuk memancing disekitar area SBM karena urusan keamanan. Baik keamanan peralatan dan keselamatan orang. Prinsipnya adalah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Bila peralatan SBM itu adalah sesuatu yang harus steril dan aman ketersediaanya, maka harus dijaga dari akses orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Akan berbahaya sekali jika terjadi kehilangan part dari SBM, fungsi atau masalah yang akan ditimbulkan bisa luar biasa besar seperti kebocoran minyak dan lainnya.

Masalah keselamatan manusia adalah nomor 1 dalam pekerjaan. Untuk menghindari misalnya ada kerusakan yang membahayakan orang disekitarnya, maka lebih baik melarang orang untuk mendekati. Kemudian contoh keselamatan lain jika ada kail atau mata pancing tersangkut kemudian melukai para pekerja, maka lebih baik jangan membolehkan ada aktifitas memancing di sekitar sana.

Tetapi pada beberapa lokasi di mana sudah tercipta sebuah kondisi yang bisa dipercaya, maka larangan memancing di sekitar area SBM menjadi hal yang lumrah dan tidak bermasalah. Maka kita dengan tetap menjaga kondisi tetap bisa memancing di sekitar SBM dengan mematuhi aturan yang ada.

Apa itu SBM dan Apa fungsi SBM ?

Merupakan alat yang digunakan kapal tangker minyak bumi yang berukuran besar sehingga tidak bisa berlabuh di dermaga untuk memuat atau menurunkan minyak ke daratan melalui pipa bawah laut yang terhubung. Kapal tangker yang memuat minyak dalam ukuran besar biasanya tidak bisa sandar di pelabuhan atau dermaga. Mereka akan mengangkut atau menurunkan minyak melalui SBM ini.

Apa saya yang ada di SBM ?

  1. Sebuah set tabung terapung
  2. Sebuah set pipa karet terapung yang elastis
  3. Sebuah set pipa karet terhubung ke pipa bawah laut (sub sea hoses)
  4. Beberapa set rantai untuk mengikat/mempertahankan posisi

fungsi-sbm

Bagaimana Cara Kerja SBM ?

  1. Kapal sandar di dekat SBM
  2. Pipa karet yang mengapung akan dihubungkan ke pipa kapal
  3. Minyak dari / ke kapal akan dipompa melalui SBM
  4. Minyak dialirkan dari / ke SBM ke pipa bawah laut sampai ke darat

Mengenal Desain Susunan Rantai SBM

Di Indonesia umumnya SBM itu ada yang 2 rantai dan 6 rantai bawah air. Dalam tulisan ini saya akan share tentang SBM 6 set rantai bawah air seperti pada gambar di atas atau gambar di bawah ini.

sbm-enam-rantai

Terdapat 6 buah rantai besar yang digunakan untuk menjaga posisi tabung yang diikatkan secara simetris pada 6 posisi. Masing-masing titik tempat dikaitkannya rantai akan diberi nomor 1 sampai 6 pada sisi atas tabung. Yang artinya jika ada bagian tabung terdapat angka 1, maka tepat dibawahnya ada rantai. Rantai-rantai ini akan ditanamkan ke dasar laut secara kuat agar tidak lepas.

Mengapa rantai besi SBM bisa membuat kail tersangkut, padahal cuma besi bulat ?

Pada perkembangannya, besi-besi rantai SBM akan ditumbuhi oleh biota-biota laut berupa karang sehingga permukaanya tak lagi mulus seperti besi rantai umumnya. Pada gambar di bawah ini yang diambil dari bawah air sebuah SBM, permukaan pipa ditumbuhi karang-karang yang menempel kuat.

kondisi-rantai-sbm

Jika ada kail nyasar ke sana maka akan tersangkut dan akan sulit sekali untuk lepas. Yang biasanya selalu berakhir dengan istilah setor kail. Line dari Benang PE atau Senar akan ditarik sampai putus.

Dan hal inilah yang juga menjadi penyebab kenapa memancing di sekitar SBM menjadi dilarang, karena bisa membahayakan para pekerja perminyakan yang bertugas untuk melakukan maintenance terhadap rantai. Bisa terluka karena pancing ini, yang kalau di dalam air ada darah keluar, bisa memancing ikan untuk memangsa sumber darah keluar. Dan sangat berbahaya jika yang datang adalah ikan paus.

Mengapa di SBM banyak ikannya ?

Ada dua faktor yang membuat SMB disukai ikan sebagai tempat berkumpul yaitu soal tumbuhnya karang dan suhu sekitar pipa yang hangat. Berikut di bawah ini penjelasan logisnya:

Ukuran rantai  yang besar akan membuat permukaanya banyak ditumbuhi oleh karang-karang yang beraneka ragam. Adanya karang-karang ini akan menjadi tempat yang disenangin oleh ikan-ikan kecil dan akan menjadi sarang ikan-ikan kecil untuk menetap di sana. Adanya ikan-ikan kecil ini akan mengundang ikan yang lebih besar untuk datang dan seterusnya.

Minyak bumi yang ditransport dari / ke sbm sampai daratan biasanya dalam suhu yang panas, sehingga area sekitar installasi akan menjadi hangat. Ini pula yang menarik banyak jenis ikan untuk datang ke sana.

Kurang lebih seperti inilah suasana ikan yang mirip di bawah installasi SBM, karang-karang yang menempel pada pipa dan rantai akan menjadi tempat bersarang ikan kecil, ikan besar akan datang dan seterusnya. Sangat menggoda dan sangat menarik untuk menangkapnya.

pipa-bawah-air-b

pipa-bawah-air-a

Sesuai dengan kodrat ikan laut, mereka akan berkumpul ditempat yang disana ada karang, ada ikan kecil, ikan besar dan ikan pemangsa. Sebuah eksosistem bawah laut terwujud di bawah installasi SBM. Dan adanya ikan-ikan yang lebih banyak di sana mengundang para pemancing dan pencari ikan untuk datang ke sana dan seterusnya.

Tips memancing di sekitar SBM agar tidak tersangkut rantai

Nah ini sebenarnya tujuan asli dari tulisan ini karena kemarin-kemarin saya ketika mancing di sekitar SBM tepatnya daerah cilacap selalu setor kail ke rantai. Selalu nyangkut di rantainya sehingga harus kehilangan umpan yang kadang harganya cukup sayang jika hilang di lautan.

Dan berikut ini beberapa tips mancing di sekitar SBM yang saya rangkum dari berbagai sumber terutama dari petunjuk dan tips yang diberikan oleh pemancing senior di sana.

  1. Patuhi peraturan dari pengelola SBM
    Pada dasarnya memancing di sekitar area SBM adalah dilarang, tapi ada kondisi yang membuat aktifitas memancing menjadi boleh yaitu selama tidak ada hal yang merugikan dan membahayakan keselamatan atau juga membuat hal mengganggu fungsi SBM.
  2. Kenali posisi rantai berada
    Ini penting sekali karena untuk memilih tempat yang tepat agar tidak tersangkut rantai ketika melempar umpan atau juga untuk jangkar perahu yang digunakan untuk memancing. Posisi rantai akan bisa dibaca pada dinding tabung berupa nomor urut rantainya. Setiap ada nomor rantai, tepat di bawahnya ada rantai lurus sesuai arahnya dari bawah tabung ke dasar laut.
  3. Kenali arah arus air di SBM
    Arus air untuk kita menaruh posisi kapal dan untuk memperkirakan kemana umpan akan terbawa air sehingga bisa diposisikan tidak terkena rantai sehingga tidak akan nyangkut.
  4. Ikan berada di sekitar bawah installasi SBM
    Jika ingin memancing ikan di sekitar SBM, memancinglah dekat-dekat dengan SBMnya, karena ikan banyak berkumpul di bawahnya. Installasi bawah SBM sudah seperti sarang buat para ikan.
  5. Gunakan peralatan pancing yang kuat
    SBM biasanya berada di daerah lepas pantai sehingga tipikal ikan yang ada di sana adalah ikan samudra yang karakternya mereka adalah pelari jarak jauh yang walau dalam ukuran yang sama, jenis yang sama akan berbeda dengan ikan karang yang sehari-hari tinggal di karang. Powernya jauh lebih besar daripada ikan karang biasanya.

Video Tentang SBM, Desain, Struktur dan Installasi !

Bagi yang penasaran seperti saya mengenai barang bernama SBM ini, video berikut cukup menjelaskan seperti apa dan bagaimana cara kerjanya.

Iklan

18 pemikiran pada “Pemancing wajib ngerti ! Seperti apa sih desain susunan rantai bawah laut pada Single Buoy Moorings (SBM) System ?

  1. Oooh sekarang saya ngerti, buoy itu apa. Semacam pelampung atau sesuatu yang mengambang ya. Makanya itu sabun namanya “Lifebuoy”. 😀

    Hobi mancing nggak mahal Mas?

    • Nhaa betul mas, kalau sbm di dunia perminyakan ini buat media transit minyak dari kapal ke pipa bawah laut biasanya.

      Kalau hoby mancing itu tergantung mas, dari kelas 50rb dah lebih dari cukup dapet ikan banyak sampai kelas puluhan juta belum puas

      Kalau saya kelasnya masih ratusanrb aja, kelas masih mencari ikan

      • Di deket kosan saya di Bandung sini, Mas, ada sebuah kali cukup lebar, tapi gak seberapa dalam. Dulu saat musim kemarau itu kali bolak balik kering tapi entah gimana beberapa hari kemudian sudah terisi air kembali.

        Nah, di kali itu sering dan banyaaaak sekali orang2 mancing di sana. Entahlah saya gak pernah mampir dan melihat pada ngapain mereka di sana. Yang pasti mereka betah berlama-lama di sana nunggu kail pancingnya termakan ikan. 😀

        • Di situ berarti banyak ikan mas, aku juga gak seneng mancing di air daratan, pakai acara nunggu soale. Beda sama laut. Ikanya banyak gak mbosenin

        • Nah nanti malah sembuh mas mabok lautnya… dulu saya juga gitu tapi setelah melewati fase mabok sampe gak bisa bergerak ntar gak akan mabokan laut lagi…
          fase 1 = mabok laut muntah-muntah
          fase 2 = muntah-muntah sampe yang kecut keluar
          fase 3 = muntah-muntah sampe habis isi perut
          fase 4 = muntah sampe yang gak ijo keluar
          fase 5 = lemes bules gak bisa ngapa-ngapain

          pada fase ini akan terjadi pasrah sama kondisi laut, badan dan jiwa akan mengikuti irama laut, termasuk penyesuaian terhadap ombak dan goncangan kapal. lewat masa ini akan tahan banting mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s