Inilah hal-hal ajaib yang biasanya terjadi ketika pergi memancing !


Ini pengalaman saya dan juga saya kumpulkan dari pengalaman temen-temen saya soal memancing. Ada sering terjadi hal-hal yang kurang masuk akal atau kurang bisa diterima ikhlas.

1. Dalam satu rombongan biasanya ada 1 orang yang oncos / gabol / gak dapet ikan sama sekali.

Ini pernah saya rasakan banget, buka cuma sekali tapi berkali-kali. Di saat yang sama, spot yang sama, kail yang sama, umpan yang sama dan perahu yang sama. Kail temen bolak balik disamber ikan dan kail saya nganggur terus.

Bukan masalah teknik, bukan masalah nggak ngerti umpan dah dimakan ikan, bukan masalah di bawah air gak ada ikannya, tapi ini masalah nasib. Bukan juga masalah dia itu pemancing pemula atau pemancing senior atau yang sudah bertahun-tahun mancing. Ini adalah soal nasib.

2. Sekali orang yang gak suka mancing ikut nge-trip mancing, biasanya akan langsung keranjingan mancing

Bagian yang ini menjelaskan juga urutan mengapa seseorang jadi hoby mancing, berikut step by step sesorang jadi suka mancing. Orang-orang yang sskarang hobi mancing, itu sebagian besar awalnya nggak suka mancing. Mereka dan termasuk saya adalah orang yang kena racun atau diracuni pemancing lainnya.

Stadium 1
Awalnya iseng diajak mancing ke laut, habis itu di laut pertama kali pegang joran, bahkan muter reelpun belum bisa. Habis itu strike terus dan pulang jadi besoknya pengin lagi.

Stadium 2
Trip kedua sebaliknya, nggak dapet apa-apa alias oncos alias gabol alias nganggur. Semakin penasaran dan mulai sadar diri kalau dirinya adalah pemula, peralatan belum punya, skill gak ada dan masih numpang saja.

Stadium 3
Trip ketiga bawa pancing beli sendiri, kemudian sadar lagi kalau peralatan masih kurang dan belum banyak. Terpukau dengan peralatan senior yang sudah komplit dan wah sekali. Pada tahapan ini mulai sering ribut dengan wanita…. ngakuu yaaa

Stadium 4
Bertambah lagi semangatnya, keliling toko pancing sana sini, beli ini dan itu agar bisa seperti para senior yang sudah lengkap peralatannya. Setelah itu rajin cari kenalan sesama pemancing untuk bisa ngetrip bareng.

Dan di sinilah puncak keributan dengan wanita paling tinggi. Pokonya pergi mancing, istri ngebolehin atau tidak pokoknya berangkat, dapet ikan atau tidak yang penting berangkat.

Stadium 5
Sudah mulai kehabisan modal, planing mancing sudah mulai teratur. Sudah nggak ribut lagi sama wanita, bahkan sekalinya berangkat mancing didoakan agar selamat dan pulang bawa ikan. Oh indahnya….

Stadium 6
Wis pokoke peralatan dah punya, sama istri sudah gak masalah, sudah punya banyak sahabat sesama angler. Pergi ngetrip itu hal yang tinggal nunggu waktu aja. Tahapan ini sudah merasakan brotherhood para angler itu luar biasa menyenangkan.

3. Dalam satu waktu kondisi akan terbalik, junior yang akan strike terus dan senior ikut bergembira saja

Ini sering terjadi. Dan saya bahkan 2 kali mengalaminya bahkan dengan seorang yang sudah belasan tahun memancing, atau bahkan seorang yang sudah kenyang pengalaman di laut. Dan hanya nasiblah yang bisa menjawab pertanyaan ini mengapa bisa terjadi.

4. Minum kopi di tengah laut itu rasanya nikmat banget, beda banget kalau minum di darat

Kalau ini kayaknya khusus saya deh, entah temen-temen angler yang lain merasakannya juga atau tidak. Suatu hal yang indah adalah ketika di tengah laut sedang dalm kondisi panas, dalam kondisi lelah berkeringat tiba-tiba disuguhi segelas kopi hangat. Luarrr biasa nikmatnya. Terimakasih buat pak ketua KMMC yang telah ngajak dalam tripnya sehingga bisa merasakan segelas kopi itu nikmatnya luar biasa.

Okeh, itu sekilas hal-hal seru yang aku rasakan cukup ajaib buat saya yang dalam memasuki tahap stadium 5 sebagai seseorang yang hobby mancing.

Iklan

3 pemikiran pada “Inilah hal-hal ajaib yang biasanya terjadi ketika pergi memancing !

  1. Suka mancing ya Mas :hehe. Bagus sih, tapi saya kurang begitu suka mancingnya, soalnya saya cepat bosan, paling saya foto-foto di tengah laut saja, pasti pemandangannya spektakuler. Kalau sudah piawai mancing boleh juga tapi ya, bisa bawa ikan buat kebutuhan keluarga :haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s