Semakin susah cari dan membeli barang kualitas asli !


Barusan saya menerima barang yang saya beli online di online store besar di indonesia yang lebih terkenal jualan smartphone. Saya beli sebuah set samsung earphone dengan harapan itu adalah asli. Tapi rupanya sekarang itu semakin susah cari dan membeli barang kualitas asli !

Sampai di tangan aku sudah curiga koq teksturnya kasar dan kaku. bentuknya juga nggak smooth. Kemudian suaranya aku coba dan bener cempreng deh. Dan kabelnya kaku banget nggak lentur seperti bawaan kalau beli smartphonenya. Whaaa barang kw koq dijual di sana yah ?

Ini mungkin karena salahku juga kurang jeli mbaca akal-akalan orang. Pada harga tertera sekian ratus ribu dan sedang ada program diskon besar. Yaaa aku kira memang diskon beneran.

Curiga dengan program diskon besar !

Dan saya sekarang jadi curiga dengan program diskon seperti itu. Yang tertera adalah harga barang asli yang memang mahal, tapi di dipoles dengan diskon sekian puluh persen sehingga harga murah. Tapi yang dijual adalah adalah barang kw yang memang harganya murah.

Kesimpulan saya diskon besar itu malah harus dicurigai, tetapi banyak pembeli yang malah terjebak di sini. Melihat diskon lebih dari 50% untuk sebuah jenis barang, secara itung-itungan modal dan keuntungan maka nggak mungkin kalau itu adalah barang asli.

Celakanya kalau harganya tidak sedang diskon dan yang dijual tetap barang kw, maka sangat merugikan. Dan Semakin susah cari dab membeli barang kualitas asli karena para pedagang besarpun nggak memperhatikan hal ini.

Cara mengenali barang asli dan barang kw atau palsu di toko online !

Memang susah karena kita nggak melihat barangnya secara langsung, tapi paling tidak hal-hal berikut ini bisa mengurangi resiko tertipu dengan barang palsu ketika belanja secara online.

  1. Hindari barang yang dijual dengan diskon besar.
    Ada barang dengan diskon lebih dari 50%, kalau yang dijual adalah barang asli, maka pihak penjual itu berani rugi. Mereka tetap memberikan diskon 50% memperbesar yang dijual adalah barang palsu yang memang harganya lebih murah.
  2. Belilah barang yang dijual langsung oleh pemilik toko online
    Usaha toko online salah satunya adalah mempertahankan nama baik. Jika terjadi barang palsu maka itu mereka sama saja bunuh diri. Jika barang palsu itu dilakukan oleh mitra atau sub toko atau agen atau afiliator atau dropshipper mereka, toko online tidak sepenuhnya mendapatkan kebencian dari pembeli.

    Jadi cenderungnya barang-barang yang dijual langsung oleh pemilik toko online itu lebih besar kemungkinan adalah barang asli. Dan sebaliknya yang dijual oleh afiliator / dropshipper lebih besar kemungkinannya adalah barang palsu.

Intinya hati-hati belanja online itu harus hati-hati. Nah semoga temen-temen yang membaca tulisan ini tidak mengalami apa yang saya rasakan kemarin ketika membeli sebuah earphone secara online. Kasus yang saya alami adalah

Iklan

4 pemikiran pada “Semakin susah cari dan membeli barang kualitas asli !

  1. Postingannya kepotong Mas :hehe :peace. Waduh, pengalaman yang tak menyenangkan banget. Memang sih kita mesti teliti, tapi di belanja online, pasti ada sedikit rasa “kucing dalam karung” ketika kita berbelanja, kan. Jadi, yah… setelah semua antisipasi itu (ingat, setelah semua antisipasinya ya), ketika kita masih sial, mungkin itu memang Tuhan membersihkan harta kita. Semoga semua orang yang menipu mendapatkan ganjaran. Saya sih berdoa seperti itu saja :hehe. Habis, mau ditukar juga tak bisa kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s