Ini lho buah jeruk yang dimakan itu kulitnya, bukan isinya ! Nggak percaya ?


Selama ini Anda ngertinya kalau makan buah jeruk itu selalu isinya, kulitnya tidak dimakan. Nah kalau ketemu buah jeruk yang ini bisa salah makan, karena yang dimakan adalah kulitnya, bukan isinya. Ini penampakannya:

image

Nama jeruknya bermacam-macam, ditempatku namanya jeruk keprok, entah daerah lain. Bahasa yang baru dikenal orang adalah jerpaya (jeruk pepaya) karena buah jeruk ini mirip sekali dengan pepaya. Kulitnya tebal, bentuknya seperti pepaya, tapi aroma dan strukturnya adalah jeruk.

image

image

image

image

Cara makannya ya bukan isinya, biasanya dibuat untuk rujakan atau lutis. Kulitnya dikupas sampai ijo-ijonya bersih karena rasanya kecut dan getir sekali sama seperti rasa kulit jeruk pada umumnya, nanti tersisa kulit dalam warna putih. Tinggal di cocor ke sambal rujak atau lutis.

image

image

Soal rasa, kulit jeruk ini seger sekali dan teksturnya mirip sekali ketika makan bengkowang. Sedikit rasa kecut dan dan masam, jika dimakan tanpa sambal lutis. Kalau isinya sebenarnya bisa dimakan tetapi lamaaa sekali nunggu bener-bener mateng dan itupun kecil sekali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s