Ternyata Google menyimpan username dan password login website apapun milik kita !


Pagi ini aku mencoba buka-buka tampilan lain browser chrome di smartphone baru…. (cieeeee yang hpnya baru….. ). Jika biasanya buka browser itu langsung ketik alamat, dan browsing, ini aku mencoba buka-buka menu lainnya. Kaget dan nggak terima, tapi yaa ternyata sudah berlangsung lama sekali.

Ternyata google menyimpan username dan password login kita

Alasan yang disampaikan jelas untuk mudahan akses, dengan model “sync data” maka semua perangkat atau device yang menggunakan account google akan sama. Atara pc, tablet sampai hp.

Ini contohnya saya buka dari menu “Recent Tabs”

Semua password yang pernah saya gunakan di browser chrome tampil semua, dari mulai pc, tablet, kamera, hp yang lama … nggak cuma google account, tapi juga website lain seperti facebook, login perangkat jaringan kantor, login internet banking bahkan login wifi. Semua password disimpan di server google.

image

Itu buktinya adalah screenshoot yang aku ambil hari ini, history akses website yang perna aku kunjungi kebawa semua. Kalau cuma alamat aksesnya gak masalah lah, lha ini sampai username dan passowordnya… parah banget dah….

image

Itu situs facebook yang aku pertama akses di hp baruku. Sudah ada isian username dan password. Dan ketika aku coba klik tombol “perlihatkan” benar isinya adalah password saya. Artinya google menyimpan data-data user password user ke server dia. Walau yang mereka katakan akan selalu untuk kemudahan dengan mekanisme sinkronisasi data. Tapi aku sepertinya merasa di sadap secara tidak langsung.

Walau “over https” juga tetep ke sadap

Ini juga merubah pandanganku tentang https yang akan mengenkripsi data, tetapi tetap kesimpan tuh sama google.
Aku kira dan sangat yakin jarang banget yang ngeh akan akan hal ini, kalau ada paling perasaan pasrah mau gimana lagi orang sudah ketergantungan sama google.

Yang aku pikirkan adalah kalau aku seorang google dan ingin tau pasaword apapun dari seseorang, maka hal yang sangat mudah bagiku karena datanya tersimpan di serverku.

Memang sih sepertinya belum ada kasus dalam masalah ini. Sepertinya google menggunakan data itu sesuai dengan tujuannya untuk mempermudah akses menggunakan smartphone android.

Solusinya bagaimaana agar jika sampai username dan password tersimpan di website orang ?

Ini yang saya juga lagi mikir, ganti password sesering mungkin, aduh capek banget dan rawan lupa. Atu jangan gunakan browser google chrome, rasanya cuma chrome yang agak baik sekarang ini.

Iklan

3 pemikiran pada “Ternyata Google menyimpan username dan password login website apapun milik kita !

  1. Iya biasanya orang jarang yang memperhatikan. Orang banyak yang senang karena merasa ngga perlu repot lagi mengisi username dan password. Baca lebih banyak informasi dan berita hari ini sindonews.com untuk tahu lebih banyak soal update teknologi dan topik-topik lainnya. Nice artikel! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s