Foto dan gambar ikan kerapu batu – Tangkap dan Lepaskan !


Saya sering mendengar tentang yang namanya ikan kerapu. Sebuah jenis ikan yang menjadi menu terkenal juga di restoran karena rasanya yang enak. Dan sudah beberapa kali saya merasa bisa menangkap ikan ini tapi ternyata bukan. Dan pas mancing di cilacap kemarin saya bisa strike ikan jenis kerapu walau ukurannya kecil.

Ini dia ikan kerapu batu, kulitnya keras sekali dan siripnya besar-besar !

image

Jauuuh sekali berbeda dengan ikan konsumsi yang ukuran sirip sama badannya itu lebih besar badannya, siripnya kecil. Ikan kerapu batu yang hisup di dasaran ini seperti hampir nggak ada dagingnya, hanya sirip dan kulit saja yang keras.

Trik memegang badan ikan kerapu batu !

image

Saat memegang ikan kerapu batu ini saya megangnya harus hati-hati sekali karena ada duri di belakang kepala yang beracun, kata orang pedih banget kalau ketusuk atau tergores. Ikan kerapu batu rasanya kasar banget dan keras.

Cara memegangnya adalah dari bagian belakang siripnya pada perutnya, jangan pada bagian kepalanya karena badannya kan dikibaskan dan bisa melukai tangan. Kalau dipegang bagian antara badan dan leher (belakang sirip) ikan ini akan susah bergerak.

Eksotisme pada tubuh ikan kerapu batu !

image

Tetapi di balik badanya yang keras dan kasar seperti itu tersimpan keindahan yang luar biasa. Sebuah desain yang maha hebat bisa membuat bentuk yang sangat simetris, lentur dan mudah bergerak dalam kulitnya yang kasar. Ikan kerapu batu ini walau sirip-siripnya besar dan kokoh tapi sepertinya kurang lincah untuk bergerak cepat

image

Kalau dilihat dari dari sisi bawah, bentuknya simetris banget. Kepala besar dan badan yang ramping sekali dengan sirip yang besar. Desain tubuh ikan kerapu batu itu kuat untuk bertahan di dasaran walau pada arus air yang kuat, tapi bukan untuk menjadi pelari kenceng.

Predator ikan kerapu batu !

Aku yakin, selain manusia predator ikan kerapu batu ini sangat sedikit atau hampir nggak ada. Ikan predator yang mencaplok ikan kerapu batu ini bakal nyangkut di mulut, atau bahkan sobek mulutnya. Dan saya menjadi berfikir ikan kerapu batu ini juga tidak didesain untuk di makan oleh manusia kecuali ukuranya sudah besar sehingga antara kulit dan dagingnya sudah banyakan dagingnya.

Iklan

5 pemikiran pada “Foto dan gambar ikan kerapu batu – Tangkap dan Lepaskan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s