Rock Fishing @ Karangbata, Menganti, Kebumen Februari 2016


Semakin saya serius ke dunia mancing, ternyata memancing ikan itu tidak sekedar merakit kail, memasang umpan dan menunggu strike dan mendapatkan ikan. Ada hal yang ternyata masih di luar jangkauan saya sekarang ini. Salah satunya adalah rock fishing yaitu memancing di bibir pantai dengan kondisi banyak bebatuan karang.

image

image

Mancing di lokasi seperti ini membutuhkan hal yang lebih mulai dari stamina harus ok, peralatan mancing yang lebih mahal, keahlian memancing khusus serta informasi cuaca yang lebih akurat. Ini pengalaman saya rock fishing di pantai karang, daerah kebumen.

Waktu terbaik rock fishing di pantai karangbata, menganti, kebumen

Kata orang sini, ikan akan lebih bagus kalau malam dibandingkan siangnya. Tetapi saya dan rekan-rekan dari KMMC Cilacap dah niat siang ke sana. Perjalanan kami mulai dari meeting point di masjid pantai Ayah.

Kemudian kami konvoi motor menuju pantai menganti, jalanan naik turun dan belak-belok kadang curam. Banyakan pakai gigi rendah kalau mau ke sini. Pakai motor matic, jangan harap kalau boncengan bisa kenceng larinya.

Sampai di pantai kami sebenarnya sudah merasa puas dengan alam pemandangan yang bagus dan menawan sekali. Perasaan kami sudah optimis dengan melihat spot-spot mancing yang menurut kami di sanalah sarang ikan-ikan predator seperti GT berada.

Teknik mancing di pantai menganti kebumen

Sebagian besar para angler berasal dari sekitar lokasi, mereka lebih senang mancing konceran dengan umpan udang mati. Targetnya adalah ikan-ikan karang. Selain itu mancing menggunakan ikan mati dipotong-potong, targetnya adalah ikan layur atau cendro.

Kalau kami mancing dengan teknik casting minow, rapala dan spoon. Walau dibibir pantai tetapi kedalaman air cukup dalam ada 5 meteran. Dengan joran casting dan popping kami melempar umpan ke tengah, tenggelamin sebentar baru tarik.

Spot mancing di sekitar pantai menganti kebumen

Pantai Menganti:

Ada beberapa spot yang bisa kita coba untuk mancing. Spot pertama persis di pantai mengantinya, menggunakan joran panjang, pelampung dan umpan udang mati dilempar ke tengah. Ikan bojor atau cendro biasanya akan nyoot.

Karang Kanan Pantai Menganti:

Batu karang di sebelah kanan pantai menganti juga bagus buat memancing. Dengan berdiri di bebatuan karang yang kadang terendam air, kita bisa lempar umpan di antara batu-batu karang. Harus pakai pelamung agar umpan tidak nyangkut ke dasar. Strike ikan di sini biasanya ikan kerapu dan japu/belanak.

Spot Pedudulan:

Spot inilah yang paling ramai para angler datang memancing. Ini adalah bibir pantai berupa batu karang yang tinggi. Lokasi karang persis sebelah kiri atau selatan pantai menganti. Dengan kedalaman bibir pantai bisa mencapai 5 meter.

image

Strike pertama kami dapat adalah blue GT, ikan ini termasuk jarang nongol karena selama ini lebih banyak GT Putih atau GT Hitam. Kami makin semangat melempar umpan karena ikan ini biasanya rombongan.

Spot Longkrang:

Setelah puas casting di karang pedudulan yang paling dekat dengan menganti, kita bergeser lebih ke selatan lagi. Di sini karang lebih luas dan menghadap beberapa buah batu karang besar di laut. Kembali lagi kita melakukan casting di sini.

image

Strike berikutnya adalah ikan-ikan karang seperti kerapu. Casting masih boncos karena air angsur dan ombak sangat kacau. Air yang tadinya biru bening menjadi keruh dan berbuih.

image

Sisi lain mancing di menganti, rawan jadi idola gadis-gadis yang sedang wisata

image

Dan setelah saya ceritakan mengenai trip di karangbata, berikut saya share mengenai apa saja yang harus kita siapkan ketika masuk ke dunia rock fishing.

Stamina Harus OK dan Fit

Diakui oleh siapapun, rock fishing lebih melelahkan dari siapapun. Dari lokasi kendaraan bisa parkir sampai lokasi mancing itu harus naik turun bukit di dekat karang. Habis itu harus naik turun batu karang yang terjal dan berbahaya.

Kalau jatuh terpeleset di tanah atau bebatuan biasa itu nggak ada apa-apanya dibandingkan kalau terjatuh di sini. Minimal itu kulit sobek, bukan lagi lecet. Dan yang pasti memar di banyak tempat. Karena batu karang itu lanncip-lancip sekali permukaanya dan kadang licin.

Iklan

2 pemikiran pada “Rock Fishing @ Karangbata, Menganti, Kebumen Februari 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s