Tips ringan dan simpel menjaga kesehatan bagi orang yang jarang olah raga !


Tulisan ini saya buat karena ada komplain dari seorang sahabat saya, erwindombos.web.id yang sepertinya nggak terima dengan cara hidup saya yang banyak nggak sesuai dengan rumus para pakar kesehatan. Menururnya saya itu orangnya nggak pernah olah raga, makan apa saja, sering begadang. Dan dia komplain mengapa dia yang rajin olah raga, makan teratur, tidur teratur malah sering sakit dan saya tidak seperti itu.

Dan berikut ini dalam tulisan panjang ini saya akan share sesuatu yang logis mengenai Tips ringan dan simpel menjaga kesehatan bagi orang yang jarang olah raga !

Ini yang aku lakukan selama ini setelah menjadi orang yang kerjaanya banyak duduk di depan komputer. Saya akui memang yng namanya olah raga jarang sekali saya lakukan. Senam di kantor nggak pernah, joging, lari, fitnes, futsal apalagi. Sepertinya tak pernah saya itu olah raga.  Tetapi saya juga sadar akan kesehatan sekarang dan kesehatan hari tua. Dan dalam rangka itu saya

Berbaik sangka selalu kepada Tuhan yang menentukan kapan seseorang akan sehat dan kapan akan sakit.

Ini yang paling penting, kita harus benarkan keyakinan kita bahwa yang namanya sakit, sehat itu ditentukan oleh Allah, Tuhan kita. Kita hanya disuruh untuk berdoa dan berusaha. Jadi bukan seperti mereka yang meniadakan ketentuan Sang Pencipta ketika menentukan masalah kesehatan. Tetapi seberapa sehat kita itu ditentukan hasilnya oleh Pemilik kita, bukan disebabkan oleh apa yang kita lakukan.

Urutan berfikirnya adalah seperti ini, bahwa Allah memiliki hukum qauniyah dan qauliyah. Hukum qauniyah adalah hukum sebab akibat contohnya api membakar, lapar itu karena belum makan, air menenggelamkan, racun mematikan, bakteri/virus itu mengganggu. Sementara hukum qauliyah adalah kehendak atau ketetapan yang hanya Allah yang bisa. Ketika Allah sudah berkehendak, apapun bisa. Contohnya api tidak membakar nabi ibrahim, seorang bayi selamat walau tertimbun tanah longsor atau hal-hal lain yang diluar hukum sebab akibat.

Yang harus kita lakukan dalam hal kesehatan adalah berdoa agar bisa selamat sehat walafiat selalu. Kemudian berusaha sesuai dengan hukum sebab akibat. Dan hasilnya kita serahkan kepada Allah. Kemudian kita bersyukur atas nikmat sehat yang didapatkan dan bersabar jika kita diuji dengan cobaan seperti sakit. Kita tidak boleh berpikiran bahwa apa yang kita alami atau dapatkan hasil dari sebab akibat yang kita lakukan.

Contohnya nih mereka yang selalu teratur jaga makanan, tetep saja sakit. Mereka yang rajin olah raga tetap aja kena masalah kesehatan. Mereka yang rajin makan, tepat waktu tetap aja kena masalah pencernaan. Orang-orang kaya dengan stok nutrisi yang memadai, malah penyakitnya macam-macam dah biayanya mahal.

Sementara mereka yang hidup di tempat yang ada fasilitas kesehatan secara teori, mereka biasa-biasa saja. Mereka yang makan ala kadarnya, jarang makanan yang bergizi, tetap sehat. Mereka yang lahir dari kalangan miskin ada juga yang anaknya cerdas-cerdas dan sehat, melanggar teori kecerdasan anak itu dari suply nutrisi saat ibunya hamil.

Intinya, sehat dan sakit itu sudah ada yang mengatur, seberapapun kuat usaha kita kalau masanya sakit ya tetap aja sakit. Walau terkena ini dan itu yang secara kesehatan dia akan sakit ya tetap aja sehat. Itulah ketentuan Tuhan buat manusia yang harus diyakini.

JIKA URAIAN DI ATAS ADALAH PEGANGAN JIWA KITA, DOA KITA, MAKA BERIKUT INI USAHA SEBAB-AKIBAT YANG BISA KITA LAKUKAN:

Hindari makanan dan minuman pabrikan

Hah ? Nggak salah tuh ? Emang kenapa makanan pabrikan ? Emangnya Haram ? Emangnya bikin sakit ? Emangnya beracun ?

Awalnya Tidak ada yang salah dan bermasalah dengan makanan pabrikan, tetapi ternyata makin hari makin banyak para produsen makanan yang menggunakan  bahan-bahan tidak sehat untuk membuat makanan itu menjadi murah dan berkualitas. Digunakanlah bahan-bahan kimia berbahaya untuk mewarnai agar menarik, mengawetkan sampai membuat tampilanya menarik.

Dimanapun orang pasti setuju, kalau mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dalam hal ini bukan berarti mengharamkan makanan pabrikan, tetapi karena tidak tahu dengan pasti kandungan di dalamnya, maka ketika kita ragu terhadap makanan pabrikan, dalam Islam ajarannya adalah kita dianjurkan untuk meningggalkannya.

Perbanyak makan sayur dan buah

Makanan sekarang, orang pada makan yang diutamakan adalah asal rasanya enak dan kenyang. Urusan sehat atau tidak, gizinya cukup atau tidak itu hanya satu dua orang yang berfikir sampai sana. Atau juga yang habis baru seminar kesehatan, niat untuk mengubah pola makan berubah seketika. Tapi banyakan ya kebentur sama kondisi dimana adanya makanan ya itu-itu saja.

Tukang sayur tiap hari jualannya itu-itu saja, boleh mengulangi survey saya kalau nggak percaya. Tukang sayur itu bawanya kurang lebih seperti berikut, kalau sayir cuma kangkung, sawi ijo, sawi putih, kacang panjang, bayam, kacang buncis, wortel, tomat, labu. Kalau bumbu cuma bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, pala, bumbu jadi. Kalau daging cuma ayam, ikan di es, udang es, tetelan sapi.

Kalau buah itu jarang sekali bawa dan mengikuti harga murah. Kalau lauk paketan biasanya cuma sayur asem dan sop dari kumpulan sayur-sayur jelek yang masih sayang untuk dibuang. Selain itu juga penyedap rasa pabrikan. Kita bisa pesan ini dan itu tetapi ya nggak akan betah tiap hari pesan karena menjadi ribet dan harganya lebih mahal.

Bertahun-tahun seperti itu, saya yakin yang mengalami seperti saya yang bosan dengan masakan kombinasi dari itu. Tapi pelariannya kebanyakan bukan ke makanan yang sehat, tetapi ke yang rasanya enak-enak dan gurih. Yang dibuat hanya untuk rasa dan selera. Dan masalah kesehatanpun bertambah

Hindari makanan cepat saji

Usahakan selalu happy pikirannya

Jangan makan teratur

Hindari makanan atau minuman suplemen.

Jangan takut sama cuaca, hujan, panas, angin, biarin saja

Dapatkan tidur yang berkualitas

Pijat Refleksi untuk kesehatan

Jika sakit, utamakan obat-obatan alami dulu, baru obat pabrikan

Jadi ya seperti itu saya selama ini, hampir semuanya adalah menghindari yang nggak alami. Prinsip saya hidup alami itu lebih baik dn sudah dibuktikan oleh orang terdahulu. Umur mereka panjang dan sudah tua tetap sehat. Beda sama orang apa-serba instan, masih muda sudah komplikasi. Masih muda minum obat generik nggak ada efek.

Memang obat alami itu tidak cespleng menyembuhkan tidak seperti obat kimia yang bisa langsung kerasa efeknya. Contohnya penyakit tipes yang sya mengalami sendiri obat cesplengnya itu sehari dua hari bisa sembuh dan pulih. Tapi kalau obat alaminya bisa lama.

Dan tulisan ini aku buat pas juga aku lagi sakit, dengan sebab saya terlalu memforsir tenaga untuk mengejar penyelesain kerjaan. Di sana berlaku hukum sebab akibat yaitu tubuh yang dipaksa, stamina akan bermasalah. Dan itu yang terjadi sama saya.

Iklan

5 pemikiran pada “Tips ringan dan simpel menjaga kesehatan bagi orang yang jarang olah raga !

  1. Almost agree with you.

    All depend on your mind.
    “once you replaced negative thoughts with positive ones, you’ll start having positive attitude”

    Tapi, olahraga dong.. Joging/renang mah seminggu sekali, biar stamina kuat & jantung sehat. Hehehehe

    Kan kata Rasulullah, “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR.Dailami).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s