Resep cara memasak kepiting rajungan gurih


Banyak sekali cara untuk menjadikan rajungan sebagai hidangan enak dan menarik. Dari kelas langsung makan diolah rumit sekali. Dan tulisan ini tentang memasak rajungan super gampang, bumbunya cuma garam tetapi rasanya enak dan gurih.

1. Bersihkan cangkang dari lumut atau kotoran yang menempel

image

Sebagian tubuh kepiting akan ditempeli oleh kotoran seperti lumut atau lumpur yang secara alami akan menempel di sisi bawah tubuhya di dekat kaki-kakinya. Pakailah sikat gigi bekas untuk membersihkannya agar sampai ke seluruh bagian sela tubuhnya

image

2. Rebus kepiting menggunakan air garam.

Perbandingannya 3 ltr air 1 sendok makan garam. Tujuannya bukan rasa asin bisa meresap ke dalam tubuh kepitingnya, tetapi untuk memberi rasa asin pada cangkangnya kalau kepaksa harus di cucup tulangnya.

Setelah matang yaitu seluruh badannya menjadi merah orange, angkat dan langsung masukan ke air dingin. Setelah dingin selanjutnya adalah membersihkn bagian dalam kepitingnya yaitu dengan cara dibuka cangkangnya atau tempurungnya.

image

Setelah ini buka cangkang, bersihkan jeroannya pakai air dingin dan kalau bisa pasang lagi cangkangnya agar tetap menarik. Nggak puas rasanya makan rajungan sudah nggak utuh tinggal kaki-kakinya saja.

image

Setelah dibersihkan panggang kepiting dalam teflon panas tanpa minyak sama sekali. Tujuannya untuk mengeringkan air hasil pembersihan tadi. Sampai di sini kepiting rajungan ini sudah siap untuk dimasak apapun.

3. Tumis menggunakan margarin

Setelah yakin kering selanjutnya adalah memberikan rasa gurih kepada kepiting rajungan. Caranya panaskan dan lelehkan margarin secukupnya kemudian pastikan setiap baguan badan rajungan terkena margarin cair.

4. Tinggal dimakan

Nhaa ini hasil akhirnya, kepiting rasa gurih. Siap untuk dimakan dengan renyah, bersih dan tinggal antara cangkang dan daging rasa gurih saja.

image

Resep sederhana ini aku karang sendiri bersama keluarga di rumah. Kemudian acara selanjutnya ya makan kepiting ini ramai-ramai sambil mengajari pada si kecil tentang cara praktis mengmbil daging kepiting yang ada di dalam cangkang kaki atau capit atau bagian dadanya…

Nyammmmm… nyummmyy….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s