Mancing – Ngotrek ikan selar, gembung, tanjan, amping dan benthongan di Krundung, Cilacap


Tidak selamanya bahagianya mancing di laut itu ketika mendapatka ikan yang besar-besar. Ikan yang kecil-kecil juga punya porsi tersendiri. Itu saya rasakan banget ketika mancing ikan gurih … iya ikan gurih menurut saya untuk senis selar dan gembung.

Mancingnya berbeda dengan memancing ikan pada umumnya yang menggunakan sebuah mata kail dengan dipasangi umpan. Mancing ikan sejenis gembung atau selar ini lebih dikenal denan istilah ngotrek. Ini video saya mancing ikan dengan cara ngotrek. Atau di daerah lain istilahnya adalah rawai.

Hanya dengan menggunakan kail dalam jumlah banyak dalam satu rangkaian benang / senar. Targetnya adalah ikan pemangsa level 2 yang akn tertarik dengan benda kecil mengkilap dalam air. Sekali narik kail bisa 5 atu lebih ikan akan naik. Menyenangkan sekali karena tidak perlu pakai menunggu lama.

image

Itu hasil saya mancing, alhamdulillah bisa ratusan ekor dalam waktu yang tidak lama. Ikan berukuran 2 sampai 3 jari ini harus secepatnya di masukan ke kotak pendingin dikasih es karena cepet banget mati. Isi perutnya cepet sekali keluar dan mengotori lainnya kalau tidak didinginkan.

image

Nah itu dia ikan selar, ikan yang menurutku paling laris diolah oleh siapapun dalam berbagi menu. Mulai dari cuma digoreng, dibalado, bumbu kuning, kari dan lainnya. Kalau saya paling suka di bumbu kuning.

image

Jenis ikan lain yang bisa dipancing dengan teknik kontrekan ini adalah keluarga ikan gembung, ikan selar, amping, tanjan dan sejenisnya. Seperti foto di atas ada sekitar 5 jenis ikan yang aku bawa pulang. Oh iya Jenis ikan gembung sendiri ada beberapa.

Yang perlu di waspadai saat melepaskan dari kailnya adalah yang warnanya agak kebiruan (bluefin) karena siripnya yang sangat tajam dan sakit sekali kalau meluki tangan.

Lokasi mancing ikan selar, ikan gembung, ikan tanjan di Cilacap

Ikan jenis ini suka hidup berkoloni di sekitar tempat yang ada karang tinggi atau rumpon atau apa lah yang mereka bisa memutar mengelilinginya. Kalaubi cilacap, lokasi favorit mereka ada di single buoy pembatas perairan yang bisa dilalui kapal.

Lokasi:
Orang cilacap menyebutnya kundung yaitu tabung besi terapung yang dibawahnya ada rantai besar. Nah disitulah ikan-ikan keluarga ini banyak ditemukan. Kita tinggal meminta kepada nelayan atau tekong yang membawa perahu ke krundung.

Teknik:
Tinggal lepaskan kail kotrekan dan siap-siap narik ikan dalam jumlah banyak. Siapkan juga tang atau gunting kecil untuk memudahkan mengambil kail dari mulut ikan.

Waktu:
Jam makan ikan ini kebanyakan saat pagi, jadi kalau kesingan hasilnya kurang maksimal. Atau juga sudah keduluan sama yang lain. Asyiknya memancing teknik ini kalau mendapatkan krundung yang masih sepi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s