Memancing, Cara praktis membersihkan dan Membuat Ikan Baronang Bakar


Ikan baronang memiliki keistimewaan tersendiri di kalangan angler seperti saya. Sehingga banyak angler yang jatuh hati dan berburu ikan ini. Sebuah kebanggaan sendiri bisa memancing ikan baronang.

Ikanya gak seberapa besar tapi tarikannya kuat sekali. Mulutnya yang kecil sekali menantang para angler untuk bisa memancingnya. Durinya yang sangat beracun sering melukai para pemancing, sakit luar biasa banget rasanya. Rasanya sangat enak untuk di bakar.

image

Cara Terbaik Memancing ikan baronang

Tergantung habitat ikan baronangnya, jika di pinggiran dia sukanya makan lumut, mancingnya pakai garong dan lumut.

Kalao di lautan lepas yang banyak karangnya, reef, pakai udang atau kerang juga mau, saya kemarin mancing ikan baronang pakai kotrekan bahkan.

Lihat foto di atas, itu dia ikan baronang, ikannya tipis, tidak bersisik, tetapi duri-durinya ampuuunnn… tajam, runcing, dan beracun sekali.

Cara memegang ikan baronang dengan aman

Jangan sampai salah pegang kalau ikannya masih hidup, kibasan badannya bisa mengenai kulit. Walau kena sedikit tapi sakitnya aduuhhh… sampai kenyut-kenyut ke hati… sakit banget pokoknya.

image

Nhaa ini dia ikan baronang tangkapan pancing saya… sedang saya cuci. Harus hati-hati sekali megangnya jangan sampai mleset di tangan. Bisa ketusuk durinya… butuh 15 mennitan untuk guling-guling nangis merasakan sakitnya.

image

Cara membersihkan ikan baronang

Yang paling utama adalah membersihkan durinya. Pakailah guning yang tajam untuk membersihkan semua durinya yang atas dipunggung dan di bawah perut.

Kemudian isi perutnya, jangan sampai pecah empedunya karena akan membuat pahit semua dagingnya karena baronang adalah utamanya adalag pemakan tumbuhan jadi pahit empedunya.

Cara membuat Ikan Baronang Bakar

Ikan baronang paling enak adalag di bakar. Dengan cara apapun, ikan baronang enak sekali rasanya. Di bawah ini cara saya membakar ikan baronang.

Bumbu bakar ikan baronang,

Bawang merah, bawang putih, kunyit,  kemiri, jahe haluskan dengan cara diulek bareng margarin.

Bakar ikan baronang

Oleskan bumbu ke ikan baronang yang sudah dibersihkan. Bakar di atas sarangan panci seperti gambar di bawah ini. Pelan-pelan mbolak-balik ikan ketika membakar agar nggak rusak kulitnya.

image

image

image

Inilah ikan baronang bakar saya, sudah mateng dan sudah siap di makan. Rasa daging bakarnya yang manis, bumbunya yang sedikit gosong asin gurih oleh margarinnya. Sedikit seperti kesan digoreng menjadi lebih gurih.

Iklan

6 pemikiran pada “Memancing, Cara praktis membersihkan dan Membuat Ikan Baronang Bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s