Ikan Pethek, ikan kecil pinggiran yang rasanya sangat gurih


Sepertinya sudah menjadi kebiasaan kalau aku kudu nyetok ikan segar di kulkas sekarang. Karena mikirin kondisi bahan makanan yang sehat sekarang cukup susah (baca tulisanku tentang susahnya mencari bahan makanan sehat). Dan karena semua suka ikan, dan saya juga suka mancing. Ada inline condition kayaknya he he he…

Tapi bagaimana jika sedang tidak bisa memancing, sedang tidak bisa beli ikan, maka inilah yang terjadi sama saya kemarin. Ikhlas dengan menikmati ikan-ikan kecil yang tersangkut jaring dan tidak diambil oleh orangnya.

Itu bahasa halusnya, yang terjadi adalah aku memunguti ikan-ikan kecil yang dibuang oleh penjaring ikan yang terdampar di panti… hiks tragis sekali.

image

Itu dia ikan-ikannya, ikan tipis seukuran paling 5cm yang kalau ditempatku biasanya dinamai ikan pethek. Ikan yang enak sekali dijadikan ikan asin.

Bukan soal pelit medit bin kikir untuk sekedar beli ikan di tpi, Tapi aku kurang sreg sebenarnya dengan ulah beberapa penjaring ikan yang membuang ikan hasil tangkapnya yang ukurannya kecil.

image

Dibuang begitu saja di pantai tanpa ada nilai sebagi rejeki. Saya temukan dalam kondisi segar jadi masih bisa dimakan. Yaa aku ambilim satu per satu ikan pethek ini.

Aku bersihkan dan goreng kering dengan membuang kepalanya. Aku buatkan sambel korek (cabe rawit merah dan bawang putih serta garam diulek dan disiram minyak panas)…. mmmm nyummy… sekali

image

Prinsipnya masih kalau menikmati ikan hasil pancingan sendiri itu rasanya nikmat sekali. Sekecil apapun ikannya tetep ada rasa enak. Saat sedang tidak bisa memancing, saat melihat banyak ikan… rasanya aduh…. dan tetap kondisi apapun kudu bersyukur, Alhamdulillah…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s