5 Tips memfoto hewan bunglon atau hewan melata lainnya


Mendapatkan foto hewan yang sedang melakukan aksinya itu sebuah anugrah besar bagi seorang fotografer. Momen langka yang harus diusahakan dengan sungguh-sungguh sampai banyak yang sengaja hunting.

Momen hewan sedang melakukan aksi contohnya hewan sedang berkelahi, sedang berenang, sedang memburu mangsa, sedang makan mangsa, sedang kawin, sedang kejar-kejaran atau lainnya. Ini contohnya, seekor bunglon sedang makan belalang dalam kondisi mimikri.

Bahkan ada seorang fotografer yang targetnya hanya burung sedang kawin. Rela menanti bertahun-tahun demi mendapatkan momen ini. Nah berikut tips yang menurut saya bagus untuk mendapatkan momen aksi hewan terutama hewan melata seperti bunglon, kadal, ular dan sejenisnya.

1. Siapkan kamera dengan lensa tele

Lensa tele sangat pas untuk kita bisa dari jauh menangkap detail hewannya. Lensa midle gak akan maksimal untuk ini.

2. Saat pagi atau senja hari 

Waktu pagi atau senja adalah saat hewan-hewan belum memulai aktifitasnya dan saat hewan mengkhiri aktifitasnya. Ketika intensitas cahaya sedikit, hewan-hewan juga akan mengurangi aktifitasnya termasuk sensifitas gerakan. Jadi kita bisa bergerak tanpa membuat mereka reaktif.

Dan juga saat tersebut adalah waktu terbaik untuk memfoto karena intensitas cahaya yang pas buat kamera. Nggak perlu banyak ribet setting tetapi bisa mendapatkan detail yang bagus. Pencahayaan dari alam sedang bagus-bagusnya, tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang intensitas cahayanya

3. Amati area dan tentukan objek

Jangan asal masuk ubek-ubek lokasi, karena momen bagus kadang tak terlihat, hewan-hewan juga tidak akan panik. Nyesel sekali kalau tau ada objek bagus tapi pergi… nyeselnya gak sembuh-sembuh…

4. Pelan-pelan masuk area

Ini untuk menghindari hewan takut, pelan-pelan saja masuk area. Hati-hati dan pelan menuju spot. Jangan sampai pergi dan lari objek foto kita.

5. Jaga jarak aman dengan hewan

Pada prakteknya hewan sangat peka terhadap gerakan, kadang mereka akan pergi setelah melihat kita, apalagi kalau kita bergerak mereka akan lari dan bersembunyi.

6. Ikuti pergerakan hewan dengan sangat pelan

Ketika bunglon yang sedang aku foto tau aku bergerak mendekat, dia lari naik pohon. Dengan susah payah akhirnya aku dapatkan dia lagi dan jadilah foto ini:

Hewan akan merasa diikuti sehingga dia akan mengawasi gerak-gerik kita. Jadi bergeraknya seolah tidak melihat posisi hewannya. Hewan tau kok kalau sedang kita lihatin atau tidak, itu kuncinya.

Iklan

4 pemikiran pada “5 Tips memfoto hewan bunglon atau hewan melata lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s