Ini obat ngantuk paling ampuh ketika nyupir kendaraan


Pernah ngantuk saat bawa mobil atau kendaraan lain ? Oh itu bahaya sekali… Gak ada tempat buat ngaso, rest area masih jauh, gak bisa berhenti sembarang tempat… haduuhh hoaaamm… ngantuk kalii…

Saya pernah meryasakan itu, menderita banget. Di saat mobil-mobil lain cukup kenceng, tidak ada bahu jalan (tol jakarta cikampek arah jkt km 10 sd 20an kaya gini), ada bahu jalan tapi sangat tidak nyaman untuk berhenti, saat titik lelah perjalanan menuju jakarta…. hoaamm..

LOGIKA DASAR MENGAPA BISA NGANTUK SAAT NYUPIR

Otak dan badan tidak banyak bekerja, hanya mata, kaki nginjak gas dan rem, tangan sesekali putar stir. Kondisi ini jika berlangsung lebih dari 1 jam maka akan direspon oleh tubuh sebagi ketenangan. Maka keluarlah hormon yang membuat jiwa tenang dan hasilnya salah satunya adalah ngantuk.

Penyebab lain ngantuk adalah kebiasaan tubuh untuk istirahat tetapi saat nyupir nggak istirahat. Kebiasaab orang jam 10 malam sampai jam 5 pagi adalah tidur. Perjalanan malam pasti melewati jam ini. Tubuh juga akan mengeluarkan hormom endorfin pada saat jam ini sehingga meningkatkan rasa tenang dan kantuk juga.

TIPS MENGATASI NGANTUK SAAT NYUPIR

Sebelum berangkat perjalanan

Tidurlah dengan berkualitas sebelum melakukan perjalanan. Kalau perjalanan pagi tidurlah malamnya, kalau perjalanan malam, jangan terlalu lelah siangnya. Tidur berkualitas adalah nyaman tanpa terganggu, tanpa suara-suara yang membuat nggak tenang. Tidur berkualitas tidak harus lama, yang penting nyenyak dan pulas.

Saat perjalanan dilakukan

Jangan menyupir sendiri, kalau ngantuk datang nggak ada yang mengingatkan dan kondisi ini berbahaya sekali. Carilah teman yang duduk di depan itu yang bisa diajak berbicara asik sehingga nggak ngantuk.

Sediakan cemilan yang mudah dimakan dan tidak menimbulkan sisa sampah di mobil. Makanan akan membantu untuk mata dan otak untuk bekerja lebih dari satu fokus. 

OBAT PALING AMPUH MENGHILANGKAN NGANTUK DI JALAN

Bukan obat atau dopping, tapi ini soal mengendalikan adrenalin. Based on true story, saya mempraktekan hal-hal berikut dan ternyata berhasil menghilangkan rasa ngantuk ketika nyupir

Kejar mobil di depan dan salip

Walau lagi ngantuk, saat berusaha untuk mengejar mobil di depan akan meningkartkan adrenalin, akan membuat tubuh menjadi persiapan untuk gas, rem, stir dan tengak-tengok ke spion lebih kuat lagi. Fokus tubuh menjadi lebih tinggi terhadap keselamatan sehingga akan mengilangkan ngantuk.

Pada saat menyalip pasti nanti ada ngerem dadakaan, ngegas dadakan, belok kanan kiri dadakan. Apalagi kalau mobil di depannya agak susah untuk di salip, akan lebih membuat otak bekerja lebih keras lagi dan hasilnya kantuk akan hilang. 

Cari saingan kecepatan dalam perjalanan

Anggap saja sebagai lawan perjalanan, bukan mencari musuh lho ya. Contohnya gini ada mobil lari kenceng, kejar dan ikuti terus kecepatannya, jangan kehilangan jarak atau dengan kata lain pertahankanlah jarak. 

Dengan seperti ini akan punya fokus lain ketika jalan, yakin deh gak akan ngantuk dan bisa tetap seger dalam perjalanan. Ushakan juga jangan sampai nabrak. Apalagi kalau model jalanannya cukup ramai, kadang kita harus nempel terus belakangnya.

Anggap sedang main game saja

Main game balap mobil atau motor itu menyenangkan sekali dan jarang kita akan ngantuk. Yang ada gregeten kalau kalah dan gak bisa nyalip kendadaraan di depannya. Dan merasa kecewa kalau di salip kendaraan di belakangnya.

Ketika ngantuk anggap saja sedang main game balap. Posisikan selalu nomor satu di depan. Jangan sampai sampai ada yang nyalip. Terus dan terus kejar jika ada mobil di depanya. Anggap saja sedang balapan, maka kantuk akan hilang dengan sendirinya.

KESELAMATAN PERJALANAN KETIKA SEDANG CARI LAWAN

Tidak akan ngantuk karena fokus adalah cari lawan dengan selamat.

Pasti ntar ada salip-salipan, ada ngerem mendadak jika nyalip nggak berhasil, ada perasaan panik jika gagal nyalip tapi kendaraan lain gak ngasih jalan masuk ke jalur lagi, Ada perasaan jengkel jika ada mobil yang nggak mau di salip.

Kalau Anda nggak bisa mengontrol mobil untuk hal-hal di atas maka jangan bawa mobil ke jalanan besar, hanya akan membahayakan diri dan orang lain. Tips yang aku share ini hanya berlaku untuk Anda yang sudah dewasa mengendalikan diri di jalanan.

Iklan

Satu pemikiran pada “Ini obat ngantuk paling ampuh ketika nyupir kendaraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s