Antara Cibitung dan Bitung !


Tak selamanya planing atau rencana itu berjalan seperti yang diharapkan. Seperti yang saya alami saat ini, salah naik bus dengan jurusan yang amat jauh dari tujuan dan sudah terlanjur beli tiket, sudah tidak ada tiket lagi dan sudah jalan cukup jauh. 

Hanya bisa khawatir nanti akan turun di mana dan bagaimana cara kembali ke tujuan awal sementara waktu yang terbatas.

Saya itu dalam perjalanan dari sebuah kota kecil di jawa tengah menuju jakarta. Perjalanan dimulai sore dan sampai pagi hari biasanya langsung berangkat kerja. Tapi saya kehabisan tiket bus jurusan yang semestinya, terpaksa mencari alternatif lain.

Tujuan saya adalah pulogebang, sama penjual tiket saya dikasih tawaran jurusan cibitung. Saya nggak langsung mengiyakan karena masih mikir dari cibitung ke pulogebang masih harus nyambung lagi.

Akhirnya saya iyakan beli tiket itu karena sudah tidak ada lagi jurusan lain yang kosong dan penuh semua. Dan saya bayar, naik bus dan akhirnya saya duduk di bangku. Lega rasanya dan mulailah ngobrol sama penumpang sebelah. Dan kagetnya saya karena ini bus jurusan ke bitung, tangerang arah merak. Aduh laaaa jauh banget… dan aduh gak mungkin beli tiket lain … pasti gak ada, ini saja sya dapet dibelakang sekali.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk tidak usah diambil pusing, jalani saja yang ada sambil menikmati perjalanan. Rugi banget kalau dalam perjalanan itu malah mikir berat. Nikmati aja…

Trus gimaja akhirnya ? Kan salah jurusan ?

Perasanku sih pakai rumus matematika yaitu mencari jarak terjauh dari terminal keberangkatan ke arah kedua jurusan berpisah jalurnya. Aku temukan itu di pintu tol cikopo, dekat cikampek yang jarak tempuh ke tujuanku berarti sekitar 80km lagi. Pas bayar tol aku turun, pokoknya turun dulu, urusan nanti ya setelah turun, yang penting aku nggak bertambah jauh.

Dari pintu tol cikopo aku tanya-tanya dan dapetlah keluar jalan kaki ada 30 menit ke jalur kendaraan umum. Ya sudah, cari angkutan yang ada. Modal berani sama uang pas-pasan, yang penting naik dulu.

Dan usaha yang sungguh-sungguh memang diberi jalan yang hasilnya bagus juga. Saya mendapatkan angkutan ke arah tujuan saya dan bisa lanjut dengan tenang. Perjuangan jam 2 sampai jam 3 membuahkan hasil yang melegakan. Saya tidak terlambat datang ke tempat kerja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s