Siapa saja yang kita kabari kalau mau pulang kampung !


Pulang kampung, hal besar bagi seorang perantau yang telah lama pergi dari kampung halamannya. Di bawah ini urutan prioritas orang-orang yang akan dikabari kalau seseorang akan pulang kampung. Kecenderungan orang akan mengabari sesuai prioritas ini. Pertama adalah keluarga, kemudian tetangga perantauan, jika masih ada adalah rekan kerja dan kemudian sahabat.

Siapa saja yang kita kabari kalau mau pulang kampung !

1. KELUARGA

Kalau ini jelas lah, adalah prioritas pertama. Mereka adalah anak, istri, orang tua dan saudara. Seseorang merantau pasti karena ada alasan keluarga. Baik karena ingin membahagiakan keluarga ataupun karena terusir dari keluarga. Jika keluarga adalah alasan merantau maka setiap ada apapun tentang merantaunya akan diberitahukan ke keluarga.

2. SESAMA PERANTAU

Untuk memberikan kabar bahwa tempat tinggal akan di kosongkan dalam beberapa waktu. Ini penting sekali untuk mereka ngerti kalau kita sedang tidak ada ditempat. Minimal tau bahwa kita pergi sehingga tidak akan dicari. Ada apa-apa dengan yang kita tinggal di perantauan setidaknya bisa diketahui. Hal yang paling sering adalah rumah kosong mengalami masalah karena sama pemiliknya ditinggalkan begitu saja tanpa ada yang tau

3. REKAN KERJA

Biasanya sih pamitan “eh besok aku mau pulang, titip kerjaan yaa” atau “sampai jumlah minggu depan, jangan cari aku ya, sedang pulkam soalnya”. Lebih cenderung untuk urusan yang ditinggalkan selama masa di kampung halaman. Rekan kerja mendapatkan prioritas untuk diberitahu agar kalau ada apa-apa di pekerjanya bisa cepat dilakukan tindak lanjut.

4. SAHABAT

Iya sahabat, orang-orang yang pernah kita kenal dan punya hubungan baik dengan kita. Mereka adalag orang yang aware terhadap kabar kita, walau hanya sekedar ingin tau tentangĀ dimana, sehat atau tidak, itulah sahabat.

Ada yang selain dari daftar di atas itu ?

Masih dari sudut pandang prioritas saja, nggak mbahas yang lain. Kalau yang lain berarti Anda orang yang di luar keumuman orang. Ada hal yang tidak umum sedang dilakukan. Apakah itu? Hanya anda yang bisa menjawabnya sendiri.

Contohnya diluar keumuman orang,

Pulang kampung nggak memberikan kabar sama tetangga rumah. Apa jadinya? Minimal adalah dicap orang tidak kenal dan tidak gaul dalam masyarakat. Dan apa jadinya kalau ada masalah dengan rumah. Kalau kerugian itu pada diri sendiri ya itu resiko, tapi kalau sampai merugikan orang lain ini yang berbahaya.

Kalau Orang Yang Dicintai, masuk kategori mana ?

Nah ini perlu diperjelas dulu, siapa saja orang yang dicintai. Istri, anak, orang tua atau saudara. Kalau itu lah sudah jelas masuk dalam kategori keluarga. Jadi sudah nggak perlu diperjelas. Yang kumaksud di ini adalah jika ada orang yang dicintai selain keluarga, misal pacar yaa biasanya sih malah prioritas pertama sebelum memberikan kabar ke yang lain.

Iklan

2 pemikiran pada “Siapa saja yang kita kabari kalau mau pulang kampung !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s