Ikan laut konsumsi tingkat pertama !


Ikan laut ternyata memiliki kelas-kelas kalau kita lihat dari tingkatan rantai makanan dan harganya. Berikut ini adalah ikan-ikan konsumsi tingkat pertama baik oleh manusia atau juga oleh ikan predator tingkat berikutnya

foto oleh ahsanfile

IKAN KEMBUNG

Dua ikan dari pojok kanan bawah dalam foto di atas adalah ikan kembung. Paling banyak kita temukan di pasar ikan karena memang di laut termasuk yang jumlahnya banyak. Mudah ditangkap jadi harganya juga murah. 

Kita banyak temui di warung makan untuk digoreng, disambal, dibalado atau juga di bakar. Saya paling suka untuk di bakar ala ikan bakar warung padang. Bisa nambah 2 piring pas njumpai baru selesai bakar.

IKAN SELAR

Mirip dengan dengan ikan kembung, ikan selar lebih kecil ukurannya dan lebih banyak masuk dalam ekor kuning. Ikan selar lebih murah lagi dari ikan kembung. Soal rasa ikan selar da kembung hampir nggak ada beda.

Masakan dari ikan selar juga hampir sama dengan ikan kembung. Dibakar, sambal balado, kuah santan, bumbu kuning, dan goreng.

Ada juga ikan tingkat pertama jenis lain yang juga jumlahnya banyak namun kurang terkenal. Dalam foto atas ada ikan wais dan ikan blunuk. Jumlahnya nggak sebanyak ikan kembung atau selar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s