Teknik memfoto nyamuk, tenang, siapkan stamina !0


Nyamuk, hewan yang geraknya cepat sekali, kecil, sangat sensitif terhadap gerakan dan pandai bersembunyi. Menjadi hal yang istimewa dapat memfoto mereka dalam kondisi hidup di alam mereka tanpa ada “dead animal body _ behind the scene”.

Lebih puas pokoknya memfoto serangga tanpa membunuh mereka atau tanpa membuat skenario mengerjai mereka. Itu bagiku sih… walau hasilnya gak wah.

Itu dua ekor nyamuk sedang ngaso di meja kerjaku. Mungkin mereka lelah nguber badanku yang aduhai darahnya… padahal yang lain masih ngang ngung terus tal tul nyedotin darahku.

PELAN, TENANG DAN SIAPKAN STAMINA

Nyamuk yang sangat sensitif terhadap gerakan akan menjadi susah untuk difoto. Kita harus sangat super pelan saat mendekat. Pelaaan banget, manjuin badan dan kamera kalau bisa gak ada kesan sedang bergerak.

Butuh waktu sekitar 2 menit saya memajukan jempol sampai jarak 3 cm dari badan nyamuk. Dan itupun yang satu terbang. Dan yang ada dalam foto saya itu sudah gelisah sedang siap-siap terbang ketika kamera saya sedang membidik.

Hasilnya tangan pegel, apalagi pinnggang harus menahan beban tubuh bagian depan. Jadi memang harus punya stamina yang oke ketika akan memfoto serangga seperti ini.

Iklan

2 pemikiran pada “Teknik memfoto nyamuk, tenang, siapkan stamina !0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s