Jangan jadikan murid mengikuti jejak gurunya !


Saya bangun tidur, mendapati 2 buah notifikasi yang menarik perhatian, blog saya dijadikan referensi oleh seorang blogger yang baru berapa bulan yang suka menulis di blog tetapi memiliki bakat dan karakter yang kuat di bidang tulis menulis blog. Silahkan liat dan kunjungi http://auliamaharani.com, itu alamatnya. Dan entah darimana awalnya, akhirnya seperti proses belajar dan mengajar tentang blog disela-sela pekerjaan sehari-hari.

JANGAN PAKAI ISTILAH GURU DAN MURID !

Kurang pas sepertinya untuk menggambarkan suasana, karena guru dan murid seperti ada adab-adab yang harus menghormati guru karena posisinya lebih tinggi. Saya paling suka pakai istilah sahabat karena masing-masing akan berperan sesuai bidangnya dan tidak ada batasan unggah-ungguh yang mengikat.

Dan yang namanya sahabat tidak ada ikatan kontrak seperti guru dan murid yang mereka berinteraksi berdasarkan perjanjian belajar dan mengajar. Ketika pelajaran habis ya selesai, selanjutnya adalah kenangan bahwa kita pernah diajar atau mengajar seseorang. Dan kalau sahabat, lebih kuat karakternya. Lebih kuat mempertahankan dengan ataupun tanpa kontrak

KEMBANGKANLAH ILMU, JANGAN SEPERTI GURUNYA

Orang  yang berhasil adalah mereka yang melahirkan orang mampu memgembangkan sendiri ilmu yang diajarkan. Atau guru yang berhasil itu yang menjadikan muridnya lebih berprestasi.

Tapi faktanya adalah kebanyakan orang itu mengikuti jejak gurunya dalam cara, style, ataupun hasil. Pola pikir guru yang tidak mau ada yang lebih pintar atau perasaan nggak enak murid tidak mengamalkan apa yang gurunya ajarkan.

Maka inilah penyebab kita dan disekitar kita jarang sekali ada perubahan. Jarang sekali ada pencipta hal-hal baru. Yang ada hanya melanjutkan dan menjaga apa yang sudah ada. Ini yang aku nggak setuju kenapa aku sampai nulis seperti ini.

Contoh Kasus

  • Seorang musisi, terinspirasi sama artis idolanya maka musiknya nggak ada yang baru, tapi meniru style dan gaya idolanya.
  • Seorang adik yang sedang demam ngeblog, lihat kakaknya suka blog motor, adiknya ikut-ikutan bikin blog motor, bukan menciptakan blog sendiri yang unik.
  • Seorang yang pengin jualan online, ketemu sama ahli seo, jadinya berubah pikiran untuk ikut mainan seo, bukan berkreasi meningkatkan kualitas dagangan.

Fakta yang ada

  1. Orang sukses itu yang melahirkan temuan baru di bidangnya, bukan yang meniru atau meneruskan.
  2. Peniru dan pemodif itu umurnya pendek untuk apa yang dia hasilkan

BUATLAH SESUATU YANG BARU

Ini yang aku harapkan dari nulis panjang ini, sebuah karya haru, cara baru dan yang bermanfaat bagi orang lain. Jangan cuma meniru yang ada tapi carilah yang belum ada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s