Kentang Sabrang – Kentang Bribil – Tips memasak kentang bribil yang enak !


Jika selama ini kita hanya mengenal kentang itu yang agak bulat,warna kulit kecoklatan muda atau merah muda. Maka sebenarnya ada jenis lain yang ukurannya lebih kecil, agak hitam dan nggak simetris bentuknya. Ini dia foto kentang sabrang. Ada juga yang memakannya kentang bribil.

Tips Memasak Kentang Sabrang

Beberapa orang kurang suka sama jenis kentang ini karen rasanya yang aneh. Tetapi jika dimasak dengan pas, rasanya akan enak sekali.

  1. CUMA DIREBUS
    Cuci bersih kentang sabrang, kemudian rebus tanpa bumbu apapun. Seperti foto dalam tulisan ini, kentang bribil rebus. Dimakan sebagai jaburan atau cemilan. Ketika masih hangat lebih enak rasanya.
  2. TUMIS KENTANG SABRANG
    Bumbu : bawang merah, bawang putih, gula, garam. Kalau mau micin rasanya tambah enak 😃.Langkah-langkahnya dimulai dari cuci bersih kentang sabrang sampai kulit luarnya terkelupas saat mentah. Kemudian iris tipis-tipis kentangnya seperti mengiris bawang merah.Siapkan juga daun mlinjo dirompes yaitu memotong sayur dengan cara dipelintir pakai tangan. Sama seperti numis sayur lainnya, mulai dari bawang merah, bawang putih, cabe, gula, garam kemudian kentangnya. Setelah agak mateng masukan daun mlinjo, aduk-aduk sampai daun melinjonya mateng. Angkat dan makan
  3. KENTANG BRIBIL KUAH DAUN MLINJO
    Nggak beda dengan masak kuah santan masakan lain. Tumis bumbu sampai harum, masukan ketangnya sampai merata. Masukan air sampai mendidih, kemudian santannya. Tunggu sampe mendidih lagi, masukan daun melinjo sebagai tambahan… aduk-aduk sampai daun melinjo layu dan angkat… makan

Ketiga menu tersebut menjadi bagian dari cerita masakan yang pernah aku makan dari kecil sampai sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s