Cara membersihkan portable coffee grinder


Sebagai penikmat kopi yang sudah level bisa menikmati kopi kapan saja, salah satu toolkitnya adalah portable grinder. Olah raga tangan sebelum menyeduh kopi adalah kenikmatan tersendiri sambil menghirup aroma kopi bubuk yang baru digiling. Alat ini harus dipelihara dan dibersihkan secara rutin agar awet.

Cara membersihkan portable coffee grinder

Dari oprek-oprek grinder saya kemarin sempet ngadat karena saya iseng memasukan biji kopi mentah sehingga nggak mau mutar, rasanya kesel banget pas mau bikin kopi malah udet kepaksa mbongkar. 

Tapi percayalah, setiap hal ada hikmahnya dan hasilnya berikut saya bisa tulia bagaimana membongkar dan sekalian saya bersihkan. Peralatannya cukup sikat gigi kering untuk menyikat bagian dalam setelah kita bongkar.

CARA MELEPAS BAGIAN DALAM HANDY GRINDER

Butuh sedikit trik untuk melepas setiap part atau bagiannya yaitu putar arah berlawanan jarum jam dan tahan bagian mata grinder agar tidak ikut beputar. Hasilnya seperti foto di atas, kondisi baru dibongkar dan ternyata banyak bubuk kopi yang ada di sela-selanya. 

BERSIHKAN DAN PASANG KEMBALI

Ini bagian dalam dari grinder. Dua buah keramik, satu pir, satu gardan, satu katup penghubung dan satu penutup sekaligus kontrol kerapatan mata keramik.

Setelah semua bagian disikat dan dibersihkan dari bubuk kopi yang menempel, pasang lagi dan jangan sampai salah. Persis susunanya seperti foto pertama. Dan akan terasa ringan lagi ketika dipakai untuk menggiling kopi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s