Ini cara mengambil telur ikan salmon, bagi pecinta sashimi harus tau ini !


Antara kebutuhan akan makanan, kelestarian alam dan cara yang baik mengolah ikan. Semuanya harus seimbang. Sebagian orang akan menilai wajar, sebagian akan menilai sadis. Foto di bawah ini saya lihat dari apa adanya kepantasan tentang telur ikan.

Faktanya adalah sebagian orang suka makan daging ikan mentah atau telur ikan mentah. Ini bergizi dan enak serta menjadi menu istimewa. Menikmati daging dengan kondisi masih segar menjamin keutuhan gizinya. Tapi ada sedikit cerita tentang bagaimana cara mengambil telur ikan dari perut ikan khususnya ikan salmon. 

credit : @originalwmp

Tulisan ini hanya perbandingan yang aku tau soal mengolah ikan. Aku masih nggak tega mengambil jeroan ikan saat masih hidup. Walau tidak ada perlawanan yang berarti, tapi nggak tega aja. Aku nggak mbahas foto ikan diatas itu masih hidup atau sudah mati. Aku yakin sudah mati baru dibelah perutnya. 

TELUR IKAN DARI PERUT IKAN SAMPAI KE PIRING SIAP SANTAP

Satu-satuya cara membedakan ikan jantan dan betina adalah ukuran perut yang membesar karena ada caviarnya. Perut ikan akan dibelah perlahan kemudian akan keluarlah isinya. Caviar atau kandung telur akan ditarik perlahan agar telur-telur nggak berhambur. Kemudian dibersihkan dan dikemas apik sampailah ke piring kita. 

PASTIKAN IKAN SUDAH MATI

Itu kuncinya ketika akan mengolah ikan lebih lanjut. Sangat kasihan kalau memotong tubuh ikan saat masih hidup. Tetapi faktanya sering saya lihat, perut ikan dibelah saat masih hidup dan tanpa ampun ikan akan mati pelan-pelan. 

Jangan memasak ikan saat masih hidup. Kadang malah menjadi tantangan sekedar rasa penasaran yaitu mengolah ikan saat masih hidup. Nggoreng ikan masih gerak-gerak atau makan ikan saat masih hidup. Ini bentuk lain dari kesadisan.

CARA MEMBUNUH IKAN YANG BAIK

Sama seperti hewan lainnya, prinsip utamanya adalah membuang darah sampai bersih. Bagian ikan paling sensitif adalah insang. Ada aliran darah besar disana, potonglah bagian itu dengan cara ditusuk atau dipotong. Ikan akan mati dan darah akan keluar sempurna segingga daging bersih dan sehat. 

Jangan digetok kepala ikan agar mati. Ini cara salah dan nggak sehat karena ikan akan pingsan atau mati tetapi dan tidak ada darah keluar. Nanti pas dibersihin sekalipun nggak keluar semua. Kualitas daging ikan akan celat busuk karena darah dalam dagingnya. Jangan juga dibanting, ikan akan pingsan.

Jadi potonglah atau sembelih dibagian bawah leher tepat di dibelakang insangnya. Ini cara paling fair dan baik untuk mengawali mengolah ikan. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s