Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk


Nhaa ini dia satu lagi info yang berguna buat semua orang, terutama ketika habis bepergian dari luar negeri membawa banyak barang oleh-oleh. Berikut ini mengkodisikan barang bawaan agar tidak terkena bea cukai.

Ini bukan tips untuk nakal atau melanggar undang-undang pabean, tapi ini justru sisi kemanusiaan yang ada dalam uu pabean tersebut.

OK langsung ajah, tentunya suatu saat atau kemarin anda akan ke luar negeri, dan ketika pulang biasanya bawa olah-oleh ini dan itu yang jika melebihi USD 250 akan dikenai bea masuk. Sebelumnya tolong perhatikan prinsip-prinsip berikut.

Isilah dengan benar formulir Customs Declaration yang dibagikan ketika Anda masih di dalam pesawat, mengenai nama, kenegaraan, jumlah barang yang dibawa beserta nilainya.

  1. Yang pertama adalah filosofi uu pabean adalah mengutamakan penerimaan negara dari pada menghukum.
  2. Kedua adalah jika sengaja menyembunyikan barang dari luar negeri bisa terancam hukuman denda bahkan pidana.
  3. Ketiga adalah barang bawaan penumpang untuk keperluan sehari-hari tidak akan dikenai bea masuk.

Aku akan berbagi tips dan saya sertakan di bagian akhir tentang contoh kasus dalam bentuk cerita aja ya biar lebih mudah di mengerti.

baca juga : Contoh dan Cara mendebat oknum petugas bandara yang nakal terhadap barang bawaan penumpan

Prinsip pengenaan bea masuk oleh petugas bea cukai !

  • Untuk perorangan, Jika barang baru, apapun itu nilai maksimal adalah US $250, jika lebih dari itu akan dikenakan bea masuk, pajak dan lainnnya;
  • Untuk rombongan 1 keluarga maksimal adalah $1000, jadi jika barang itu harganya lebih dari $250 maka ada kebijakan lain yaitu per keluarga dihitung maksimal $1000
  • Jika barang adalah kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, sepatu, jam, notebook, handphone, kamera dan sejenisnya tidak akan dikenakan bea masuk atau pajak;
  • Beberapa barang ada yang sama sekali tidak boleh masuk seperti narkoba, obat-obatan dan barang yang terkena lartas lainnya. Anda harus bisa menunjukan bahwa itu adalah barang legal !

Jika ketemu sama petugas yang sengak / minta uang / atau mempersulit

  • Itu adalah oknum, petugas yang benar adalah menilai objektif barang bawaan Anda, jika memang harus kena bea masuk ya Anda harus bayar, tapi jika dia minta uang dengan berbagai alasan itu adalah oknum.Jangan mau kalah sama petugas seperti ini, oritentasinya sudah uang, maka lawan saja jika Anda benar, jangan takut !
  • Rekam, foto dan laporkan saja ke sistem pengaduan masyarakat Bea Cukai, alamat lapornya di sini :  http://www.beacukai.go.id/pengaduan.html

Yang mengundang kecurigaan / atensi dari petugas bea cukai:

  1. Membawa barang ke indonesia melebihi kewajaran sebagai barang kebutuhan sehari-hari misalnya kamera koq bawa 3, handphone bawa sampai 4, pakaian desain sama koq sampai 10 stel, sepatu sampai 4 pasang
  2. Barang dikemas dengan kondisi susah dibuka isinya, malah akan mengundang kecurigaan, jadi sewajarnya saja lah
  3. Jumlah barang sejenis dalam jumlah banyak dan kelihatan masih baru. Petugas akan mencurigai kalau itu barang sengaja dikondisikan sebagai barang kebutuhan pribadi padahal mau dijual lagi di indonesia.

baca juga : Daftar Restourant / lounge/ tempat istirahat yang pas buat makan atau menunggu di bandara soekarno hatta

Demikian hal-hal yang perlu diketahui sebagai penumpang ketika akan masuk ke indonesia dari luar negeri.

bea-cukai_petugas

Saran saya juga, janganlah bermain dengan petugas misalnya suap atau memberikan uang, bisa bermasalah dikemudian hari karena sesuai informasi, pihak internal bea cukai sedang benah-benah tegas terhadap oknum pegawainya yang bejad, bisa-bisa Anda dijadikan saksi atau bahkan juga tersangka suap.

baca juga : Daftar barang bawaan oleh-oleh apa saja yang bisanya ditarget oleh petugas bea cukai di bandara ?

Berikut contoh kasus membawa barang dari luar negeri !

Kasus pertama :
Ada seorang ibu pejabat ikut misuanya ke luar negeri. Di sana ia beli oleh-oleh berupa tas mahal. Saking senengnya ia bawa tas itu masih dalam keadaan original packing dari tokonya. Pas sampai di indonesia pihak bea cukai menahan tas tersebut sampai dibayar bea masuk, ppn, ppnbm. Total hampir sama dengan harga asli tas tersebut. Ibu itu marah-marah dan nganggep bea cukai kejam.

Kasus kedua :
Seorang penumpang dari amerika membawa 5 pasang sepatu dan 15 potong pakaian, dimasukan dalam koper dan dikondisikan seperti barang keperluan sehari-hari. Walaupun baru pemuda ini tidak diwajibkan bayar bea masuk oleh bea cukai.

Kasus ketiga :
Seorang habis berlibur dari singapura, dia membeli oleh-oleh 2 potong kemeja dan sebuah notebook. Total harga pasti lebih dari USD 250, notebook dimasukan di tas gendong, sementara kedua baju barunya masih tertera kode tax pricenya. Sama bea cukai bandara orang ini disuruh bayar bea masuk untuk kedua bajunya saja sementara notebooknya tidak.

Kasus terakhir:
Adalah seorang bapak yang habis dari india, dia di sana membeli dua cincin keren. Yang satu dipakai, yang satu di masukan saku celana. Ketika dilakukan pemeriksaan oleh petugas bea cukai bandara, bapak ini diminta untuk bayar cincin yang disakuinya.

Nah dah ngertikan sekarang bedanya. Jadi untuk barang-barang yang dipakai untuk keperluan sehari-hari tidak akan dikenai kewajiban bea masuk di bandara. Jadi kesimpulannya adalah kondisikan barang-barang bawaan anda sebagai barang kebutuhan penumpang selama di luar negeri.

Lho dari mana aku tahu,
itu adalah tips dari dosenku di asrama tadi siang, tetapi redaksi ceritanya gak sama persis dengan yang dosen ceritakan, aku sudah menysunnya dengan bahasaku sendiri. Demikian semoga bermanfaat.

baca juga : Daftar barang bawaaan penumpan dari luar negeri yang butuh ijin untuk bisa masuk ke indonesia

247 comments on “Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk

  1. Ifan Jayadi mengatakan:

    Kenapa aku sering jadi yang pertamaxx sih😦 Haloo…pada kemana nih orang…..

    Untung saja aku bukan orang kaya yang sering bepergian ke LN, jadi nggak ada masalah dengan bea cukai. Paling jauh ya ke Jakarta aja. Itupun udah bahagia banget lho bisa ngeliat gedung2 pencakar langit (emang katro diriku😦 )

    • ahsanfile mengatakan:

      he he he, di asrama akses dan update terbatas, jadi gak bisa melakukan bw atau berkunjung ke tetangga, jadi yaa hampir gak ada kunjungan balik lah. Begitu gan ceritanya

      • Marsahid Mar Hid mengatakan:

        mau nanyak ni.. kebayang gak klu saudara kt sbgaI TKI/TKW? mreka pstiny ingin skali beli barang berharga kadang jg beli perhiasan mas dll..tentu lbh dari nilai yg dibatasi,sbagian dari mereka utk mnabung hasil kerja nya dgn beli barang tsbt,jg mngenai pakaian,mereka tntu ingin skali belikn sanak saudarany yg tntu bkn hnya 2-4stel..lbh dri 1koper pun udh pasti ada.. klu ini berlaku pd TKI/TKW tntu sgt mngecewakn mereka krn utk bawa olh2 sj dikenakn beacukui..uu ini sgt berat bagi mereka..meresahkn mereka,seharusny uu ini ada pngecualian ,krn mnurut sy,mereka udh korbankn diri mereka utk mngadu nasib di negeri org dgn harapan ingin brhasil,ktika bhasil dan dijadikn barang smpai di bndara kena sita.. mereka brthn2 bkerja ninggalin saudara bhkn ank istri mereka.. sbb mereka rela mnjdi TKI/TKW itu slh 1bukti nyata klu dinegerinya sndiri lapangan krja kurang/krn murah,bayangin klu TKI/TKW pulang serentak apa jadinya negeri ini.. berjuta2 TKI&TKW di LN? bayangin klu sumua pulang mereka mesti krja dimn.? lpngn krja di indo gk mncukupi utk rakyatny..
        justru krn adany TKI/TKW ini mendatangkan DEVISA buat negara indo.. tp kabarny yg krn uu membatasi bawaan nya justru kembali ke negara atau kepejabat atau ke oknum,
        nah mereka dapat apa..?
        klu buat pelancong si blh2 saja krn mereka hny berlibur..
        tp utk TKI/TKW uu ini pastilh kejam..!!!
        sy bkn TKI/TKW ,sy hny membyangkn btp kecewany mereka atas kebijakn pemerintahan nya sendiri..

        • fauzi mengatakan:

          Itu sudah dalam ketentuan negara dan secara internasional memang prosedur secara resmi ya seperti itu mas, bukan masalah dari tingkat ekonomi dia itu apa dan siapa, tetapi setiap warga negara wajib membayar pajak yg dikenakan terhadap dirinya termasuk bea masuk

        • Ronald mengatakan:

          Seperti yg digambarkan diatas bu, baju 20stel disusun rapi di koper dibuka dr plastiknya dikondisikan sbg barang pakaian sehari2. Perhiasan dipakai saja utk lewat bea cukai. Kok saya tau karena saya TKI, pulang bawa 2koper. Satu kper barang saya pribadi ,koper satu lagi oleh2 tapi dikondisikkan seperti keperluan sehari2. Kalau bawa hp bagaimana? Saya minta kirim kkartu perdana dr indonesia sebanyak hp yg saya punya, begitu sampe di indonesia aktifkan kartu perdananya. Seolah2 dippake harian, perdananya beda2 opperator ya.

        • hamzah mengatakan:

          aduuhhh…kalo ada pengecualian buat TKI… para TKI ini akan di manfaatkan untuk membawa barang sebanyak mungkin dari luar negri… ayo dong berpikir jernih… ikuti saja aturannya… kalo sudah sesuai aturan… ga usah takut sama petugas2 nakal…gtu aja…

    • joy mengatakan:

      Katro kok bangga

    • DKI mengatakan:

      MAKANYA KERJA YANG RAJIN GA, BIAR BISA TINGGAL DI LUAR NEGRI…. TINGGAL DI INDO PEJABATNYA DARI BAWAH SAMPE ATAS KAYA TA* SEMUA

  2. Maskur mengatakan:

    masalahnya.ke luar negrine kapan?

  3. kang ian mengatakan:

    iya bener juga ya bang hahaha
    mending kalo beli pakaian langsung dipake aja kan gak ketahuan
    tapi kalo banyak gimana masa mau dipake semua😀
    tips yang bagus bang
    makasih ^^

  4. dreesc mengatakan:

    kapan yah dree bisa ke luar negeri….???? hmmmm….

    ahsan… judulnya mesti di edit tuh…..

    seperti biasa kunjungan pagi neh… pagiiiiiiiiiiii………..

  5. achoey mengatakan:

    wah, makasih ya dah di kasih tahu
    Tapi kalau saya beli mobil dari jepang, masuk gak ya ke tas gendong saya😀

  6. cempaka mengatakan:

    walaupun… pake hp… v postingannya lumyan panjang jg kang:)

    tangannya ga keriting tuh??😀

    • ahsanfile mengatakan:

      Alhamdulillah gak sampe keriting neh, soalnya qwerty:mrgreen:
      yaa cuma tulisannya kaya semut… kecil-kecil banget.

      btw tumben koq komenmu minta di approve dulu… ?
      biasanya gak

  7. dreesc mengatakan:

    @ ian n ahsan…. busettt pada gosipin dree…. wkwkwkwkwkwk…

    “aku dan majikanku”…… xixixixi…. boleh juga dah…. jadi keidean…. hahahahahahaha *guling2*

  8. Tiara mengatakan:

    makasihhhhh ,,, sangat membantu ^^

  9. samrino mengatakan:

    nah, klo tersangkut ma peraturan baru tentang barang oleh2 gimana gan?

    masih bisa ga trik “barang2 keperluan pribadi nya” di gunakan….
    contohnya, makanan, laptop, kamera digital?

  10. […] artikel yang aku tulis sebelumnya tentang cara membawa barang dari luar neger agar tidak terkena bea masuk, berikut ini lanjutannya yang […]

  11. lastri mengatakan:

    saya mau pulang indo….setelah merantau di hongkong
    rencana akan membawa leptop dua
    gimana tips biar gak kena bea cukai ?

    • ahsanfile mengatakan:

      Itu laptop baru bukan ?
      kalau baru semua atau salah satunya baru menurutku bagaimana anda mengkondisikan sebagai barang-barang keperluan sehari-hari…
      contohnya pretelin dari kardusnya…

      yang satu di gendong, yang satu di taruh tas koper…

      akan lebih baik jika anda pulang bareng temen, suruh bawain satu jadi nggak mungkin akan ditanya-tanya sama petugas..

      • yati mengatakan:

        Yg dikoper bkl ilsng tuh.. Dibongkar “tikus bandara”.mkn buah simlkma azza enak… Kok. Ampe mndeq di tenggorokan. Dibw Smua kn pjk. Dimakan koper ilang… Gkgkgk

      • Nhaliciouz mengatakan:

        Kalo barang nya titipan tetangga…pretelan dus atau label baju nya bs dibawa ndak?

        Nanti dia meragukan itu barang baru atau bukan

        • iNaMi mengatakan:

          Kalau ada titipan, sebaiknya jangan titipan yang memberatkan Anda yang bawa:) Kalau ternyata titipan itu kena bea cukai, harap biaya itu ditanggung oleh yang menitip. Sebaiknya perjanjian tentang ini harus ada sebelum Anda dititipi barang rawan kena bea cukai😉 istilah Jawanya “wong nitip kok nyusahi?” No offense ya😀

    • nug mengatakan:

      Bisa ditaro di dua tas..
      Alasannya satu laptop kantor, satunya laptop pribadi.. Banyak kantor yg ngga mengizinkan laptop kantor digunakan utk keperluan2 pribadi

  12. froztzz mengatakan:

    kalau bawa kondom:D gimana…pretelin juga dari kardusnya…basi dunk😀 piss….ini beneran nanyanya…:D

  13. Kumis Sakti mengatakan:

    wiw…kebayang sih….
    tapi kalo bawa pretelan hardware komputer gimana ya?? *garuk2 kepala*

  14. toni mengatakan:

    nah……gimana klo kita beli ampli /tipi yg harganya di atas 300 dolar,klo kita pikul kena bea masuk gak tuh boss……dus kita buang…….

    • ahsanfile mengatakan:

      lhaa itu udah keluar dari kategori “barang dipakai” = barang keperluan primer sehari-hari = masih bisa dibawa-bawa
      kalau tivi emang lazim dipakai sebagai keperluan sehari-hari ? …

      yaaa tv pasti > 25 dolar ya kena bm

  15. Claudia mengatakan:

    Hi,
    kalo saya bawa beli balon latex yang banyak, 1 dus misalnya 5 kg, saya buka dari plastiknya dan dibungkus plastik biasa trus di packing di gardus, bisa di cars gak sih?

  16. rifki meinaldi mengatakan:

    kalau saya beli ipad gmna?

  17. ferdi_dilovabllo mengatakan:

    gan kalo saya ke LN terus,mau pulang beli mobil baru di LN ada gak cara biar gak kena bea… ??? Mohon solusinya gan…
    Kan kalo bea nya di bayar juga mubazir, karna yg jadi koruptor kantong celananya tambah gede. Kan kasihan juga yg koruptor nya nantik pas jalan robek celananya hahahaha…😀

  18. Edo Gawa mengatakan:

    sangat brmanfaat informsi’a, trimaksih.

    sya mau taya gan, kalo dr LN pulg k indonsia bawa camdig lbih dr 1( tiga misalkan), itu gmna? bgaimana mngkondisikan’a kira2 biar lolos bea. trimksih.

    • ahsanfile mengatakan:

      Ya asal itu sudah barang pakai dan kondisinya sebagai barang pemakaian sehari-hari ya gak masalah, gak akan dikenai bea masuk. Tapi kalau masih baru, masih dalam kotaknya, ada label harga ya pasti disuruh bayar bea masuk

  19. Kelvin mengatakan:

    Terima kasih informasinya. Saya ingin menanyakan terkait barang pindahan dari LN. Barang sebagain besar kami kirim via laut. Untuk bArang pindahan yang kami bawa dengan menggunakan jatah bagasi pesawat (satu keluarga, 5 orang), apakah juga perlu dilaporkan atau tidak. BAgaiman prosedur pelaporannya atau cukup dengan menunjukkan surat rekomendasi dan daftar barang pindahan yang ditandatangani kedutaan saja. Barang semuanya barang yang sudah dipakai. Terima kasih.

    • C_ladies mengatakan:

      Sebaiknya laporan dulu ya.. Coba nanya ke kedutaan.. Karena barang pindahan gak akan dikenai bea masuk.. Sebenarnya kalo taat dan baca aturan gak akan dikenai atau di mintai macam2 kok.. Tipikal orang sekarang kan malas bertanya atau cari informasi.. Maunya instan.. (berdasarkan pengalaman)

  20. toni mengatakan:

    mau tanya pak… kalo kita pergi ke luarg negeri misalnya membawa hanphone dr indonesia dg nomor telkomsel m3 masih bisa ga di luar negeri?? dan kalo saya membawa flasdisk atau hardisk yang ada isinya bisa gak?? atau harus ada surat2 surat dulu… terus di luar negeri BNI berlaku gak atau ada rekomendasi bank global yg banyak terdpt di negara2 d dunia??? makasih

  21. cube mengatakan:

    alo…ikut nanya neh..,saya tinggal di LN bersama anak,mau pulang indo bersama anak buat jengukin keluarga di indo.kalo barang di koper saya isinya baju2 dan sepatu2 keperluan sehari2 saya dan suami,tp dlm jumlah banyak (sepatu sy ajah bisa 10 pasang sdr),maklum agak banyak soalnya mau stay di indo buat 2 bulan.pertanyaan saya dengan isi koper sy yg banyak itu bakal diobrak abrik ga ya ato bahkan kena bm?jadi takut neh mo pulang k rmh sendiri.thx sebelumnya

  22. dewi mengatakan:

    mas ahsan, kalau saya membeli kamera seharga 800 USD (di lembar visanya, dari toko distapler bukti pembelian barang konsumsi bebas pajak ekspor) dan kamera tsb saya pakai dan tenteng di tas saat di airport. Bila saya isi CD NO semua, di jalur hijau saya aman tidak?
    apa akan diperiksa paspor dan ketahuan dari bukti pembelian itu, saya akan dikembalikan ke jalur merah? Bila masuk jalur merah, berarti walau pakai sendiri, akan kena bayar pajak kah?

  23. Adhi mengatakan:

    Mau tanya Mas ahsan…

    Kalo beli laptop di LN, lalu di bawa ke indo,apakah kena cukai dengan kondisi :
    1. Laptop sudah dikeluarkan dari kardusnya (memakai tas selempang laptop pada umumnya),
    2. Di dalam laptop ada (diinstall) OS Windows yang bajakan (soalnya setahu saya kalo OS ori ada stiker khusus yang ditempelkan di laptopnya)?

    Terus apa untuk kedepannya jangan menginstall OS yang ga ORI (kosong/DOS saja) atau kalo mau ya install yang ORI sekalian?
    Pertanyaan terakhir, bukti seperti apa kalo itu laptop kena cukai? Apa kwitansi/apa gitu.

    Terima kasih…

  24. linda mengatakan:

    mau tanya mas kalau kita beli oleh oleh di LN yg bukan barang keperluan sehari hari kayak gantungan kunci,tas (yang murah pastinya) dalam jumlah banyak itu gimana caranya biar gak kena bea cukai?thanks

  25. ima mengatakan:

    mas mau tanya, saya ingin membeli gadget, tapi kayaknya belinya bukan di indonesia,(perbandingan harga jauh banget) saya mau nitip temen saya yang jalan-jalan ke LN. apa temen saya harus buang kardus supaya ga kena bea masuk?harganya lebih dari $250 USD.jika kardus disimpan di koper apa tidak menimbulkan kecurigaan

    • ahsanfile mengatakan:

      kalau barang elektronik nggak kena bea masuk koq…

      • May mengatakan:

        saya punya keresahan yg sama ma mba diatas. Tapi beda nya gadget yg sy titipkan ada 2 tambah punya teman saya 2. Apakah tidak ada masalah?
        Kalo kira2 bakal bermasalah, bagaimana jika kardus nya saya simpen dikoper?

        • ahsanfile mengatakan:

          Yang akan dikenakan bea adalah barang yang melebihi USD 250 kalau diindonesia yang kondisinya sebagai barang baru.

          Caranya adalah dikondisikan sebagai barang bukan baru, barang pakai sehari-hari, mau nilainya berapapun tidak akan dipermasalahkan

      • lylian (@ulielielie) mengatakan:

        barang elektronik beneran nih nggak kena bea masuk? ada link resmi-nya nggak, supaya nanti bisa ditunjukkin ke orang bea cukai. soalnya rencananya mau beli handphone 1 biji dan bawa pulang dalam keadaan segel.

      • fey an ziyan mengatakan:

        Nah ini masih jadi pertabyaan ni mas..barang elektronik gak dikenain pajak…saya pnya cerita dr tmn yang plg dr jeoang..kebetulan kita bekerja disni pas pld keindonesia dia bawa laptop 2..satu baru lengkap sama kardusnya 1 biasa dipakai sehari2…dan 3 handphone 2 biasa dipakai 1 baru lengkap…pas di bandara jakarta..barang dia ditahan smua dan suruh bayar nominalnya saya kurang tau berapa…nah menurut mas ini gmn klo situasinya begini…satu lagi apabila kita kirim barang2 pribadi via laut mungkin bsa sampe 1 sampai 2 kardus barang keprluan sehari2 tapi kelipatan misal sepatu bsa sampai 7 pasang ini dikenakan beacukai gak..makasih

      • ditho mengatakan:

        mas saya mau tanya..melanjutkan pertanyaan d atas..jadi misalkan bli gadget d atas 250$ asalkan barang nya sudah tidak d dalam dus nya dan tidak ada harga yg tertulis,bebas bea nya mas?Klo masalah dus gadget nya apa bisa menimbulkan masalah atau d persulit?

  26. ahdi mengatakan:

    Salm… buat abang
    Lsung aj ni ane tanya. Ane d beliin sepatu sma temn d LN. Hrga ny skitr 900rb gt. Trus bingung sma jsa pengiriman & biaya cukai ny.
    Mhon pencerhn bang.
    Thanks

    • ahsanfile mengatakan:

      Lewat paket biasa aja… ntar kan masuk di kantor pos pabean. Kalo daerah jakarta dak sekitarnya itu akan masuk di kantor pas pasar rebo. Ntar disana di periksa akan kena bea masuk atau nggak.

      Nhaa pas ngambil kalau ada bea masuknya itu akan diminta suruh bayar. tapi kalau harga 900.000 aku yakin sih nggak kena.

  27. Randy mengatakan:

    Mas saya mau nanya, seandainya saya ingin membeli barang dalam jumlah ratusan(sebut saja 100) tapi harganya tidak sampai 250USD. tapi barangnya dalam keadaan box, tapi tidak ada label harganya, cuman ada bon nota pembeliannya. dan rencana buat dijual lagi. apa bisa masuk kategori barang pribadi? apa itu aman dari bea cukai?

    • ahsanfile mengatakan:

      Nggak, tetep itu bukan barang pribadi…
      Barang pribadi itu, dipakai untuk sendiri dan sudah tidak dalam box utuh. Apapagi nggak ada label harganya, bisa diperiksa berjam-jam ntar

      • Randy mengatakan:

        Oh begitu toh mas.
        Tapi dulu saya pernah bawa barang ini tapi hanya membawa 6 buah. apakah ada batas minimal untuk membawanya?
        apa saya bisa bertanya2 secara pribadi dengan mas lewat email?

  28. me pku mengatakan:

    Malam pak,mau tanya, apabila saya beli pakaian (mungkin byk nya 1 bal) utk dijual kembali,tapi label dan hrga nya saya copotin semua,apa nanti di kenakan pajak ga? Tq pak

  29. Dwi mengatakan:

    Saya mau tanya, rencana mau beli 100psg sepatu dari seoul trus dibawa ke indo tanpa box & price tag nya dan juga sepatunya tidak bermerk, trus saya mau bawanya digabung dgn barang2 pribadi saya di koper, harga lebih dari 250usd, tapi kan tidak ada price tag nya bisa saja saya bilang ke petugas cukai itu tidak lebih dari 250usd, kalo kaya gitu bisa bermasalah di cukai ngga?

  30. ardyn mengatakan:

    akhir bulan saya rencana maw keluar ngri..rencana maw bawa kecap bango satu botol..gimana kira kira bisa gk ya

  31. Narthy mengatakan:

    Gan… aku mau ke Malaysia sekitar 2 bulan ke depan. Trus mau bawa pesanan tas keluarga sekitar 20 pcs. Bgmn caranya spy tdk kena bea keluar yaa? Mksh

    • ahsanfile mengatakan:

      Kalau keluar negeri gak masalah, kan nggak akan kena bea keluar kalau cuma sebagai barang hasil shopping. Yang nanti jadi masalah itu jika harganya melebihi kebijakan di malaysia, akan kena bea masuk di sana, bukan bea keluar di indonesia

  32. Saya rencana ingin berlibur ke malaysia.
    saya ingin membeli PS 4 disana. kira2 Rp5juta an.
    saya yakin itu pasti kena cukai., namun jika kita di bandara di malaysia jika kita membawa ps 4 tsb apa ngak ditanya sama orang bandara?
    terus kena cukai nya tu dimana? saya ingin membawa barangnya ke indonesia, sumbar.

    • ahsanfile mengatakan:

      Yang kena beamasuk/sejenisnya itu barang bukan untuk dipakai. Kalau bawa ps4 banyak dan itu bisa dijelaskan sebagai barang kebutuhan sehari-hari ya nggaka akan dikenai bea masuk.

      Tetapi walau 1 ps4, masih baru, masih segel dan ada label harga melebihi $250 itu yang akan dikenakan bea masuk/sejenisnya karena dianggap barang impor

  33. APY mengatakan:

    Mau tanya, kalo misalkan saya beli iphone lebih dari 1 dr LN trs msh dalam keadaan di segel dan ada boxnya dll itu akan kena bea cukai gak ya? Apa harus di taro di koper atau di tas biasa? Saya kurang paham nih dgn penjelasan yg sudah2 thx

  34. Yoyo mengatakan:

    Pengalaman saya bawa barang dari luar negeri kalo hp max hanya boleh 2, kalo laptop cuma 1..kalo semacam baju bawa banyak asal gak ada tag price masih aman..

    Oiya mas bro mau nanya nih,,kalo masuk ke malaysia aturan/batasan FOB-nya (free on board) berapa ya?
    Saya bawa barang shoping dr singapore utk di bawa ke indo, tapi mampir malay dulu.
    Thanks:)

  35. Dedy mengatakan:

    Mau tanya..saya beli mau belu mesin motor dari thailand. Harganya 500 usd, beratnya kira-kira 50 kg. apakah saya bisa membawa ke indonesia meain teraebut. Mohon di kasih saran. Tks

    • dedy mengatakan:

      mas tolong di jawab dong..mkasih

    • ahsanfile mengatakan:

      Ya jelas akan dikenakan bea masuk mas, apalagi kalau melebihi $250. Penjelasaanya itu adalah barang bukan keperluan sehari-hari apalagi kalau kondisinya baru. Jadinya semacam impor barang. Masalah berat itu tidak jadi pertimbangan mas. Prinsipnya bea cukai itu menuruti undang-undang yang akan mengenakan bea masuk untuk nilai barang yang dibawa ke dalam negeri atas kelebihan batas $250.

      jadi untuk kasus impor mesin motor dari thailand $500 itu akan dikenakan sebesar $500 dikurangi $250.

  36. Agus Sagita mengatakan:

    min saya sekarang lagi di amerika dan akan balik ke indo beberapa bulan lagi,nah rencananya pas pulang mau bawa 2 koper dan jika di setiap koper berisi 1 hp & 1 laptop baru,maka totalnya di 2 koper saya bakalan ada 4 box gadget baru dan apabila ke empat barang itu segelnya/kotaknya udah dibuka dan tidak isi harganya apakah akan kena bea cukai ? semua barang itu bakalan di pake buat saya dan keluarga kok

    • ahsanfile mengatakan:

      Jika hp/laptop itu baru harganya lebih dari $250 maka kelebihannya itu yang akan dikenakan bea masuk.

      Alasan peruntukan untuk apapun akan dikembalikan kondisi diatas. Mau untuk keluarga / dijual lagi itu pokoknya kalau itu barang baru, harganya lebih $250 yaa akan dikenakan bea masuk

  37. kenji mengatakan:

    Maap bang mau tanya . Kalo saya bawa hp 3 biji yg harganya di bawah 1jt rupiah .dari batam mau di bawa pulang kampung ke bandung itu gimana apa kena bea cukai bang mohon bantuanya . Terimakasih

  38. himawan mengatakan:

    Selamat malam mas, jika sy memiliki mesin yang harganya kurang dari 250 dolar dan saya bawa di checked bagage dari luar negeri masuk ke indonesia apakah juga akan dikenakan bea masuk?
    terimakasih

  39. […] Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak … – 73 Balasan ke Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk… […]

  40. […] Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak … – Nhaa ini dia satu lagi info yang berguna buat semua orang, terutama ketika habis bepergian dari luar negeri membawa banyak barang oleh-oleh. Ini bukan tips untuk …… […]

  41. Nia mengatakan:

    Selamat malam waktu Jerman ., AD yg mau saya tanyakan .,, saya sudah 3 tahun tinggal dijerman dikarenakan menikah dengan orang Jerman ., sekitar 7 bulan yg lalu saya beli tas Dior dengan harga yang sangat mahal ,, diatas 2000€ .., rencanany bulan depan saya mau berkunjung ke Indonesia dan menggunakan tas tersebut sebagai tas jinjing/ dipakai., kira kira bermasalah ga ya dengan custom di bandara?

  42. via mengatakan:

    pak klu produk kosmetik gimana caranya ya klu beli sekitar 3juta, bawa keindo plus kotak masing masing ..misalnya produknya foundation masing masing sama kotak dibawa, apa kenak bea cukai ya??. apakah bapak tau bagaimana cara online shop biasa nya yg menjual produk etude import gitu bawa keindo jual online apa kenak bea cukai sebesar harga produk jg?
    maaf banyak tanya,boleh bagi bagi info

  43. suriana mengatakan:

    bagi anda yang pengen beli handpone murah bisa invhite pin bbm : 2a745363

  44. aqiqah07 mengatakan:

    Jadi seandainya membeli barang yang tidak kena cukai, ada konsekuensi hukumnya tidak?

  45. Tsuki mengatakan:

    Saya beli ip*one 6 di sg berangkat bawa simcard pulang tinggal pasang kardus buang.

  46. Betta mengatakan:

    Mau nanya nih gan, istri ane kbetulan lg di hongkong nah rencana ane mau beli rc car yg pake mesin disana biar ntar istri yg bawa balik ke indo.
    Kalo misal nih ane beli trus packing dan price tag dr toko di buang semua dan di pindah ke dalem tas koper khusus rc car gt kira2 jd pertanyaan gak ya d bea cukai ??
    Secara ukuran nya gede banget gan

    Thanks

  47. Betta mengatakan:

    Gan mau tanya, keetulan istri lg di hongkong dan rencana mau saya titipin rc car pake mesin yang notabene pasti besar ukuran buat di bawa ke indo, kalau misalkan packing kardus nya di buang dan di pindah ke tas aja kira2 masih jd pertanyaan gak ya di pabean ???

    Thanks

    • ahsanfile mengatakan:

      Itu barang baru kan ? trus harganya lebih dari US $250 ?
      yaa pasti kena bea masuk mas. Tapi kalau bisa dikondisikan itu barang kebutuhan sehari-hari blas gak ada tanda itu baru, yaa bisa gak kena bea masuk

  48. firdanadiaa mengatakan:

    kak , klo dia beli hp di amerika 3 , trus smuanya itu di pake itu kena bea cukai juga ?

    • ahsanfile mengatakan:

      Itu sudah mengundang kecurigaan mba, hp wajar seseorang itu ya 2, tapi kalau memang bisa menunjukan itu barang sehari-hari, dah ngak baru dan benar dipakai ya mau 5pun gak masalah

  49. Satya Pramudya mengatakan:

    Bang, gimana kalau bentuknya pil multi vitamin dan nutrisi atau obat-obatan kecantikan? Berapa jumlah kuantitas maksimalnya yang boleh dibawa?

    • ahsanfile mengatakan:

      Untuk obat harus diKondisikan itu sebagai barang pakai harian, jangan ada bungkus baru. Untuk barang lainnya itu maksimal $250, selain itu akan dikenakan bea masuk dsn pajak lainnya

  50. chezya mengatakan:

    Ka ….kalo beli hp di ln harganya sekita 1000 usd….
    Dan hpnya sudah di pakai ….tp dusnya saya bawa pulng….
    Kira2 nanti saya kena bea cukai lagi gak yah ka….

  51. prince alberra mengatakan:

    terimakasih agan,sangat bermanfaat sekali informasinya…..

  52. winkha yeo chuan swee mengatakan:

    Wahh…
    was was nanti si mama mau datang ke malaysia liat cucunya… takut barangnya kenak tahan.😢😢😢😢😢

  53. Mila mengatakan:

    Mau tanya nih,kalo seumpama saya bawa coklat dari LN misal nya 5 kotak kecil tp tujuan nya buat oleh~oleh apa kena pajak juga,sama bawa mainan pesawat atau mobil-mobilan, Terima kasih

  54. Mari mengatakan:

    Mau nanya kalo barang berupaa tas atau gadget, dengan harga lebih dari $250 dan sebagai pemberian / hadiah apa kena juga ? Makasih

  55. me mengatakan:

    Maaf mau tny, andaikan (cuma berandai2, maklum ga punya uangnya.. loh koq jd curhat? X_x) saya beli tas mahal macam lv dkk itu kalo langsung dipakai ga kena bea masuk ya?
    Bgmn kalo tas biasa macam charles keith dari singapore yg harganya cuma +/- sgd 100-an? Apa boleh dibawa dlm keadaan masih diplastik dan ada price tag-nya?
    Terima kasih sebelumnya.

    • ahsanfile mengatakan:

      Selain barang larangan: Apapun itu kalau kurang dari $250 gak akan dikenai untuk perorangan. Dan apapun itu kalau kurang dari $1000 tidak akan dikenai untuk 1 keluarga

      kalau tas harga mahal sekali dipakai dan gak kelihatan baru, ya gak akan dikenai

  56. Beauty Hime mengatakan:

    makasih untuk sharingnya, postnya bermanfaat sekali. yang tadinya kita gak banyak tau, sekarang jadi tau lebih banyak.

  57. vivianagustin mengatakan:

    Selamat Malam Agan,

    Mau nanya juga, saya rencana mau beli blanket (selimut) nanti pas di kamboja, lumayan banyak, 10-15 pcs buat oleh2. Itu kan barang yang sama gan dan saya bingung mau packing nanti gimana. Kalau di gulung kan keliatan sama di dalam luggage kalo masuk scan luggage.

    Menyiasati nya gimana gan secara itu selimut ukurannya 120×200. Saya ngebet banget sama selimut itu.

    Saya rencana mau lipat biasa di dalam koper beserta pakaian lainnya dan masuk bagasi bukan masuk kabin. Apa bisa saya siasati seperti itu Gan??

    Terima kasih sebelumnya Gan

    • ahsanfile mengatakan:

      Nggak apa2 kalau harganya kurang dari $250… seandainya lebih, kalau mau dimasukan dalam koper ya kondisikan sebagai barang pakai sehari-hari. Kalau ketahuan barang baru ya akan dikenakan bea masuk juga …

      Atur aja agar menjadi barang pakai

  58. Desra Israyana mengatakan:

    Saya mau tanya
    saya beli handphone di Jepang dan untuk dipakai sendiri. Memang sudah tidak ditaruh di kotak, tapi kasirnya menempelkan nota pembelian pada passpor saya juga distempel (setengah di bagian nota dan setengah di kertas passpor).
    Apakah nota dalam passor berpengaruh untuk pembayaran bea cukai? dan apakah tidak apa2 melepas nota dari passpor saya(dikarenakan stempel juga setengan tercap di passpor)?

    • ahsanfile mengatakan:

      Berapapun harganya kalau dipakai ya gak masalah. Mau harganya $500 kalau barangnya disakuin, ditenteng dan digunakan ya gak masalah.

      Yang jadi masalah kalau baru, nggak dipakai, pasti akan kena sama bea cukai

  59. aoffapers mengatakan:

    Tanya dong brrr klo misal kita beli laptop baru kotalnya msti d buang yah ga bisa d bawa pulang biar ka kena pajak itu..?

  60. kaka mengatakan:

    Mau tanya,

    saya bawa snow globe oleh2 sebanyak 15 pcs dengan kotaknya (karena rentan pecah)

    Tapi total nilai kurang dari 250 USD,,

    apakah itu bakal kena bea karena dianggap sebagai barang dagangan?

  61. smadakamenriderclub mengatakan:

    maaf agan …saya mau tanya….
    ini skrg saya posisi di thailand….
    tanggal 18 balik indo….
    nah saya kan bawa mainan buat koleksi gak trlalu banyak tapi semua sudah masuk di koper ..dan oleh2 macam makanan khas thailand….

    yang mau saya tanyakan….
    apakah kemungkinan mainan saya itu bisa kenaa bea saat nnti saya nyampe indo ?? smua posisi barang sudah masuk koper….dan pastinya masuk bagasi….

    terimakasih ..

    • ahsanfile mengatakan:

      Nggak ngaruh manti juga dibongkar kopernya dari hasil xray kalau mencurigakan. Lebih baik dibungin kardusnya jadi kaya barang sehari-hari pakai, trus jangan ada kesan baramg baru

  62. Yoyok mengatakan:

    Saya bawa hape 6 biji dari indonesia karna terburu2 ga sempet ninggalin hp dirumah… tapi smua itu saya aktifin dan ada simcard provider indonesia smua… dan kalau ditotal pastinya lebih dari 250 usd… apakah masih dikenakan pajak?
    Mohon infonya… makasih…

  63. tips yang sangat menarik sekali pak.. sangat membantu untuk trveler, salam kenal..
    keep sharing..
    mau tanya kalo berkaitan belanja barang dalam jumlah banyak apa ndak kena pajak? kan setau kami boleh hanya 1 barang saja perjenisnya.. ?

  64. hashidate mengatakan:

    permisi saya mau tanya mas. saya juni ini mau pulang ke indonesia, saya di sini sudah beli hampir 13 biji model plasti gundam gitu dan sudah saya rakit semua. Kalau di total sih harganya tidak sampai 250usd. Yang saya mau tanyakan apakah itu akan memancing petugas untuk memeriksa atau tidak? Kalau seandainya saya taruh di kabin dan bagasi alias di pisah apa lebih baik? terima kasih

  65. evelynchastanovalim mengatakan:

    kak Ahsanfile, kalau saya bawa parfum 2 kotak dalam keadaan segel dan saat saya beli ud duty free,, apa itu jg akan di hitung masuk ke $250 nya ? soalnya sudah ada keterangan bayar pajak nya saat beli..
    terimma kasih

    • ahsanfile mengatakan:

      Duty free itu kan di luar negerinya, kalau masuk indonesia ya beda lagi. Buang aja atau pisah aja kotak sama botol parfumnya. Misal kotak taruhbdibagasi, parfumhya masukin tas.

      Kalau masih dalam kondisi segel, harganya lebih $250 pasti akan dikenai bea

  66. evelynchastanovalim mengatakan:

    ok.. terima kasih kak atas informasi nya:)

  67. evelynchastanovalim mengatakan:

    satu lagi kak.. itu $250 terserah barang apapun kan kak.. yang penting tidak lewat $250 kan ?

  68. Gustavo mengatakan:

    Untuk cincin dan jam kan pas ngelewatin pos pemeriksaan bandara kudu dimasukin tas tuh. Berarti jangan lupa dipakai lagi sebelum ke pos pemeriksaan bea cukai bandara.

  69. evelynchastanovalim mengatakan:

    saya cewek nih kak.. di panggil mas #tear
    ya nih.. ngeblog buat nambah uang jajan kan lumayan😀

    • ahsanfile mengatakan:

      Oh maaf mba … evelyn ya namanya ?
      Kirain mas-mas he he he…

      Kalau saya bukan buat jajan lagi mba, buat kebutuhan juga… apa lagi kalau hasilnya pas besar… bisa buat yang lain ….

      Dah lama ngeblog mba ?

  70. tamara mengatakan:

    Terimakasih atas informasiny. Mau tany jg ttg formulir bea yg sering dikasih dipesawat. Ada yg blg kl kita org indonesia yh kita ga perlu isi. Terus.. ttg brg berharga yg kita daftarin disitu kl brg yg ud kepake jg hrs direport? Sy lp formulirny nanya brg berharga jg ato hany uang cash ya?

    • ahsanfile mengatakan:

      Iya, formulir itu namanya customs declaration… berupa isian untuk memberitahukan barang apa saja yang kita bawa …

      Sebaiknya diisi apapun kita berasal, kalau ada yang bilang orang indo balik ke indonesia gak perlu isi biasanya dia punya kenalan petugas.

      • Johan mengatakan:

        Sekedar info aja.. custom declaration harus diisi, tp sy tidak pernah mengisi / memberitahukan barang apa yg dibawa masuk indo dan apabila pul indo 1 keluarga cukup kasi petugas 1 form saja.

  71. joe mengatakan:

    ijin mas mW tanya…saya ada beli jam tangan buat istri..harganya diskon 50%..kalo ga disk on harganya lebih Dr 250 USD,tapi setelah disk on hrganya dibawah 259 USD…Dan invoice nya saya simpan…pertanyaannya…saya bakal kena pajak ga mas..atau saya harus buka segelnya?mhn infot,trims

  72. yongky mengatakan:

    Pendapat saya
    UUD nya sudah usang.kurs 13000.dulu 2500.jadi 250 usd bisa belanja apa?
    Point 2 :Kalau orang belanja buat handai taulan apa ruginya pemerintah.terecuali 1 kontainer baru rugi tuh pemerintah.
    Point 3.kalau orang nya belanja buat dagang .aparuginya pemerintah.itu kan inisiatif buat kelangsungan hidup..lagian berapa banyak yg bisa dia bawa..kecuali 1 pswt barang die semua.
    Terkecuali lagi rakyat hidup semua di tanggung pemeyongkyrintah sehingga engga perlu lagi cari makan buat hidup.

  73. Ali mengatakan:

    Ane masih bingung,, kalo ane bawa peraltan kamera kperluan fotografi, apa za akan dkenei cukai,,, itukan kperluan pribadi fotografi,,

    • ahsanfile mengatakan:

      semua barang pribadi dan kebutuhan sehari-hari tidak dikenai. yang akan dikenai adalah barang baru yang nilainya lebih dari $250 1 orang dan $1000 untuk satu keluarga.

      asumsinya itu adalah barang bukan keperluan pribadi…

  74. Rosdiana mengatakan:

    Mw tanya dunk,,sy mw pul ke Indonesia trus bawa kalung emas seberat 60 gr,,mnrt Mas..biar aman bgmna..? thanks…

  75. Drew mengatakan:

    Senang aja kl masuk indonesia. Apa lagi di jakarta. Tp jgn berlebihan kl cuma usd 700 tak apa2. Kl lebih 1000 ya byr dong. Bilang aja mau pjg pendek. Pendek jodoh/rejeki/ kerjaan atau mau sekaligus. Haaa haa jgn ditiru yaa

  76. Dinda mengatakan:

    Tfs gan. Kejawab deh akhirnya pertanyaan saya: kira2 kalo beli tas ka*e spade diluar trus dipake gitu aja ga kena custom donk ya berarti..

  77. […] melengkapi tulisan saya soal Tips membawa barang dari luar negeri agar tidak terkena bea masuk, kemudian tentang Cara mendebat oknum petugas bandara yang nakal, kali ini tentang barang bawaan […]

  78. Vina mengatakan:

    Berarti kl beli jam tangan/laptop baru dusnya hrs dibuang donk biar ga keliatan baru?

  79. DKI mengatakan:

    YANG JADI MASALAH ITU, KENAPA $1000 PER KELUARGA? BUKAN PER ORANG,…. DAN $250 PER ORANG, ITU SEDIKIT BUNG KALO DI LUAR NEGRI…. GW BAWA BARANG $300 BARANG BARU KE AUSTRALI GA ADA PAJAK2AN, KENAPA GA KENA PAJAK?… KARENA 300$ DI AUSTRALIA ITU SEDIKIT…!!! …..EMANG ATURAN CUKAINYA AJA YANG MARUK DUIT INI MAH…

  80. DKI mengatakan:

    1 HAL LAGI…. KADANG2 ORANG CUKAI ITU SUKA MENCARI2 KESALAHAN… KARENA DIA TAU HARGA HARGA BARANG2 MEWAH…. JADI BUKAN TIDAK MUNGKIN ORANG CUKAI MENGENAKAN PAJAK BARANG ANDA WALAUPUN TAG PRICE SUDAH DI BUANG!!!…

    • mbak BC mengatakan:

      Wah anda bisa aj, masak ngarang harga, klo ad invoice pembelian nya mah tinggal tunjukin aj, klo ga ad yg tinggal jawab jujur belinya brp, ntar kan bs ketahuan klo di googling harganya brp. Tarifnya jg ga ngarang mas, mas cb liat aj di BTKI (buku taraif kepabeanan indonesia) nah dsna lngkp tarif bea masuk. Jd ga asal ngarang mas:)
      Trus utk yg 1 keluarga USD 1000, misal keluarganya cm bertiga kan lbh untung, klo perorangan cm USD 250. Ya klo keluarganya bnyk. Trus klo mas nya belanja mahal2 bisa kok ga bs bayar pajaknya sih.:)

  81. Orchid mengatakan:

    Waktu ke china aku pulang bawa 4 pasang sepatu, tp ga apa2, ga ketauan juga krn ditaro di bagasi dan aku ga tau kalau itu ternyata ga boleh? malahan power bank yg kena sita, aneh :))

  82. Sjahrir mengatakan:

    Yang penting jujur saja.. Dan wajar, ikuti aturan pasti ok

  83. firmansyah mengatakan:

    Thanks info nya…saya mo tanya $250 itu per item atau total bawaan? Saya crew cruise ship ada toleransi khusus ga buat kita…krn buat crew ada aturan internasional buat berat barang bawaan dibanding penumpang regular..buat kita boleh lebih dari 20kg perluggage

  84. paranginan mengatakan:

    ahsanfile > apakah peraturan ini juga berlaku untuk pejabat negara, seperti ang. DPR (dan keluarga), mentri (dan keluarga), Gubernur, dll.

    • ahsanfile mengatakan:

      Justru ada keistimewaan buat keluarga pejabat negara, seperti dpr, menteri, gubernur. Mereka harus memberikan contoh penegakan peraturan, bukan malah memanfaatkan jabatan untuk lolos dari peraturan. Selama ini kan rusaknya hukum di indonesia karena para pejabatnya yang berkelakuan bejad melanggar sendiri aturan pemerintah sehingga orang masyarakat merasa kalau hukum bisa dibeli

  85. muhary mengatakan:

    Pramugari/pilot ada batesan kyk gni g yah?
    Soalnya tmen tiap abs terbang bwa iphone segelan mulu.

  86. Rubeea mengatakan:

    Kok gak masuk akal ya…buat crew cruise,masa bawaan dr luar harus maksimal $250..negara kan tau para pelaut 10 bulan di luar negeri/dilaut.masa iya bawa oleh2 buat keluarga dirumah di batasi…sementara mereka pekerja yang menghasilkan devisa buat negara juga.. aneh gitu!! dilain ada orang nawarin barang,dia bilang barang sitaan dr imi*****… sistim yang aneh.. disita buat dijual2 lg..hallooooo…

  87. Rully.F mengatakan:

    Sekaranga tenang saja..barang2 mahal anda yg anda bawa dr luar negri tidak akan kena bea masuk atau apa pun lg..karena barang2 anda akan diamankan para peng-“gondol” bagasi khususnya dibandara Soe-tta..wkwkwkwkw..

  88. Hilya mengatakan:

    Bun depan pertama kalinya sy ke bangkok. Rencananya pengen beli baji baju fashion, katanya disana sirga belanja barang bagus harga murah. Ada niatan juga mau dinualin lagi krn sy lg belajar dagang. Nah gimana cara nyiasatinnya kalu bawa baju buat dijualin lagi ? Kl jualan baju baru kan biasanya masih pd nempel tag nya, apa sy harus lepasin juga tag tag nya ? Ntar ga keliatan baru lagi dong. Hehehe.. minta saran dong mas, atau siapapun yang ke bangkok belanja batang untuk dijualin lagi di indonesia. Terima kasih

  89. mr zay mengatakan:

    sebenernya untung untungan aja….. saya pas bawa red wine dari eropa 2btl gak di periksa aama petugas…. mungkin mereka lelah….jadi males cek koper padahal pas di x ray di koper saya nampak dngn jelas 2btl red wine tapi lolos lolos ajagak di tanya tanya…

    • frezinsky mengatakan:

      disangka bawa botol kecap/saos sambal kali masbro~

    • Joe mengatakan:

      Barang pribadi yg mengandung Etil Alkohol dgn jumlah max 1 ltr, dibebaskan dari BM & PDRI.

    • Joe Gallia mengatakan:

      Barang Pribadi Penumpang berupa sigaret atau hasil tembakau lainnya dan minuman mengandung etil alkohol diberikan pembebasan BM dan Cukai untuk setiap orang dewasa maksimal : 1 (satu) liter minuman mengandung etil alkohol

      Terhadap kelebihan jumlah Barang Kena Cukai akan langsung dimusnahkan.

  90. EMAS HIDUP mengatakan:

    Kami beberapa kali jual barang untuk kawan-kawan di Korsel, barang-barang pesanan kami titip ke para pelajar dengan sistem “beli bagasi” jadi aman hhe.., kami juga pernah “jual bagasi” kami pas kami ke Korsel. Ternyata yang dibawa jengkol hhe…

  91. Importir esa mengatakan:

    Kalau versi saya berbeda semisal anda dari singapura atau negara lain membeli sebuah handphone dan harga hp tersebut SGD $ 600 Sewaktu anda membayar barang tersebut anda pasti akan diberi nota pembayaran sejumlah harga tersebut.nah anda bisa minta dibuatkan duplikat harga tersebut ke toko penjual seharga SGD $200 setelah di beri nota duplikat nya anda simpan dan pada saat mau terbang ke indonesia buanglah kotak tersebut dan ambil benda yang penting penting saja karena nanti di bea cukai indonesia pasti ada pengecekan barang dan jika hp yang baru tersebut di minta sama petugas untuk di cek bilang ini hp bekas dan tunjukkan duplikat invoice tadi,jangan sampai ketukar ya sama yang asli hihihi….tips diatas bisa di lakukan juga jika anda membeli barang dalam jumlah banyak tetapi anda jangan langsung bawa barang itu ke pesawat tetapi anda cari dolo expedisi dan jika sudah ketemu kirim barang itu lewat expedisi dan minta nominal harga tersebut diperkecil (jangan terlalu kecil memberi harga per barangnya)supaya nantinya barang tersebut sampai di indonesia anda tidak terlalu banyak nengeluarkan uang untuk membayar bea cukai

  92. Topnews mengatakan:

    wah, artiklenya mantap sekali, sudah mengingatkan saya, mumpung rencana ke lombok bulan 2 ini

  93. Awaludin safangat mengatakan:

    Kalau memang banyak. Untuk barang belajaan di Ln .mending satu minggu sebelum pulang barang di paketkan via agen pengiriman cabang aja.semacam indojava. Smarteagle.sekarexpress dan lain lain . bnyk kok.dan pastinya aman. Biaya kirim hanya kisaran 50 ribu per kilonya. Murah kn … Soalnya q sering blanja d luarnegri. Keski q blumpernah ke luarnegri. Q olshopp

  94. Rully Simorangkir mengatakan:

    Terima kasih untuk infonya. Menurut saya sangat bermanfaat. Kalau boleh saya mau tanya. Bagaimana apabila seseorang pulang dari luar negeri dan membawa tas mahal. Tas itu digunakan selama ia bepergian di luar negeri dan dibawa pulang. Kotak orisinil tas itu ditaruh di dalam koper dan tasnya sendiri dijinjing oleh si penumpang. Pada formulir kedatangan, si penumpang menjawab bahwa ia tidak membawa barang yang harganya melebihi $250.

    Berhadapan dengan petugas BC, tas iti dipermasalahkan. Si penumpang berargumen bahwa barang kebutuhan sehari-hari tidak dikenakan bea masuk. Tapi petugas bisa berargumen bahwa si penumpang telah berbohong dengan menjawab pada formulir kedatangan bahwa ia tidak membawa barang yang nilainya lebih dari $250. Bagaimana untuk kasus yang seperti ini? Di mana dicantumkan dalam peraturan bahwa barang kebutuhan sehari-hari tidak dikenakan bea masuk? Bisa diberikan uu atau aturan pelaksanaannya?

    • Adi mengatakan:

      Barang pribadi tetap kena pajak. Yang dibebaskan jika barang pribadi tsb akan dibawa kembali ke luar negri. Misalnya si A tinggal di Singapore and berkunjung ke Indonesia bawa handphone mahal yang diselipkan di saku celana tanpa kotak. Tentu saja ini barang pribadi, dan karena si A tinggalnya di Singapore, mestinya handphone ini akan dibawa kembali keluar dari Indonesia, jadi bebas bea masuk.
      Lain jika si A orang Indonesia jalan2 ke Singapore beli handphone mahal. Balik ke Indonesia, handphone ini walau sudah dibuang kotaknya, tapi ternyata di-“curigai” oleh petugas pemeriksa. Walaupun si A berkilah ini barang pribadi, tetap saja dikenakan pajak barang pribadi jika harganya di atas USD 250 dan ada tanda2 ini barang baru yang dibeli di luar negri.
      Semoga membantu.

  95. riko mengatakan:

    bro,misal,gw beli laptop udh pasti diatas 250$
    laptopnya gw masukin tas(spy keliatan barang pakai sehari2)
    kardus nya gw lipet(gmnpun crnya) masuk ke koper(bagasi)
    cas dll dikoper bagasi…soalnya syg kl dus nya ditinggal di Ln
    kira2 kena gk tuh?

    • Joe mengatakan:

      Masih kena mas, X-ray dilakukan terakhir disaat penumpang akan meninggalkan bandara.

      Klo dibagasinya ditemuin dus, pasti dianggap bukan barang pribadi.

  96. heri mengatakan:

    bro…

    klau kita bawa catalog dari pameran, apakah kenak ngk tu…

  97. mohamad mengatakan:

    Aku pernah pulang dari korea wktu di bandara korea beli rokok 3 slop beli civas 1 black label 1 tpi wktu dbndara surabaya mnuman nya diambil 1 rokok nya diambil 2 slop, aku sampai debat ama petugas nya dia jg bilang ini indonesia bukan luar negri dan dia bilang jg km nggk baca ya oia bukan nya klau beli di bandara itu udah ada beacukai nya mas, dn seandai nya ak harus bayar denda knp ptugas nya nggk ngmong cm maen ambil aja.

    • mbak BC mengatakan:

      Peraturan ttg rokok, per prang cm boleh bawa 200 batang rokok, 50 batamg cerutu, dan hanya 1 liter minuman alkohol. Selebihnya akan dimusnahkan, krn itu merupakan barang yg dibatasi masuk ke indonesia.

  98. dee.sya mengatakan:

    Nanya dong… klo misalnya saya mau ke bangkok.. mau belanja baju utk jual lagi sekitar 90 pcs.. 3 juta rupiah.. klo sy bawanya dibagi ke 2 atau 3 org.. harga nya msing2 jd dbwh 250 usd.. itu ntar brmasalah gag ya? Apakah tetap dikenakan biaya ? Kalau merk baju nya dilepas tetep bermasalh dan dikenakan biaya? Tolong dibantu jwb ya.. krn saya br pertama mau coba belanja di bangkok.. terimakasih..:)

  99. tina mengatakan:

    Mau tanya, misal mau kirim suplemen kecantikan dr jepang ke indo 4 botol, pas di bandara bakal kena atau ditahan bea cukai gak? Atau bagaimana agar tidak kena? Mohon informasinya. Terima kasih

  100. imas sunengsih mengatakan:

    Bagai mana klw TKW…YG bertahun2…baru pulang bawa oleh2 buat kluarga nya…apalagi di berikan HADIAH..DARI MAJIKAN..APAKAH MASI KENA BEA CUKAI SEDANGKAN KATA NYA TKW PAHLAWAN DEVISA MASA..MASI JUGA DI PAJAK…..UDAH DIPAJAK..DI TERMINAL 3 SAMPE DI JALAN2 JUGA KITA DI PAJAK OLEH..OKNUM2 YG TIDA BERTANGHUNG JAWAB….

  101. Iklil abdul rasyid mengatakan:

    Salam..
    Saya ke malaysia sdh 6 kali dalam rangka liburan..
    Ni rencananya mau kesana lagi bulan mei,
    Saya bawa sarung 50 biji, untuk dikasihkan dan sbgian mau dijual.. Harga satuannya 40rb.. Apakah nanti sy kena pajak, dan kr2 brp bayarnya… Mungkin ada solusi biar aman dari imigrasi

  102. Martin mengatakan:

    Mas mau tanya. Rencana ke singapore mau beli imac 21.5 inch bawa ke indo. Soalnya di indo di mana-mana kosong. Klo jumlah pasti diatas 250. Cuma untuk pemakaian pribadi. Segel udah pasti dilepas tapi box kan gak mungkin secara komputer gede. Apakah masih kena beacukai??

  103. Anez mengatakan:

    Mau tanya ni klo baju nya bawa skitar 16 pcs hmpir2 sm krn baju buat oleh2 jd ad loga di kota2 msing yg aku samperin. Ap akan kena pajak jg? Andai kata kena pajak iu perhitungan nya gmn brp % dr harga brg? Dan sepatu ku sndiri udh ada 4 pasang cmn yah udh dipake smua tp msh kliataan baru ap akan kena juga? Thx..

  104. Candra mengatakan:

    Mau tanya klu beli barang untuk disabilitas dengan harga lebih $250 barang tersebut akan dipakai sendiri kena bea masuk/pajak gak ya? Bagaimana menyiasatinya? Perlu ditulis harga sebenarnya gak? Kalau baca di UU nya sih bebas tp kuatir oknum nya

  105. indranatta mengatakan:

    Kalo bawa kamera canon kena cukai engga ya mas

  106. Unyun mengatakan:

    Maaf mau nanya. Saya mau pulang dari singapore. Dan masih bingung? Sy rencana pulang bawa laptop sama 4hp itu udah di pakai sehari-hari semua. karna yg 2 hp itu udah ga sy pake jd sy mau bawa pulang buat sodara di kampung. Itu kira-kira kena pajak juga ga y..

  107. ملاك الروح mengatakan:

    Salam allaikum. Sy mau tanya nih mas sy mau pulang keindo bawa hp iphad pro tp sdh dipakai dsni kira2 kena bea cukai tdk yaaaa?

  108. kerumunan mengatakan:

    bagi yg gk pernah tahu bea cukai pasti kena…., menurut gw beacukai itu menggunakan claim hukum bersifat “JERAT”, contoh kmrin di televisi ada turunan cina bawa mangkok aluminium (gk pake ukiran khusus) bisa sampai 1,26 juta. beacukai di bandara itu harus ditatar lagi systemnya…. jangan sampai spt di tayangan > org servis jam di luar negeri malah pulang di pajak ratus ribuan
    (gw gk pernah keluar negeri)dgn melihat tayangan tv saja emang harusnya beacukai di bandara itu ditutup saja. Jenis2 narkoba dan electronik terlarang lebih byk yg mementingkan tindak profesional dr pada tindak beacukai

    • mbak BC mengatakan:

      Maaf nih mas, koreksi dikit ya:)
      Mangkok aluminium itu kena bea masuk 15% dan ppn 10% jadi sekiranya wajar klo dikenakan bea masuk segitu. Bisa dicek kok mas di BTKI (buku tarif kepabeanan indonesia) disana lengkap kok tarif2 bea masuk. Jd petugas bea cukai ga asal aj nentuin tarif, tp harus disesuaikan dgn di BTKI.
      Itu servis jam dikenakan bea masuk, ap ad linknya mas, bisa dibagi:)
      Klo brg lama tdk akan dikenakan bea masuk, hanya barang baru yg lbh dari USD 250 yg akan dikenakan bea masuk. Kecuali servis jam tsb adalah jam antik, maka akan kena bea masuk, bisa dicek jg di BTKI.
      Sekedar info mas, yg mengawasi masuknya narkoba ke indonesia di bandara itu petugas bea cukai, petugas memeriksa apakah positif narkoba psikotropika atau bukan, jika positif maka petugas bea cukai menyerahkan urusan lbh lanjut ttg pidana ke aparat kepolisian.
      Ngutip kamut sedikit “don’t judge a book by a cover”, jd jika blum trlalu mengetahui lbh dalam lbh baik mencari tahu lbh dlu.:)

  109. Gabby mengatakan:

    Maaf kalau mengirikan barang lewat cargo itu gimana sperti pakaian atau handpond dan barang sembako

  110. shien mengatakan:

    saya mau tanya..
    saya mau pulang ke indonesia bawa gelang emas 75 gram
    apa tidak ada masalah d bandara?….

    terimakasih

  111. Rama mengatakan:

    Mau tanya, saya sekeluarga pergi ke Jepang, dan akan beli PS4. Apakah kena bea masuk? Karena sekeluarga saya 4 orang sehingga apakah berlaku aturan 1000 USD sebagai batas bebas bea masuk? Terima kasih

  112. Bibin mengatakan:

    Halo mas, boleh tanya gak?
    Jadi aku kan sekarang lagi belajar dari luar negeri, nah otomatis aku bawa satu laptop untuk keperluan belajar di sini. Nah selama di luar negeri ini laptopku bisa dibilang sudah tua dan aku ngerasa butuh laptop baru. Nah otomatis kan sekarang aku punya dua laptop, dan dua2nya sudah kupakai dan memang untuk keperluan pribadi. Kalo misalnya nanti waktu aku balik ke Indonesia, bawa dua laptop ini (dua-duanya hand carry, dan box laptop yang kubeli di negera ini juga gak bakal kubawa) kira2 bakal kena pajak gak ya? Laptop yang tua mau kubawa juga karena masih bisa dipakai, lumayan nanti masih bisa dipakai keluarga di rumah Indonesia. Minta tolong bantuannya dong mas, makasih

  113. n44f11 mengatakan:

    salam kenal mas saya anak batam..
    saya rencana nya mau OLSHOP harga hp sekitar 200 dolar…
    apakah saya dikenakan dikenakan pajak, bukan nya batam ini kawasan bebas kan?
    tolong informasinya mas

  114. alfa mengatakan:

    apa sih ukuran visual “dikondisikan seperti barang sehari2” ????

  115. vemipuri mengatakan:

    Haiii..

    Adek sy berencana libur ke singapore..
    kalau misal beli kaos oleh2 khas singapore 10 pcs..jam tangan 10 pcs.. coklat 20 pcs.. gantungan kunci dll

    Pastix total belanjaan sy 250$ kan yaaa…

    Nahhhhh yg 250$ itu..total seluruh oleh2 atau per item???

  116. JDlines mengatakan:

    Oh baru tau om, wah bisa jadi referensi yg bagus kalo bepergian.. Nice info ndann

  117. Harly mengatakan:

    Bagaimana dg aturan membawa tanaman dari luar negeri? apakah diperbolehkan atau ada prosedur nya? makasih

  118. Daniel mengatakan:

    Kalau barangnya makanan, kena bea tidak?

  119. mbak BC mengatakan:

    Yg komentar lucu2 ya, ad yg nanya klo mau beli brg jumlah puluhan smpe ratusan mau dianggap barang pribadi, keterlaluan itu mah, jelas2 barang dagangan, hahahaha
    Tapi yg nulis postingan ini boljug, emg bner ini tips2nya, klo mau beli brg yg diatas USD 250 ya sepinter mgkn dibuat jd kyk brg lama gtu jd kyk brg pribadi, klo beli jam lgsg dipake aj, kardusnya ga usah dibawa jd ga keliatan baru, kan ga kena bea masuk tuh.
    Klo ngisi custom declaration nya yg bner dibaca dlu smua bru diisi, jgn asal contreng aj. Ntar malah klo pas diperiksa ga sesuai dgn yg udh diisi malah kena sanksi.
    Trus yg mau bawa bnyk duit cash maksimal 100 jt aj, lebihnya ntar kena denda. Klo mau lebih boleh asal ada keterangan dari bank indonesia, ntar tinggal surat keterangannya dikasihin sm petugas bea cukai.
    Yg suka ngerokok sm minum2an alkohol, satu org cm boleh bawa 1 liter aj minuman alkoholnya, klo rokok cm 200 batang aj, cerutu 50. Lebihnya bakal dimusnahin di tempat.
    Dan yg paling pnting jgn suuzhon sm petugas bea cukai, duit dri bea masuk, sanksi denda, semua itu lgsg masuk ke kas negara. Mereka bukan cari2 alasan spy dpt duit dari bea masuk, itu semua udh ad peraturannya, dan hanya menjalankan tugas dalam mengamankan penerimaan negara.
    Salam custom.

  120. sri mengatakan:

    Saya bingung masalah bawa emas ,begini emas itu saya beli di indo,saya bawa ke LN dan rencana mau balik indo dan bawa emas itu lg,apakah kena bea,,emasnya barang pribadi..tolong di jawab ya trimakasih

  121. Nini mengatakan:

    Halo mas, aku mau beli sepatu kira2 100 pasang dari malaysia buat dijual lagi, kalo 1 keluarga ga sampai 1000 usd ga masalah dong y
    Asalkan isi formulir custom di pesawat, takut juga sih sebenernya

  122. Akmal Darari mengatakan:

    Mas,mau tanya, kalau bawa Head unit (alias tape mobil/pemutar CD mobil) tapi harganya dibawah USD 250 (bawanya se dusnya juga sih dan barangnya ada didalam dus) tapi nantinya dipakai pribadi nantinya pas masuk Indonesia kena pajak gak mas?

    Terima Kasih

  123. Keke mengatakan:

    Mas mau tanya dong,sy lg di kuala lumpur,tgl 16 pulang ke jkt,sy udh beli oleh2 makanan dan baju tanpa label,total kira2 RM 1000,tapi nanti di situ free sy mau beli parfum sehrga kurang lebih RM 300 apa itu semua kena pajak? Dan sy di ksh hp bekas sm tmn tapi hp bakal sy langsung pakai,itu kna cukai ga mas? Mohon penjelasannya krna ini baru pertama ke LN

  124. Esde ♥ mengatakan:

    Mas, mau tanya nih ..
    kalau saya pulang ke indo bawa 2 tas lumayan mahal yang baru gw beli di luar negerii , 1 nya di tentengg sprti kprluan pribadi , dan satunya lagi masih dalam keadaan segel rapi asli dari toko terus di masukkan dalam koper.. terus dusnya juga saya lipat ke dalam koper , apakah kedua tas yang saya beli ini dikenakan bea cukai ? atau hanya yang di dalam koper saja ?

  125. Shinta Devi mengatakan:

    halo Pak..
    mau nanya dong ..
    kalau saya punya tas lumayan dengan hrga 1juta500an.. masih disegel rapi, packingan masih asli dr toko.. tas itu saya masukkan ke dalam tas tenteng , dusnya juga saya lipat ke dalam tas tenteng itu ..
    akan kena bea cukai gak Pak ?
    kan kalau dilihat hrganya masih kurang dr 250USD
    hehe, mhon di jawab ya:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s